8 Efek Samping Konsumsi Minuman Collagen

Herbal, Produk ratnasilvi 0 Comments
Reading Time: 5 minutes

TIAP sesuatu ada plus dan minusnya. Ada untung, ada ruginya. Demikian pula untuk minuman collagen (collagen drink). Selain mengandung banyak manfaat untuk kesehatan dan lainnya, juga ada efek samping minuman collagen.

Tentu saja, siapa pun perlu menghindari atau mencegah adanya efek samping itu. Efek samping bisa berkembang menjadi parah jika tidak segera diatasi.

Lebih-lebih jika produk yang Anda minum bukan produk callogen drink asli. Anda perlu hati-hati. Seorang konsumen minuman collagen mengaku bahwa collagen yang dibelinya palsu.

Padahal, dia sudah meminumnya. Begitu minum collagen drink (palsu) itu, esok harinya langsung BAB tidak lancar. Selain itu dia juga menderita sakit perut dan ada bercak coklat di celana dalamnya.

Setelah dicek, ternyata produk minuman collagen yang dia beli bukan produk asli. Tetapi produk collagen palsu. Aduh, kasihan banget.

Tetapi mereka yang meminum produk minuman collagen asli mengatakan sebulan kemudian wajahnya kembali mulus.

 

efek samping minuman collagen

Diva Liquid, salah satu minuman collagen terbaik (foto:my-best.id)

Oleh karena itu, Anda yang ingin membeli collagen drink atau minuman collagen harus berhati-hati. Cek keasliannya sebelum membeli. Biar kejadian yang menimpa konsumen di atas tidak terulang pada Anda.

7 Manfaat Collagen Drink atau Minuman Collagen Untuk Tubuh

Apakah collagen itu?

Menurut dr Sri Wulantin, collagen adalah protein alami yang dihasilkan oleh tubuh. Collagen sangat penting bagi kesehatan.

Manfaat collagen untuk tubuh antara lain:

1. Mempertahankan kekenyalan atau elastisitas kulit

2. Memperkuat jaringan kulit

3. Menggantikan sel kulit yang mati

4. Mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

5. Membentuk struktur pada sendi dan tendon

6. Melindungi organ-organ di dalam tubuh.

7. Menyatukan bagian tubuh seperti tulang dan otot.

Sayangnya, makin bertambah usia, kemampuan tubuh untuk memproduksi collagen makin menurun.

Dengan menurunnya produksi collagen, maka kebutuhan tubuh untuk mendapatkan collagen tidak bisa tercukupi dengan baik.

Salah satu akibat dari kurangnya pasokan collagen adalah kulit tubuh tampak keriput. Bahkan, juga kering. Ini tampak pada orang yang lanjut usia.

Tetapi, orang yang masih muda juga bisa menderita kulit keriput. Akibatnya, orang lain menyebut dia “lebih tua dari usia yang sebenarnya”.

Maksudnya, usianya masih muda. Tetapi karena kulitnya keriput, sehingga tampak seperti orang berusia lanjut.

Maka, bagi Anda yang kulit tubuhnya rampak keriput, tidak segar, Anda tidak perlu khawatir.

Silakan Anda menggunakan produk yang bisa meningkatkan produksi collagen. Baik berupa minuman collagen atau cream collagen.

Dengan tercukupinya collagen, kulit tubuh akan kembali segar, kenyal, dsb. Anda akan tampak muda kembali. Atau lebih muda dari usia yang sebenarnya.

Salah satunya Anda bisa menggunakan Frozen Collagen Original.

Pertanyaannya, makanan dan minuman apa saja yang bisa meningkatkan produksi collagen untuk tubuh?

Makanan Yang Menghasilkan Collagen

Untuk meningkatkan produksi collagen dalam tubuh supaya kulit tubuh tampak segar, terutama wajah, tidak keriput, tidak kering, maka ada dua sumber yang bisa Anda peroleh, yaitu:

1. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

2. Mengonsumsi suplemen collagen, termasuk minuman collagen atau collagen drink.

Makanan yang perlu Anda konsumsi untuk meningkatkan produksi collagen dalam tubuh antara lain sayur, buah, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

Paprika merah, paprika hijau, jeruk lemon, stroberi, blackberries, blueberries, dan raspberries, merupakan sumber vitamin C yang dibutuhkan kulit agar lebih cerah.

Demikian pula kaldu dari tulang ayam dan sapi. Berbagai ikan, terutama ikan salmon sangat baik Anda konsumsi untuk menghasilkan banyak collagen.

Sementara itu, banyak suplemen collagen yang bisa Anda pilih jika tidak ingin repot membuat makanan collagen sendiri.

Baca: Manfaat Collagen Cream Untuk Mencegah Wajah Keriput

Minuman Collagen Terbaik Yang Bisa Anda Pilih

Bagaimana dengan minuman collagen?

Sesungguhnya minuman collagen terdapat dua tipe. Pertama, minuman collagen untuk membuat kulit tubuh kencang, lembap, dan elastis. Terutama pada kulit wajah dan sekitarnya.

