Daftar Harga Kawat Gigi dan Biaya Pemasangan Kawat Gigi

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

DAFTAR harga kawat gigi. Bagi Anda yang ingin merapikan gigi dengan kawat gigi, tentu penting untuk mengetahui harga kawat gigi atau behel gigi. Ya, untuk memastikan berapa biaya yang harus dikeluarkan nantinya.

Tidak hanya harga kawat gigi. Untuk memasang behel nantinya, Anda juga harus membayar layanan dokter, perawatan pasca-pemasangan kawat gigi, dsb.

Menggunakan kawat gigi atau behel gigi masih menjadi pilihan banyak orang yang akan merapikan giginya. Gigi depan atas yang agak maju ke depan (tonggos), gigi yang kurang rapi atau lainnya. Anda bisa merapikannya dengan menggunakan kawat gigi.

Baca – Cara Merapikan Gigi Tanpa Behel Secara Alami

Penggunaan kawat gigi cukup lama. Ada yang sampai 2 tahun. Selain kawat gigi biasa, ada juga kawat gigi transparan. Anda bisa memilih kawat gigi biasa atau kawat gigi transparan.

Jenis dan Harga Kawat Gigi

harga kawat gigi

pasang kawat gigi (foto:health.kompas.com)

Jika akhirnya Anda memutuskan untuk menggunakan kawat gigi sebagai cara merapikan gigi, Anda harus memilih kawat gigi terbaik dengan harga terjangkau.

Ini penting karena kualitas behel akan menentukan efisiensi dalam perawatan. Sebelum memasang kawat gigi, Anda sebaiknya memastikan kawat gigi yang akan digunakan harus yang memenuhi standar.

Tentu saja, harga kawat gigi atau behel bervariasi. Anda bisa memilih kawat gigi mana yang cocok dengan Anda. Cocok sesuai dengan kondisi gigi dan harga kawan gigi.

Berikut Ini Daftar Harga Kawat Gigi

Bracket metal mini ortodhontic – Rp 400.000 – Rp 500.000
Bracket metal mini/std protec – Rp 520.000
Bracket metal mini biom – Rp 560.000
Bracket metal mini imd licency USA – Rp 570.000
Bracket metal mini motif protec – Rp 580.000
Bracket metal mini root protec – Rp 590.000
Bracket metal mini orthoamerica – Rp 680.000
Bracket metal mini motif orthoamerica – Rp 730.000
Bracket metal orthoclasic – Rp 680.000
Bracket metal std epsilon – Rp 800.000
Bracket metal std classone – Rp 810.000
Bracket metal dentaurum German 980.000

Baca – 5 Cara Tersenyum Tanpa Memperlihatkan Gigi Tonggos 

Daftar Harga Kawat Gigi Tipe Bracket Transparan

Bracket transparant composite 3b – Rp 700.000
Bracket transparant composite medkraft – Rp 820.000
Bracket transparan ceramic classone – Rp 780.000
Bracket transparent ceramic protec – Rp 980.000

Daftar Harga Kawat Gigi Lepas Pasang

Behel lepas pasang twin colour (atas atau bawah saja) – Rp 90.000
Behel lepas pasang twin colour (atas bawah) – Rp 160.000
Behel lepas pasang power chain (atas atau bawah saja) – Rp 90.000
Behel lepas pasang power chain (atas bawah) – Rp 160.000
Behel lepas pasang tin colour mix PO (atas twin colour, bawah PO) – Rp 150.000
Behel lepas pasang power chain mix PO (atas power chain, bawah PO) – Rp 150.000

Itu baru harga kawat gigi atau behel. Untuk pemasangan kawat gigi lengkap, termasuk pengadaan kawat gigi, menurut alodokter.com adalah Rp 6 jutaan sampai Rp 12 jutaan lebih.

Untuk kepastiannya, tentu Anda bisa bertanya langsung kepada petugas atau pegawai di klinik, rumah sakit atau tempat praktek dokter gigi.

Sebab, biaya atau harga pasang behel atau kawat gigi, satu instansi keehatan yang satu dengan lainnya bisa menentukan harga / biaya yang tidak sama.

Nama Bagian-bagian dari Kawat Gigi atau Behel

Ada baiknya Anda mengenali nama-nama bagian dari kawat gigi atau behel, yakni:

1. Bracket.

Bracket adalah yang bagian dari kawat gigi yang ditempel di gigi dengan menggunakan lem khusus. Ada bracket yang dibuat dari metal, keramik atau batu sapphire. Tentu harga bracket bervariasi sesuai dengan bahan yang digunakan.

Baca – Cara Memundurkan Gigi Tonggos dan Harganya

2. Kawat lengkung.

Kawat ini dipasang pada bracket. Fungsinya sebagai alat penyalur tekanan pada gigi dan mengatur ke mana arah tekanan agar gigi bergerak ke arah yang benar.

3. Cincin ortodonti.

Cincin ini juga dinamakan molar band. Biasanya dipasang pada gigi belakang. Fungsinya sebagai tumpuan kawat pada behel.

4. Karet elastis.

Karet ini mengikat kawat lengkung dengan bracket. Anda perlu mengganti karet ini secara periodik karena makin lama karet tidak elastis. Warna karet macam-macam dan Anda bisa memilih.

Yang Terbaik Pasang Behel pada Usia 8 – 14 Tahun

Sejak kapan seseorang bisa memakai behel atau kawat gigi agar giginya rapi?

Tidak ada batasan umur untuk mengenakan kawat gigi atau behel ini. Hanya saja, yang terbaik ketika anak usia 8-14 tahun. Pada masa itu, gigi susu sudah mulai tanggal dan gigi permanen mulai tumbuh.

Untuk usia dewasa lebih dari 20 tahun tetap masih bisa pasang behel. Tetapi karena rahang mereka telah berkembang sempurna, maka perbaikan gigi memakan waktu yang cukup lama. Apalagi untuk gigi yang serius seperti gigi tonggos.

Meskipun demikian, mereka tetap bisa pakai behel. Tidak ada kata terlambat untuk pasang behel. Anda tetap bisa merapikan gigi. Hanya butuh waktu agak lama.

Terjadinya Penumpukan Plak Akibat Pemakaian Kawat Gigi

Selama Anda menggunakan kawat gigi atau behel, ada kemungkinan sebagian sisa makanan masuk ke sele-sela gigi.

Kian lama, sisa makanan makin banyak dan akhirnya terjadi plak pada gigi. Dalam plak terkandung juga bakteri. Risiko lain adalah mandeknya akar gigi.

Cara mengatasi risiko dari pemasangan gigi adalah rajin menyikat gigi secara teratur dengan pasta gigi mengandung fluoride. Lalu, berkumur dengan obat kumur mengandung fluoride, membersihkan sela gigi dengan benang gigi (dental floss), menghindari makanan manis, lengket, dan bertekstur keras.

Demikian artikel mengenai harga kaat gigi atau behel dan pemasangannya. Setelah pasang kawat gigi, Anda harus rajin mengatasi risikonya supaya tidak timbul masalah di belakang hari.