17 Ciri-Ciri Sakit Maag Kambuh – Waspadai Jika Muntah Berdarah

Berita ratnasilvi 0 Comments
Reading Time: 3 minutes

PENYAKIT maag mudah kambuh. Itu yang pernah saya rasakan ketika dulu saya masih menderita sakit maag. Setelah belasan tahun, maag saya bisa sembuh. Apa ciri-ciri sakit maag kambuh?

Ya, mengetahui ciri-ciri maag kambuh sangat penting. Tujuannya supaya kita bisa mencegahnya sehingga tidak kambuh lagi. Atau paling tidak, kambuhnya sangat jarang. Sakit maag dalam bahasa medis dikenal dengan nama sindrom dispepsia.

Sebab, jika maag sudah kronis, aduhh.. maag mudah kambuh. Sehari tidak hanya sekali, tetapi bisa beberapa kali. Tentu sangat repot menghadapi maag sering kambuh. Apalagi sampai muntah berdarah. Baca Madu Hitam Pahit Menyembuhkan Maag Saya.

17 Ciri Ciri Penyakit Maag Kambuh – Cepat Atasi jika Muntah Berdarah

Pertanyaannya, apa saja ciri-ciri sakit maag kambuh? Mengetahui ciri sakit maag kambuh sangat penting supaya kita bisa mencegahnya.

ciri ciri penyakit maag kambuh

Dengan cara itu Anda bisa meminimalkan terjadinya komplikasi atau hal-hal yang mungkin membahayakan kesehatan.

Kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebab, kalau maag sering kambuh, pertanda kondisi lambung makin parah. Luka di lambung bisa membuat kesehatan kita terus menurun. Bahkan, penyakit maag yang berat bisa merenggut nyawa.

Ciri-ciri penyakit maag yang penting untuk diketahui adalah:

1. Nyeri ulu hati disertai sensasi terbakar di bagian dada

2. Mual dan muntah setelah makan. Bisa disebabkan oleh radang lambung, tukak lambung atau infeksi perut.

3. Perut kembung dan terasa penuh. Ini terjadi akibat menumpuknya gas dalam perut. Terjadi akibat tukak lambung atau gangguan pencernaan.

Baca – 7 Cemilan Terbaik untuk Penderita Asam Lambung

4. Mudah merasa kenyang, meskipun belum makan atau hanya makan sedikit. Ini terjadi karena perut dipenuhi oleh produksi asam lambung dan gas.

5. Mulut terasa asam dan pahit. Ini terjadi karena asam lambung, makanan dan minuman yang baru dikonsumsi justru kembali ke kerongkongan.

6. Sering sendawa. Penyebabnya, asam lambung, gas, dan udara yang menumpuk di dalam perut ikut keluar ketika Anda bersendawa. Biasanya terjadi otomatis untuk meringankan perut yang merasa sakit.

7. Intoleransi terhadap makanan berlemak

8. Nafsu makan menurun karena perut terasa sakit da terasa penuh serta kembung.

9. Naiknya asam lambung

10. Penurunan berat badan

11. Sering merasa pusing dan mengeluarkan keringat dingin. Ini terjadi akibat gula darah turun karena makan yang sering terlambat.

Ciri ciri Penyakit Maag Kambuh yang Lebih Berat

Berikut ini adalah ciri-ciri penyakit maag kambuh yang lebih berat (berbahaya). Tentu saja, Anda sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan secepatnya.

Baca – Manfaat Yakult untuk Menyembuhkan Sakit Asam Lambung

Terutama jika ciri ciri maag tersebut sering kambuh sampai berhari-hari. Bahkan, lebih dari satu minggu.

12. Mual dan muntah secara terus menerus. Bisa terjadi ketika terlambat makan, saat makan, atau sesudah makan. Jika sakit maag telah menjadi akut, maka mual dan muntah sering terjadi.

13. Tinja berwarna gelap atau mengandung darah. Ini biasanya terjadi akibat infeksi di lambung. Bisa juga akibat penyebab yang serius. Atau terjadi di kerongkongan atau lambung.

14. Muntah darah. Ini pertanda maag sudah akut. Maka, ketika terjadi muntah dengan rasa asam, pahit atau warna tidak lazim, harus diwaspadai. Jika dibiarkan, ya bisa terjadi maag akut.

15. Nyeri atau sakit perut yang tiba-tiba dan terasa begitu menyakitkan. Bisa jadi ini karena radang lambung, tukak lambung, sindrom iritasi usus, infeksi di perut, dsb.

16. Sulit bernapas.  Ini terjadi akibat adanya hambatan di saluran pernapasan karena naiknya asam lambung. Dalam kondisi seperti ini, penderita maag biasanya merasakan sensasi seperti heartburn, perut kembung, dan mual dan sesak napas.

17. Anemia. Yakni seseorang mudah merasa lelah, lesu, malas sepertinya tidak ada tenaga.

Demikian artikel mengenai ciri ciri sakit maag kambuh. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *