6 Ciri Ciri Bayi Tidak Cocok dengan Susu Formula

Berita ratnasilvi 0 Comments

CIRI CIRI bayi tidak cocok dengan susu formula. Tidak semua bayi bisa menerima asupan susu formula. Terkadang bayi justru menderita diare setelah minum susu formula. Bahkan juga muntah-muntah, dsb.

Mengapa bayi menderita diare setelah minum susu formula? Apa saja penyebabnya? Bagaimana cara mengatasi dan menghindarkannya? Adakah susu pengganti susu formula?

Bayi muntah-muntah atau mengalami diare setelah minum susu formula bukan salah bayi Bunda. Juga bukan salah susunya. Misalnya dikatakan susunya jelek, tidak berkualitas, dsb.

Bukan begitu. Yang menyebabkan terjadinya bayi diare setelah minum susu formula adalah karena komposisi susu yang tidak cocok dengan kondisi fisik si bayi.

Misalnya susu mengandung laktosa. Sementara, kondisi pencernaan si bayi belum mampu menerima laktosa. Penyebabnya karena usia bayi masih sangat muda dan ada bagian pencernaan yang belum mampu menerima laktosa.

Jadilah, anak tidak tahan mengonsumsi susu formula. Terjadi alergi atau intoleransi laktosa. Padahal di sisi lain, laktosa sesungguhnya juga sangat dibutuhkan oleh si kecil.

Bentuk ketidakcocokan bayi diminumi susu formula adalah ketika si kecil diminumi susu formula, dia menderita diare. Bahkan muntah-muntah, dsb.

Ciri ciri Bayi Tidak Cocok dengan Susu Formula

ciri ciri bayi tidak cocok dengan susu formula

Bagaimana cara mengatasi bayi diare, muntah-muntah atau lainnya setelah minum susu formula?

Cara termudah adalah menghentikan pemberian susu formula. Sebab, pemberian susu formula adalah penyebab si bayi menderita diare. Bukan karena faktor lain.

Begitu pemberian susu dihentikan, maka diare pada bayi segera berkurang. Dalam beberapa hari, diare akan sembuh total.

Rincian Ciri Ciri Bayi Tidak Cocok dengan Susu Formula

Nah, di sinilah pentingnya Bunda perlu mengetahui ciri-ciri bayi tidak cocok susu formula akibat alergi.

Dengan cara itu, Bunda bisa cepat mengambil tindakan tepat jika diketahui bayinya mencret atau mengalami diare setelah minum susu formula.

Pertanyaannya, apa saja ciri-ciri bayi tidak cocok dengan susu formula?

Ya, ini kita ketahui dulu sebelum membahas cara mengatasi bayi diare karena susu formula. Atau susu apa saja sebagai pengganti susu formula.

A. Susu bayi tidak cocok dengan susu formula akibat alergi:

1. Berkaitan dengan pencernaan

  • Sakit perut
  • Muntah-muntah
  • Kolik
  • Diare (mencret)
  • Konstipasi (sulit buang air besar)
  • Buang air besar berdarah
  • Menolak makan

2. Berkaitan dengan Kulit

  • Ruam merah dan gatal
  • Bibir bengkak
  • Wajah bengkak
  • Bengkak di sekitar mata

3. Gejala alergi seperti pilek

Baca – 5 Vitamin Daya Tahan Tubuh Anak Biar Tak Kena Covid-19

4. Eksim yang sudah diobati tidak segera sembuh

5. Menderita Gangguan Pernafasan

  • Napas berbunyi mengi
  • Batuk
  • Sesak napas

B. Tidak cocok akibat intoleransi laktosa:

1. Diare yang parah
2. Menderita muntah-muntah
3. Kram atau nyeri di perut
4. Perut kembung

Ciri-ciri atau gejala bayi tidak cocok dengan susu formula dapat terjadi dalam beberapa menit hingga beberapa jam setelah minum susu formula.

Tentu saja, tingkat keparahan sakit diare tidak sama antara satu orang dengan lainnya. Maka, solusinya pun bisa berbeda-beda.

Susu Formula Khusus Untuk Bayi Mencret Akibat Alergi

Untuk mengatasi bayi yang tidak cocok dengan susu formula, Bunda bisa memberikan susu formula khusus untuk bayi alergi. Yakni, susu formula khusus tanpa laktosa. Dengan cara itu, maka bayi bisa menerima asupan susu formula.

Menurut dr Galih Lingga SpA, adanya intoleransi laktosa pada bayi karena kurangnya enzim laktase. Hal itu terjadi akibat infeksi virus atau bakteri. Maka, tubuh perlu enzim laktase untuk memecah laktosa.

Baca – Susu Formula Untuk Menambah Berat Badan Bayi 6 – 12 Bulan

Dengan pemecahan laktosa, maka susu formula bisa diserap oleh sel-sel usus. Si bayi tidak lagi alergi terhadap lakstosa. Sebab, laktosa sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh.
Baca lebih lengkap tentang 11 Merk Susu Formula Untuk Bayi Diare Akibat Alergi. Semoga artikel ini bermanfaat.