10 Gejala Tipes pada Anak dan Cara Menyembuhkan

Berita 0 Comments

BUN, waspadai gejala tipes pada anak. Sebab, anak sangat rentan dengan penyakit tipes (demam tifoid). Jika si kecil sudah kena tipes, tetapi Bunda terlambat mengetahui dan terlambat mengobati, maka risikonya bisa berat.

Anak bisa menderita komplikasi serius. Komplikasi berkaitan dengan masalah paru-paru dan jantung. Misalnya pneumonia, pleuritis, miokarditis (peradangan otot jantung), dan gagal jantung akut.

Yang lebih parah bisa membuat usus menderita pendarahan dan berlubang (perforasi usus). Yang lebih gawat lagi bisa menyebabkan terjadinya peritonitis yang bisa mengancam jiwa.

Meskipun komplikasi serius ini jarang terjadi, tetapi Bunda tidak boleh mengabaikan. Begitu ada gejala tipes pada anak, orang tua harus segera mengatasinya biar penyakitnya tidak parah.

Baca – Air Susu Beruang Ampuh Mengatasi Penyakit Tipes

10 Gejala Tipes pada Anak yang Bunda Harus Waspadai

gejala sakit tipes pada anak

Pertanyaannya, apa saja gejala tipes pada anak yang perlu Bunda ketahui dan pahami?

Berikut adalah beberapa gejala tipes yang umum terjadi pada anak. Adakalanya tanda tipes pada anak ini muncul bertahap.

Yakni 1 – 3 minggu sesudah tubuh kena infeksi bakteri. Tetapi ada gejala tipes yang terjadi mendadak.

1. Mengalami demam tinggi sampai 40°C

2. Menderita sakit perut, yang kadangkala disertai dengan diare

3. Tubuh merasa lemah, lelah, dan pegal-pegal

4. Menderita sakit kepala

5. Sakit tenggorokan

6. Mengalami sembelit (sulit buang air besar)

7. Nafsu makan turun drastis

8. Terjadi bintik-bintik merah pada kulit, terutama di dada

9. Terjadi pembesaran hati dan limfa

10. Munculnya lapisan di lidah.

Baca – Vaksin Tifoid untuk Mencegah Anak Kena Tipes

Jika Bunda mendapati gejala sakit seperti di atas, segera bawa anak ke dokter atau rumah sakit untuk memastikan apa yang dialami si kecil.

Jika dari hasil pemeriksaan diketahui kondisi sakitnya memerlukan perawatan intensif, maka anak perlu menginap di rumah sakit. Jika kondisinya penyakit masih ringan, Bunda bisa merawarnya di rumah.

Cara Menyembuhkan Penyakit Tipes di Rumah

Pengertian perawatan untuk menyembuhkan penyakit tipes di rumah ada dua jenis. Yakni perawatan untuk tipes yang sebelumnya dirawat di rumah sakit.

Satunya lagi cara menyembuhkan penyakit tipes di rumah untuk penderita tipes dalam klasifikasi ringan sehingga tidak perlu menginap di rumah sakit.

Berikut ini cara menyembuhkan penyakit tipes di rumah sebagaimana diatur dalam peraturan Kementerian Kesehatan tahun 2014.

1. Obat antibiotik

Ini adalah obat yang paling banyak diberikan kepada pasien anak sakit tipes. Baik anak yang diopname atau yang dirawat di rumah.

Baca – Cara Mencegah Penyakit Tipes Suka Kambuh

Manfaat obat antibiotik ini membasmi bakteri Salmonella Typhi atau penyebab gejala tipes pada anak. Antara lain:

Chloramphenicol Chloramphenicol untuk menghambat sintesis protein bakteri penyebab tipes.

Amoxicillin untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab tipes.

Ceftriaxone untuk menghambat pertumbuhan bakteri agar tidak berkembang biak lebih banyak di dalam tubuh.

2. Obat penurun demam

Gejala sakit tipes pada anak yang paling nyata adalah demam tinggi. Anda bisa memberikan obat paracetamol (acetaminophen) untuk menurunkan demamnya. Berikan dosis sesuai anjuran dan saran dokter.

3. Cairan infus atau oralit

Gejala tipes membuat anak mengalami demam dan keringat dingin. Banyak keringat yang keluar bisa membuat anak mengalami dehidrasi atau kekurangan air minum. Ini juga berisiko.

Maka, saat anak diopname di rumah sakit, anak dipasangai infus supaya anak tidak kekurangan cairan. Asupan cairan infus langsung dimasukkan ke pembuluh darah sehingga anak selalu mendapatkan cairan yang cukup.

Selain itu, terkadang dalam cairan infus dimasuki obat antibiotik cair yang berfungsi untuk melawan bakteri penyebab tipes pada anak.

4. Istirahat yang cukup

Penderita tipes merasakan badan lemas, lunglai, dan tidak bertenaga. Maka, penderita harus istirahat total. Bisa beristirahat di rumah atau opname di rumah.

Baca – Penyakit Tipes, Penularan, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Tentu saja, istirahat cukup akan membantu si kecil membuat badannya kembali sehat. Selain itu bisa memaksimalkan daya tahan tubuhnya untuk melawan bakteri Salmonella, penyebab tipes.

5. Penuhi Kebutuhan Gizi

Penyakit tipes sering membuat penderita, khususnya anak, mengalami kurang gizi. Maka, perhatikan makanannya supaya kekurangan gizi bisa teratasi.

Bunda juga bisa menyediakan nasi, roti dan pisang yang bisa mencegah anak merasa mual dan diare. Ketiga makanan itu mudah dicerna sehingga mampu mengatasi rasa mual dam diare.

Mengonsumsi buah juga bagus bagi penderita tipes. Banyak buah dan sayur yang kaya vitamin. Bisa membantu mempercepat pemulihan kesehatan penderita tipes.

Semoga artikel tentang gejala tipes pada anak ini bisa bermanfaat bagi Anda semua.

 

!-- Ads 300x250 -->