Cara Penularan Tipes – Bagaimana Biar Anak Anda Tak Tertulari?

Berita 0 Comments

TIPES termasuk penyakit menular. Maka, hati-hati jika ada anggota keluarga atau teman Anda menderita sakit tipes. Cara penularan tipes sangat mudah. Anda perlu hati-hati agar tidak tertulari.

Apalagi cara penularannya bisa terjadi melalui banyak cara. Yakni, Anda menggunakan air yang telah terkontaminasi bakteri tipes, yakni Salmonella typhii. Bisa melalui minum air kotor, air mentah, baik untuk mencuci bahan makanan, peralatan masak atau perlengkapan makan.

Atau melalui konsumsi makanan mentah atau kurang matang seperti daging steak rare/medium rare, sushi dan sashimi, seafood setengah matang, telur setengah matang, atau salad sayur, dsb.

Bagaimana Bakteri Tipes Masuk dan Berkembang pada Tubuh Anda

Lalu, bagaimana bakteri tipes masuk ke tubuh Anda dan akhirnya Anda menderita sakit tipes?

Bakteri tipes masuk ke tubuh melalui mulut saat Anda makan atau minum air yang kotor. Makanan dan air minum yang telah terkontaminasi bakteri tipes masuk ke saluran pencernaan dan terserap ke dalam aliran darah.

cara penularan tipes

(foto:kumparan.com)

Selanjutnya bakteri dalam darah menuju hati, limpa dan sumsum tulang belakang. Berkembang biak dan kembali memasuki aliran darah. Koloni bakteri yang kian besar jumlahnya masuk lagi ke sistem pencernaan.

Sistem imun mulai mendeteksi adanya bahaya dari banyaknya bakteri tipes. Lalu berusaha membasminya sampai akhirnya terjadi radang sehingga Anda merasakan adanya gejala penyakit tipes.

Gejalanya antara lain Anda merasa demam, ada bintik-bintik merah di dada, menderita sakit atau kram perut, menderita diare atau sembelit, terkadang muntah dan mual.

Baca – Hindari 6 Buah Pantangan Penderita Tipes

Cara Penularan Tipes – Bagaimana Cara Menjenguk Penderita Tipes Biar Tak Tertulari

Karena tipes merupakan penyakit menular, maka hati-hati saat Anda menengok orang yang menderita tipes. Maka, jika ada keluarga yang memiliki tanda-tanda terkena tipes, hendaknya segera diperiksakan dokter ke rumah sakit.

Jika positif kena tipes, rumah sakit bisa segera mengambil langkah untuk penyembuhan sakitnya sekaligus tidak menularkan penyakitnya kepada orang lain. Misalnya membatasi pengunjung.

Penularan penyakit tipes antara lain melalui:

1. Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang sudah disentuh oleh pasien / penderita penyakit tipes.

2. Anda menyentuh toilet atau permukaan benda lain yang sudah terkontaminasi oleh feses pengidap tipes, dan Anda tidak cuci tangan. Maka, saat tangan Anda menyentuh mulut atau memasukkan sesuatu ke dalam mulut, masuk juga bakteri tipes dari tangan Anda.

3. Anda mengonsumsi makanan atau minuman dari sumber yang telah terkontaminasi bakteri tipes. Misalnya air mentah dari sungai, daging mentah, atau kerang-kerangan yang terkontaminasi.

Anak Anda Biar Tak Tertular Tipes, Bagaimana Caranya

Bagaimana jika anggota keluarga yang terkena tipes dirawat di rumah, bukan di rumah sakit? Bagaimana biar virus tipes tidak menular, terutama terhadap anak Anda?

Sebagian besar penderita penyakit tipes adalah anak-anak. Maka, perhatian pada kesehatan anak perlu lebih, termasuk berkaitan dengan penularan tipes.

1. Selalu Bersihkan Kamar Mandi

Kamar mandi harus selalu dibersihkan, terutama kebersihan sanitari dan lingkungannya. Bakteri penyebab tipes tidak mampu bertahan hidup di tempat yang bersih. Maka tak akan ada anak tertular penyakit tipes.

2. Lakukan Vaksinasi pada Anak Anda

Untuk mencegah penularan tipes, anak-anak perlu diberi vaksin tifoid. Yakni, vaksin yang bisa mencegah penularan tipes. Tentu saja, anak yang bisa diberi vaksin setelah usia 2 tahun.

Pemberian vaksin ini perlu diulang tiap 3 tahun sekali sehingga tidak akan tertular tipes. Untuk pemberian vaksin bisa di Puskesmas atau rumah sakit.

3. Berikan Makanan Sehat dan Bersih

Supaya anak punya daya tahan yang tinggi sehingga tidak mudah tertular penyakit, maka berilah mereka makanan yang sehat dan bersih.

Berilah mereka nutrisi dan gizi sesuai kebutuhan sehingga memiliki daya tahan tinggi dan tidak mudah kena penykit.

4. Biasakan Anak untuk Selalu Hidup Bersih

Kunci untuk hidup sehat adalah selalu menjaga kebersihan. Kebersihan diri dan lingkungan. Selalu cuci tangan setelah melakukan kegiatan dan akan makan. Ya, makan apa saja. Bukan hanya saat akan makan besar.

Semoga artikel mengenai cara penularan penyakit tipes dan cara mencegahnya ini bermanfaat kepada kita semua. Kita, terutama anak-anak, harus selalu menjaga kebersihan supaya terbebas dari ancaman tipes.

!-- Ads 300x250 -->