14 Cara Merawat Rambut Rusak dan Kering dengan Benar

Sakit Kepala ratnasilvi 0 Comments

CARA merawat rambut rusak dan kering. Semua orang pasti tidak menginginkan punya rambut yang rusak dan kering. Tetapi kalau itu jadi kenyataan, Anda harus merawatnya biar rambut kembali sehat, indah, menarik.

Tentu saja, untuk mencapai hal itu, Anda perlu mengetahui cara merawat rambut rusak dan kering akibat rebonding atau akibat hal-hal lain. Anda perlu melakukan perawatan secara rutin, teratur dan menggunakan cara yang benar.

Itu kunci sukses merawat rambut supaya tidak terjadi kerusakan. Merawat rambut memang perlu waktu, selain dengan cara yang benar. Jika tidak dengan cara yang tepat, yang terjadi justru rambut bertambah rusak.

Baca – 7 Masker Rambut Yang Terbaik – Bikin Rambut Selalu Berkilau

Cara Merawat Rambut Rusak dan Kering

cara merawat rambut rusak dan kering

rambut yang menipis akibat rontok (foto:cnnindonesia.com)

Nah, berikut ini beberapa cara merawat rambut rusak dan kering akibat rebonding atau penyebab lain. Perawatan tentu harus disesuaikan dengan kondisi rambut Anda.

Tiap orang punya karakter rambut yang berbeda-beda. Rambut kering umumnya mudah rusak. Sebab, kelembapan pada batang rambut sangat rendah.

Adakalanya rambut kering sudah bawaan dari sononya. Anda tidak bisa mengubahnya.

Pertanyaannya, bagaimana cara merawat rambut kering seperti itu? Berikut ini beberapa cara merawat rambut rusak dan kering:

1. Gunakan Shampo yang Tepat

Anda bisa menggunakan shampo yang tepat untuk melembapkan kulit kepala dan rambut Anda. Kelembapan kulit kepala yang terjaga bisa mencegah terjadinya ketombe. Otomatis, rambut akan tumbuh sehat dan kuat.

Kamu bisa pakai Head & Shulders Supreme Anti-Hair Fall Shampoo untuk melembabkan rambut kamu. Sebab, shampo ini mengandung Argan CrÃmeÃ, ekstrak madu, minyak argan, ZPT dan kondisioner.

Cara itu bisa membuat rambut selalu lembap dan tidak kusam. Sebaliknya, rambut akan terlihat berkilau dan lembut.

2. Gunakan Masker Rambut

Anda bisa menggunakan masker instan atau masker rambut pakai bahan-bahan alami. Sebaiknya gunaka masker rambut setidaknya seminggu sekali.

Pilih masker rambut yang mengandung pelembap ekstra. Misalnya madu, yogurt, dan minyak zaitun.

3. Bungkus Rambut Basah dengan Handuk

Tiap usai keramas, kamu bisa membungkus rambut yang masih basah dengan handuk selama 1-2 jam. Lalu, lepaskan handuk dan biarkan rambut kering seperti biasa. Rambut akan terasa lebih lembut dibandingkan sebelum keramas.

4. Gunakan Vitamin Rambut

Usai keramas, gunakan sebutir minyak vitamin. Anda bisa menggunakan hair dryer untuk melemaskan rambut kering dan kasar.

Cara Mencegah dan Merawat Rambut Rontok 

Jika rambut kamu sering rontok, maka perawatan dari luar saja tak cukup. Anda perlu mengonsumsi nutrisi penyubur rambut sehingga rambut jadi kuat dan kembali tumbuh subur.

Berikut adalah cara merawat rambut rontok sehingga rambut bisa kembali tumbuh subur dan lebat.

1. Rawat dengan Tonik Daun Jambu Biji

Kamu bisa mencegah rambut rontok dengan menggunakan tonik daun jambu. Sebab, daun jambu kaya vitamin B, vitamin C, dan zat besi. Kesemuanya sangat baik untuk membuat rambut selalu  sehat.

Baca – 7 Masker Untuk Mengatasi Rambut Yang Rontok Parah 

Cara membuat tonik daun jambu adalah siapkan segenggam daun jambu biji untuk direbus. Hasilnya Anda semprotkan air rebusan ke kulit kepala setelah keramas. Lalu pijat kepala kamu.

2. Gunakan Masker Bawang Merah dan Bawang Putih.

Anda juga bisa membuat masker rambut dari sari bawang putih dan bawang merah. Bawang merah kaya vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan sulfur.

Adapun bawang putih kaya tembaga dan zat besi yang penting untuk merangsang pertumbuhan rambut. Oleskan masker bawang merah atau masker bawah ke pangkal rambut kamu.

3. Konsumsi Suplemen Penyubur Rambut

Untuk mengatasi rambut rontok, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen penyubur rambut. Antara lain ZhouHairfluence, FOLIGAINStimulating Supplement for Thinning Hair, Blackmores
Nails, Hair & Skin; Puritan’s Pride Biotin 10,000 mcg, dsb. Ramt kamu akan kembali tumbuh subur.

Cara Merawat Rambut Rusak

Sama seperti rambut kering, rambut rusak juga perlu penanganan khusus. Berikut ini beberapa cara merawat rambut rusak seperti rambut bercabang dan rapuh.

  1. Silakan memotong ujung rambut yang rusak.
  2. Kamu perlu menggunakan shampo pada area kulit kepala saja. Sebab, busa shampodapat merusak rambut. Rambut makin kering dan mudah patah.
  3. Pakai kondisioner untuk rambut rusak.Kondisionerdapat melembutkan, melapisi dan menutrisi batang rambut.
  4. Gunakan masker rambut. Satu atau dua kali seminggu untuk membuat rambut bisa selalu lembap.Masker bisa pakai madu, lidah buaya, yogurt, atau alpukat.
  5. Silakan pijat kulit kepala dengan hot oil. Panaskan minyak minyak kelapa, zaitun, atau canola untuk memijat kulit kepala.
  6. Konsumsi vitamin A, vitamin B, protein, dan zinc.

Penutup

Demikian artikel mengenai beberapa cara merawat rambut rusak dan kering. Lakukan perawatan secara rutin dan benar sehingga rambut kamu tetap sehat, rapi dan indah / berkilau.

Baca – Cara Mengatasi Gigi Tonggos Secara Alami Tanpa Behel

Lakukan perawatan dengan rutin sampai sukses dan terus-menerus. Setelah rambut kembali sehat dan tidak rusak, tidak kering, maka kamu harus selalu memelihara rambutmu nan indah itu.