Covid-19 – Punya Diabet, Hipertensi Harus Ekstra Hati-Hati

Berita ratnasilvi 0 Comments

Pada masa covid-19 sekarang, penderita penyakit diabetes, hipertensi atau darah tinggi harus hati-hati. Begitu pula penderita sakit jantung dan beberapa penyakit berat lain, juga harus hati-hati.

Mereka ini mudah tertulari virus corona (covid-19). Bahkan tidak sedikit dari mereka yang tidak tertolong jiwanya. Jumlahnya pun terus meningkat.

Demikian peringatan dari Wakil Ketua Bidang Apoteker Advance dan Spesialis PP Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Prof. Dr Kerry Lestari Dandan, Apt, MSI.

Data memang menunjukkan bahwa penderita covid-19 yang sebelumnya sudah punya penyakit penyerta atau komorbid lebih mudah terkena virus corona. Termasuk di antara mereka adalah penderita obesitas (kegemukan).

Hal yang demikian tidak hanya terjadi di Indonesia. Tetapi juga terjadi di dunia atau banyak negara.

Penyebabnya, orang yang sudah punya penyakit penyerta seperti hipertensi, diabetes, mereka ini memiliki risiko terkena komplikasi.

covid

Cara Memakai Masker dengan Benar dan Tepat: Kunci Cegah Covid-19

Cara mengatasi kondisi seperti itu tidak lain Anda harus mencegah terjadinya penularan covid-19. Artinya, Anda yang sudah punya penyakit penyerta khusus harus selalu menjaga diri jangan sampai kena covid-19.

Bagaimana caranya?

Tentu saja, Anda harus selalu mematuhi protokol kesehatan. Selalu menggunakan masker. Ke mana pun Anda bepergian, masker tidak boleh tertinggal. Biarpun hanya ke tempat tetangga, tetap harus mengenakan masker.

Ini beberapa cara untuk bebas dari penularan covid-19. Anda bisa melakukan sendiri tanpa harus peri ke dokter.

Disamping itu, Anda sebaiknya membiasakan diri untuk selalu mengenakan masker ketika keluar rumah. Jangan merasa repot, merasa nggak nyaman, alasan ini alasan itu.

Mengenakan masker adalah nomor satu. Sebab, ini penting untuk keselamatan diri kita sendiri. Untuk perlindungan diri biar tidak mudah tertular covid-19.

Ketika berbicara dengan siapa pun, masker harus tetap menutup mulut dan hidung. Banyak orang pakai masker, tetapi saat berbicara dengan orang lain malah membuka maskernya.

Cara ini jelas sangat berisiko. Penularan covid-19 mudah terjadi.

Tambahan, jarak antara mereka dan orang lain saat berbicara sangat dekat. Ini jelas membuat penularan covid-19 mudah terjadi.

Intinya, Anda harus selalu pakai masker dengan benar. Jangan membuka masker saat berbicara dengan orang lain. Masker harus menutup mulut dan hidung.

Anda jangan sering menarik masker ke bawah sehingga lubang hidung tidak tertutup masker. Ini membuat Anda rentan terhadap penuluaran covid-19.

Baca – Alat Penurun Lemak Paling Cepat Biar Tetap Sehat

Apalagi jika Anda sudah punya penyakit penyerta. Ya, sekali lagi, hati-hati.

Jika Kondisi Tidak Memungkinkan Jarak, Apa Yang Harus Anda Lakukan?

Selain selalu mengenakan masker dengan benar, Anda juga harus selalu menjaga jarak. Paling tidak, jarak antara Anda dan orang lain adalah satu meter.

Kalau Anda dalam kondisi terpaksa sehingga tidak bisa menjaga jarak sesuai dengan aturan, maka yang penting Anda harus selalu mengenakan masker dengan benar. Masker harus jadi perlindungan utama bagi Anda.

Selain selalu mengenakan masker dan jaga jarak, Anda juga harus selalu punya daya tahan tubuh yang tinggi.

Lakukan olahraga, selalu mengonsumsi makanan sehat, hindari makanan yang justru membuat daya tahan tubuh turun, minum vitamin, dsb.

Adapun cara lain yang tidak kalah pentingnya adalah Anda harus rajin mencuci tangan dengan sabun.

Yang lebih penting lagi adalah jangan anggap enteng penularan virus corona (covid-19). Sudah ribuan orang Indonesia meninggal karena kena covid-19.

Penutup

Semoga artikel tentang penderita diabetes, darah tinggi, stroke, sakit jantung, harus hati-hati menghadapi covid-19 ini bermanfaat.

Selalu patuhi protokol kesehatan biar Anda tetap sehat. Tidak mudah kena covid-19. Tidak mudah tertulari covid.