Adakah Efek Samping Susu SGM BBLR Untuk Bayi Prematur?

Produk , , ratnasilvi 0 Comments

ADAKAH efek samping susu SGM BBLR? Ya, mengetahui efek samping produk susu untuk bayi prematur sangat penting. Tujuannya biar Bunda bisa menghindari efek samping sehingga si kecil bisa minum susu SGM BLLR dengan aman.

Tidak hanya untuk susu SGM BBLR (berat badan lahir rendah). Tiap memberikan susu baru pada bayi / anak, Bunda perlu tahu apa saja efek samping yang mungkin muncul.

Misalnya bayi dengan ciri tertentu bisa menderita penyakit asma jika minum susu A. Atau bisa meningkatkan resiko alergi, dsb.

Nah, itu pentingnya Bunda dan kita semua, perlu tahu apa efek samping dari mengonsumsi produk susu.

Apalagi untuk produk obat. Adanya efek samping sebaiknya jangan Bunda abaikan.

Dokter Vina: Utamakan ASI. Jika Tak Mencukupi Bisa Ditambah Susu SGM BBLR

efek samping susu sgm bblr

Susu SGM BLLR adalah susu yang diproduksi untuk bayi yang lahir prematur. Atau berat badannya saat lahir rendah. Yakni kurang dari 2,5 kg.

Sementara itu, bayi prematur adalah bayi lahir belum waktunya. Yakni janin dalam kandungan lahir sebelum usia 37 minggu. Bayi lahir normal ketika kehamilan Bunda berumur 40 minggu.

Tentu saja, bayi yang lahir prematur punya resiko menderita gangguan kesehatan. Sebab, organ-organ tubuh bayi belum sempurna.

Oleh karena itu, bayi lahir prematur atau berat badan rendah perlu mendapatkan perawatan yang intensif.

Kalau bisa, seperti kata dr Vina, si kecil yang lahir prematur atau berat badan rendah harus mendapatkan air susu ibu (ASI) yang cukup.

Jika ASI tidak mencukupi, Bunda bisa menambahkan susu khusus untuk bayi lahir prematur seperti susu SGM BBLR.

Susu khusus untuk bayi prematur umumnya mengandung kalori tinggi. Tujuannya supaya bisa mempercepat peningkatan berat badan bayi.

Sampai kapan si kecil harus minum susu khusus untuk bayi prematur, tambah dr Vina, itu tergantung pada perkembangan dan berat badan bayi. Bukan tergantung pada umur bayi.

Bila berat badan sudah sesuai dengan usianya, konsumsi susu khusus bayi prematur bisa Bunda hentikan dan diganti dengan susu formula biasa.

Untuk mengetahui apakah pemberian asupan susu SGM BBLR bisa dihentikan, sebaiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter anak.

Ada rumus khusus untuk mengetahui apakah si kecil masih perlu minum susu bayi prematur atau bisa beralih ke susu formula biasa.

Jika Bunda tahu rumusnya, ya bisa menghitung sendiri. Jika tidak tahu, lebih baik berkonsultasi dengan dokter anak atau bidan.

Manfaat Susu SGM dan Kandungannya

Sebenarnya apa saja manfaat susu SGM BBLR untuk si kecil?

Ya, manfaat mengonsumsi susu SGM BBLR untuk bayi yang lahir prematur atau lahir dengan berat badan rendah antara lain:

  • Bayi bisa mendapatkan nutrisi yang diperlukan bayi
  • Untuk menaikkan berat badan bayi lebih cepat
  • Mengoptimalkan fungsi kerja otak
  • Membantu sistem syaraf dan retina si kecil

Susu SGM BBLR antara lain mengandung kalsium, protein, zat besi, vitamin A, E, K, D3, B6 dan B12

Apa Efek Samping Susu SGM BBLR?

Kembali ke perbincangan awal, yakni masalah efek samping susu SGM BBLR. Sampai sekarang belum ada efek samping yang terjadi.

Sebaiknya penggunaan susu SGM BBLR ini berdasarkan petunjuk dokter, bidan atau paramedis yang berkompeten.

Untuk penyiapan susu SGM BBLR untuk si kecil, selalu ikuti petunjuk yang tertera dalam kemasan susu. Baik saat penyiapan, takaran susu, berapa kali si kecil perlu minum susu, dsb.

Peralatan yang Bunda gunakan untuk memberi minum susu juga harus selalu bersih. Bahkan, Bunda sendiri juga harus selalu memperhatikan kebersihan.

Misalnya, saat akan menyiapkan minum susu si kecil, Bunda perlu cuci tangan pakai sabun.

Baca Juga:

Adapun harga susu SGM BBLR antara lain susu berat 200 gr Rp 26.000, berat 400 gr Rp 70.000. Harga susu SGM BBLR Complunutri 400 gr Rp 73.500,

Penutup: Demikian artikel mengenai efek samping susu SGM BBLR untuk bayi prematur. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.