Ciri-Ciri Penyakit Maag yang Sudah Parah dan Cara Mengatasinya

Berita, Herbal 0 Comments

HATI-HATI dengan sakit maag. Jangan anggap sepele. Sebab, risikonya bisa fatal. Apalagi sakit maag yang sudah berat. Maka, kenali ciri-ciri penyakit maag yang sudah parah.

Dengan mengenali ciri-ciri maag yang sudah parah, Anda bisa berbuat cepat untuk mengatasinya ketika sakit maag menimpa Anda. Penyakit maag tidak berkembang menjadi lebih parah.

Jangan Biarkan Penyakit Maag Timbul Tenggelam – Tangani Sampai Tuntas

Apa saja ciri-ciri penyakit maag yang sudah parah? Penyakit maag yang parah biasanya terjadi akibat iritasi di lambung yang tidak segera diatasi.

Umumnya kondisi ini terjadi karena maag tidak ditangani sampai benar-benar sembuh. Sebaiknya, begitu penyakit maag muncul, Anda segera mengatasi penyakit maag sampai tuntas.

 

ciri-ciri penyakit maag yang sudah parah

Jangan biarkan sakit maag timbul tenggelam. Sembuh, tetapi muncul lagi. Diobati, sembuh, dan lain kali muncul lagi. Jika itu yang terjadi, maka kunjungi dokter agar maag Anda bisa sembuh total.

Atau Anda mencari cara pengobatan lain yang bisa menyembuhkan sakit maag Anda. Misalnya minum obat herbal atau obat tradisional. Jika maag sudah sembuh, Anda jangan melakukan lagi perbuatan atau hal-hal yang bisa menyebabkan maag kambuh.

Misalnya Anda sering mengonsumsi makanan rasa pedas atau makanan minuman rasa asam. Atau aneka gorengan. Mengonsumsi makanan minuman larangan bisa menyebabkan sakit maag Anda kambuh lagi.

Ya, penyakit maag atau asam lambung mudah kambuh. Meskipun sudah diobati dan dinyatakan sembuh, tetapi jika Anda kembali mengonsumsi makanan pantangan, maag bisa kembali muncul atau kembali kambuh.

Ciri-Ciri Sakit Maag Sudah Parah Atau Kronis

Penyakit maag atau asam lambung atau tukak lambung adalah penyakit yang menyerang lambung akibat luka atau peradangan pada lambung.

Jika maag tidak Anda tangani sampai sembuh total, maka aktivitas keseharian Anda akan terganggu. Anda tidak bisa bekerja dengan nyaman jika tiba-tiba lambung terasa nyeri dan perih.

Bahkan, tidur nyenyak di tengah malam bisa terusik ketika maag Anda kambuh. Anda harus bangun mencari makanan untuk mengatasi rasa nyeri di lambung. Ini sering terjadi terutama pada saat penyakit maag Anda parah.

Berikut tentang ciri ciri penyakit maag yang sudah parah, antara lain:

1. Muntah darah atau buang air besar dan tinjanya bewarna hitam.

2. Menderita sakit maag beberapa tahun atau dalam kurun waktu yang sudah lama.

3. Tubuhnya tampak makin kurus.

Oleh karena itu, jika Anda menderita sakit maag, jangan dibiarkan tanpa ada penanganan serius. Jika minum obat, ya lakukan sampai sakit maag benar-benar sembuh. Maag tidak kambuh lagi.

Sakit maag kronis adalah sakit maag yang sudah bertahun-tahun tetapi tidak sembuh juga. Ya, banyak faktor yang menyebabkan maag Anda berkembang menjadi kronis.

Antara lain Anda masih mengonsumsi pantangan makanan maag seperti makanan rasa pedas, makanan minuman rasa asam, dsb.

Hindari Makanan Penyebab Maag Kambuh

Ada banyak cara bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit maag biar tidak sering kambuh. Selain minum obat, baik obat resep dokter, obat herbal, atau obat tradisional, Anda perlu melakukan hal-hal berikut.

Mengonsumsi madu hitam pahit sangat bagus untuk mengatasi penyakit maag. Banyak madu pahit dijual di toko-toko online. Anda bisa memilih yang cocok. Harga madu hitam pahit juga murah.

1. Jangan mengonsumsi makanan rasa pedas. Biar hanya mengonsumsi sambal sedikit, tetapi pengaruhnya bisa besar. Maag Anda kembali kambuh.

2. Makanan minuman rasa asam. Buah rasa asam seperti jeruk, nanas, mangga, atau tape (baik dari ketan atau ketela), saus tomat, dsb.

3. Makanan dengan kadar lemak tinggi, cokelat, bawang, mint, minuman beralkohol, kopi, soda, dsb. Makanan ini juga sebaiknya Anda hindari biar maag tidak mudah kambuh.

4. Usahakan makan selalu tepat waktu. Baik untuk sarapan pagi, makan siang atau makan malam. Jangan terlambat makan. Sebab, makan yang tidak teratur waktunya juga bisa jadi penyebab sakit maag. Jika itu sering terjadi, maag bisa makin parah.

5. Selalu siapkan makanan ringan atau cemilan sehat dan aman untuk sakit maag. Pilih cemilan yang sehat untuk penderita maag / asam lambung.

Demikian artikel mengenai ciri-ciri penyakit maag yang sudah parah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

!-- Ads 300x250 -->