Minuman collagen ini dikenal sebagai minuman collagen untuk kecantikan. Umumnya kaum Hawa yang mengonsumsi minuman collagen ini.

Yang kedua, minuman collagen untuk kesehatan sendi dan tulang rawan. Bisa mencegah penyakit rematik. Tetapi, produk ini tidak banyak dijual di pasaran.

Berikut 5 minuman collagen terbaik untuk kesehatan kulit yang bisa Anda pilih, yaitu:

1. Diva Liquid Mixed Barries

Khasiat minum minuman collagen ini bisa membuat kulit tubuh Anda kembali mulus. Tidak ada lagi kulit berkerut atau keriput.

Tetapi bisa berubah menjadi kulit yang lebih lentur (elastis), lebih lembut, kencang dan halus. Hanya dalam 14 hari Anda konsumsi minuman collagen Diva Liquid ini, Anda bisa menikmati hasilnya.

Ingin coba? Ya, coba saja. Harga minuman collagen ini juga murah, yakni Rp 60.000.

Produk minuman collagen lain dari Diva adalah Diva Beauty Drink. Terbuat dari ekstrak buah segar. Harga minuman collagen ini adalah Rp 127.000.

2. Infused Collagen

Jika Anda ingin minuman collagen yang segar, maka Anda bisa memilih Infused Collagen. Minuman ini dibuat dari ekstrak buah lemon dan kolagen 5.000 mg. Tambahan ekstrak kayu manis, kapulaga, dan kitosan.

Selain bisa mengencangkan kulit, minuman collagen ini juga bisa memperkuat daya tahan tubuh sehingga tidak mudah kena penyakit, termasuk virus.

Harga minuman collagen Infused ini adalah Rp 50.000 untuk satu botol isi 100 ml.

3. K-Liquid Mixed Collagen Drink

Ingin kulit mulus tetapi punya banyak jerawat? Ya, minum saja minuman kolagen ini. Selain bisa membuat kulit tubuh Anda elastis, lembut, dan bersinar, maka collagen ini juga bisa mengatasi jerawat, kulit meradang, ketombe, dsb.

Produk minuman collagen ini dibuat dari ekstrak stroberi, sari buah apel, ekstrak apel, dan  vitamin C. Harga K-Luquid Mixed Collagen satu paket isi 10 botol dan tiap botol isi 50 ml adalah Rp 528.00.

4. Kinohimitsu Collagen Diamond

Pilihan untuk produk minuman collagen lainnya adalah Collagen Diamond. Dengan kandungan ekstrak perilla seed, collagen ini membuat kulit tubuh Anda lebih muda.

Selain itu juga bisa meningkatkan penyerapan nutrisi sel. Maka, kulit tubuh Anda akan tampak lebih muda dan sehat.

Setelah enam hari minum collagen ini, Anda akan melihat hasilnya. Tiap hari minum satu botol. Per paket isi 6 botol seharga Rp 390.000.

5. Laneige Youth Collagen Drink

Minuman collagen ini tidak hanya untuk kecantikan kulit. Tetapi juga mampu mengatasi stres Anda. Dengan minum Laneige Youth Collagen Drink ini, maka Anda bisa tidur nyenyak tanpa beban stres.

Kondisi akan membuat kulit tubuh Anda juga kinclong (cerah) bercahaya. Bahkan, tulang Anda juga akan makin sehat.

Berapa harga minuman collagen ini? Harga Rp 43.000 untuk minuman collagen 1 botol isi 25 ml.

Itulah 5 minuman collagen terbaik yang bisa Anda pilih. Harga tidak mahal tetapi manfaatnya cukup besar untuk kesehatan kulit dan tubuh kita. Semangat hidup pun bertambah tinggi.

Efek Samping Minum Collagen

Nah, sekarang kita perlu ketahui juga efek samping minuman collagen. Maksudnya, supaya kita terhindar dari akibat buruk efek samping.

Ibaratnya sedia payung sebelum hujan. Kita ketahui dulu efek negatifnya, lalu kita bisa menghindarinya.

Efek samping minuman collagen tidak banyak. Cara menghindari efek samping adalah minum collagen sesuai dengan aturan minum. Minum jangan berlebihan.

Maka, baca dulu petunjuknya sebelum minum collagen drink supaya kita aman dari efek samping.

Efek samping suplemen minuman collagen antara lain:

1. Mengalami konstipasi atau sulit buang air besar.

2. Mudah merasa lelah.

3. Terasa nyeri pada tulang.

4. Mual dan muntah.

5. Terjadi gangguan pada irama jantung

6. Konsumsi kalsium cukup tinggi (hiperkalsemia). Bisa menyebabkan nyeri tulang, konstipasi, kelelahan, dsb.

7. Bau mulut tidak sedap. Cara mengatasi, kamu perlu minum jus.

8. Gangguan di usus yang gejalanya seperti sakit maag.

Penutup: Semoga artikel tentang efek samping minum callagen ini bermanfaat untuk kesehatan Anda semua. Konsultasikan dengan dokter jika dalam pemakaian timbul efek samping.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *