Ciri-ciri Sakit Maag dan Cara Mengatasinya

Berita 0 Comments

CIRI-CIRI sakit maag – Dengan mengetahui ciri-ciri maag, Anda bisa mengatasinya dengan cepat. Penyakit maag atau radang lambung tidak berkembang lebih parah atau akut. Misalnya, terjadi sesak nafas, muntah darah, muntah terus-menerus, dsb.

Penderita sakit maag masih cukup tinggi. Penelitian tahun 2015 di Jakarta menunjukkan penderita maag mencapai 58,1%, kata Konsultan penyakit Lambung dan Pencernaan Dr Ari Fahrial Syam.

Apa saja ciri-ciri sakit maag? Apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi sakit maag?

Ciri-ciri Sakit Maag dan Cara Mengatasinya

Berikut ini 14 ciri-ciri atau gejala sakit maag yang perlu Anda ketahui. Tentu saja, yang terbaik bagi Anda adalah mencegah terjadinya sakit maag (gastritis).

Dengan mengetahui gejala penyakit maag lebih awal atau lebih dini, maka Anda bisa segera mengatasinya. Diharapkan dengan cara ini, penyakit maag Anda tidak berkembang. Penyakit maag berhasil dicegah sehingga tidak berkembang menjadi lebih buruk.

Selain itu, dengan mengetahui ciri-ciri penyakit maag lebih dini, Anda bisa mencegah kemungkinan terjadinya komplikasi yang bisa membahayakan kesehatan Anda.

ciri-ciri sakit maag

(foto:blog.tempo.co)

Ke-14 ciri-ciri atau gejala sakit maag adalah:

1. Nyeri ulu hati atau nyeri perut. Bisa terasa sangat sakit.
2. Mual ketika makan dan muntah setelah makan.
3. Perut kembung dan terasa penuh
4. Mudah merasa kenyang
5. Sering sendawa atau mengeluarkan gas
6. Tidak tahan terhadap makanan berlemak
7. Nafsu makan menurun karena perut terasa sakit
8. Asam lambung naik dan lambung terasa perih
9. Berat badan menurun
10. Nyeri ulu hati disertai sensasi terbakar di bagian dada
11. Tinja berwarna gelap atau mengandung darah
12. Sulit bernapas
13. Terjadi refluks (kembalinya makanan atau cairan dari lambung ke kerongkongan).
14. Perut bagian atas terasa kembung dan panas.

Anda harus segera periksa dokter jika mual dan muntah terjadi terus menerus, tinja warna gelap atau mengandung darah, dan muntah darah.

8 Cara Mengatasi Penyakit Maag

Jika Anda merasakan adanya gejala atau ciri-ciri penyakit maag seperti disebut di atas, maka Anda perlu segera mengatasinya. Tujuannya supaya penyakit maag yang Anda derita bisa segera sembuh. Tidak berkembang menjadi kronis atau akut.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi sakit maag:

1. Menghindari makanan tinggi lemak, makanan pedas, dan makanan rasa asam seperti tomat dan jeruk.

2. Menghindari konsumsi minuman bersoda, minuman berkafein (kopi dan teh), serta minum minuman beralkohol. Makanan minuman itu bisa mengiritasi lambung.

3. Berhenti merokok. Sebab, perokok mudah terkena sakit maag.

4. Tepati waktu makan dan lakukan pola makan yang baik. Misalnya makan dengan porsi lebih sedikit dari biasanya.

5. Hindari makanan minuman tinggi karbohidrat dan tinggi gula (terlalu manis). Sebaliknya, perbanyak makanan minuman tinggi lemak tradisional dan protein. Misalnya daging, ikan, telur organik, susu asli, kacang dan bijian utuh.

6. Rajin berolahraga, setidaknya 4 kali (hari) dalam satu minggu.

7. Hindari stres dengan sikap dan pikiran positif.

8. Mengonsumsi obat herbal untuk sakit maag. Atau mengonsumsi madu hitam pahit. Cara ini pernah saya lakukan dan membuat maag saya bisa sembuh total. Madu hitam pahit banyak dijual di toko online.

Penutup

Demikian artikel mengenai 14 ciri-ciri penyakit maag dan cara mengatasinya. Hindari sakit maag dengan makan teratur, selalu menjalani hidup sehat, serong berolahraga, dsb.

Jangan suka mengabaikan waktu makan, terutama bagi pekerja yang sangat sibuk. Meskipun sibuk, waktu makan tidak boleh diabaikan. Jika sudah kena maag, waduuhh… penyembuhannya terkadanng sangat sulit. Tetapi, jika dibiarkan bisa kronis dan akut. Penyakitnya bisa lebih parah.

Semoga artikel ini bermanfaat.

!-- Ads 300x250 -->