7 Cemilan untuk Penderita Asam Lambung Biar Tidak Kambuh

Berita, Herbal 0 Comments

PENDERITA sakit lambung atau maag selalu memerlukan cemilan. Dengan sering mengonsumsi cemilan, sakit lambung tak akan kambuh. Tetapi, bagaimana cara memilih cemilan untuk penderita asam lambung?

Ya, tentu saja Anda harus memilih cemilan yang sehat. Cemilan yang tidak membuat sakit maag bertambah berat. Maka, cemilan yang akan dikonsumsi harus dipilih dari cemilan yang aman. Bukan sembarang cemilan.

Lantas, cemilan seperti apa yang cocok untuk penderita asam lambung? Yang jelas, hindari cemilan rasa pedas, cemilan rasa asam, makanan berminyak dan berlemak jahat seperti aneka grengan, dsb.

Tetapi, Anda harus memilih cemilan yang sehat dan aman untuk penderita asam lambung. Baca Manfaat Yakult untuk Sakit Asam Lambung.

7 Cemilan untuk Penderita Asam Lambung danĀ  Kandungannya

Cemilan untuk Penderita Asam Lambung

cemilan untuk asam lambung (foto:ohayo.co.id)

Berikut ini 7 jenis cemilan sehat untuk penderita asam lambung yang dijamin aman dan menyehatkan. Tentu saja, yang sangat penting Anda harus selalu mengonsumsi makanan sehat tepat waktu.

Baik untuk sarapan pagi, makan siang ataupun makan malam. Tepati waktu makan dan jangan terlambat. Sebab, pola makan yang tidak teratur bisa menjadi sumber terjadinya sakit maag / asam lambung. Baca Kenali 14 Ciri Sakit Maag dan Cara Mengatasinya.

Maka, waktu makan teratur adalah kunci sukses menyembuhkan sakit asam lambung / maag. Kunci sukses lainnya adalah menghindari makanan penyebab sakit asam lambung / maag seperti makanan rasa pedas dan asam.

Cemilan sehat untuk penderita asam lambung / maag antara lain:

1. Mengonsumsi Buah-Buahan

Dalam kondisi apa pun, mengonsumsi buah-buahan selalu baik dan bisa membantu tubuh menjadi sehat. Demikian pula Anda yang sekarang menderita sakit asam lambung atau maag. Usahakan untuk sering mengonsumsi buah.

Buah terbaik untuk penderita asam lambung adalah apel, alpukat, semangka, pir, pisang, pepaya, dan buah beri. Selain rasanya segar atau manis, buah mengandung nutrisi, mineral dan antioksidan yang bisa mengatasi peradangan dan mengatasi risiko akibat gangguan pencernaan.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga merupakan cemilan untuk asam lambung / maag. Kacang-kacangan, misalnya almond, kacang merah termasuk kacang rebus. Cemilan bisa Anda konsumsi ketika bersantai di rumah.

Kacang-kacangan mengandung serat tinggi yang sangat baik bagi kesehatan sistem pencernaan.

Studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health-pun menyatakan diet tinggi serat terkait langsung dengan penurunan risiko terhadap penyakit maag atau gastritis hingga 60%.

Baca – Manfaat Madu Pahit untuk Menyembuhkan Maag

Kacang-kacangan juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, dan asam lemak omega-3 terutama pada kacang almond, telah terbukti efektif dalam mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Mengonsumsi Kurma

Buah kurma dari Timur Tengah ini mengandung sejumlah nutrisi seperti serat dan antioksidan. Tentu saja, mengonsumsi buah kurma sebagai cemilan bisa meningkatkan energi tubuh dan mengatasi sakit asam lambung.

Buah kurma bebas kolesterol dengan kandungan asam amino ini dapat membantu peningkatan sistem pencernaan. Kurma juga mengandung zat besi 11%, kalium 16 %, kalsium, mangan, magnesium, vitamin B1, B2, B3, B5 serta protein. Anda bisa mengonsumsi kurma secara langsung dalam bentuk buah atau kering.

4. Mengonsumsi Oatmeal

Suka mengonsumsi oatmeal? Makanan ini juga bisa Anda pilih sebagai cemilan untuk penderita asam lambung / maag. Sebab, oatmeal tergolong makanan non-acidic bergizi, kaya serat, dan bisa mencegah rasa panas di lambung.

Selain itu, juga kaya vitamin dan mineral. Ketika menyiapkan oatmeal, Anda bisa menambahkan buah segar. Misalnya irisan buah apel, pisang atau buah beri.

5. Makanan Yogurt, Kefir dan Sejenisnya

Anda juga bisa mengonsumsi yogurt, kefir dan makanan sejenisnya untuk mengatasi sakit asam lambung. Makanan-makanan itu mengandung bakteri baik seperti Lactobacillus bulgaricus.

Mengonsumsi makanan probiotik ini juga bisa membantu mengontrol kadar asam lambung, sekaligus mengurangi peradangan di lambung.

6. Makanan Salad

Cemilan untuk asam lambung lainnya adalah salad. Biasanya, satu porsi salad terdiri dari sayur wortel, selada, kentang rebus, buncis, mentimun dan jagung manis. Cemilan dari bahan-bahan ini terasa lezat sekaligus menyehatkan bagi penderita asam lambung.

Anda bisa menambahkan irisan dada ayam, ikan salmon panggang, dan putih telur rebus. Sausnya bisa Anda siramkan langsung dengan minyak zaitun, saus yogurt atau saus kacang almond.

7. Permen Karet

Permen karet juga bisa Anda pilih sebagai cemilan untuk asam lambung. Sama dengan cemilan lain, mengunyah permen karet bisa mengurangi rasa lapar atau tepatnya mengurangi rasa perih di lambung.

Permen karet yang dikunyah bisa meningkatkan aktivitas mulut ini sangat dianjurkan. Sebab, cara mengunyah seperti itu bisa meningkatkan proses pencernaan.

Selain itu, mengunyah permen karet sesudah makan bisa mengurangi pembentukan asam lambung. Sebab, mengunyah permen karet mampu meningkatkan jumlah air liur.

Bahkan juga dapat mengurangi stres, meningkatkan detak jantung dan meningkatkan persediaan oksigen di otak.

Demikian artikel mengenai 7 cemilan untuk penderita asam lambung biar penyakitnya tidak sering kambuh. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

!-- Ads 300x250 -->