Gigi Berlubang Sakit – Bagaimana Cara Mengatasi dengan Cepat?

Herbal, Sakit Gigi 0 Comments

PERNAH mengalami gigi berlubang sakit? Aduh, sakitnya bukan main. Buat duduk sakit. Buat tiduran sakit. Apalagi saat mengonsumsi makanan yang harus dikunyah. Jika makanan menyentuh gigi yang sakit, wah sakitnya bukan main.

Banyak penyebab mengapa gigi berlubang. Kali ini kita akan ketahui bagaimana cara mengatasi gigi berlubang dengan tepat dan cepat. Harapannya, rasa sakit bisa segera teratasi. Makan minum bisa kembali nyaman.

Bahasan berikut mengenai (1) penyebab dan proses terjadinya gigi berlubang, (2) beberapa cara mencegah dan mengatasi gigi berlubang, dan (3) cara mengatasi gigi berlubang secara alami. 

Penyebab dan Proses Terjadinya Gigi Berlubang Sakit 

Umumnya, gigi berlubang tidak menimbulkan rasa sakit. Apalagi bagi mereka yang kurang perhatian pada gigi. Tidak tahu awal mulanya, tahu-tahu gigi sudah berlubang cukup dalam dan luas.

Bahkan, ketika diketahui, kondisi gigi sudah menipis dan tidak lama lagi bisa rapuh dan patah. Sakit gigi berlubang parah. Supaya kejadian seperti itu tidak menimpa Anda, maka Anda perlu selalu memperhatikan kesehatan gigi.

Lakukan perawatan gigi dengan baik dan rutin. Selain menyikat gigi pagi dan malam menjelang tidur, juga menghindari makanan yang bisa menyebabkan sakit gigi.

Penyebab gigi berlubang umumnya karena adanya plak. Yakni, zat warna agak kekuningan yang lengket di bagian gigi bawah. Munculnya dari bawah, lalu melebar ke atas.

Plak bermula dari sisa makanan yang tidak dibersihkan sampai tuntas. Apalagi cara menyikat gigi asal saja. Bakteri atau kuman akan mengubah sisa-sisa makanan itu menjadi asam.

Berkumpulnya bakteri, sisa makanan yang tertinggal, air liur dan asam menjadi satu itulah asal mula munculnya plak. Maka, sebaiknya Anda selalu memperhatikan adanya plak. Jangan sampai plak makin hari makin bertambah tebal.

gigi berlubang sakit

Gigi berlubang akibat adanya asam pada plak. Pada tahap ini, bakteri dalam plak merusak enamel (email) pelindung gigi hingga terjadilah gigi berlubang.

Kian hari, lubang gigi terus bertambah hingga akhirnya terjadi perusakan atau pembusukan gigi sampai ke lapisan dentin (gigi tengah). Jika sampai tahap ini tidak ada pencegahan, maka perusakan akan berlanjut sampai ke inti gigi. Yaitu, jaringan lunak di bawah dentin.

Efeknya terjadilah infeksi dengan rasa nyeri atau rasa sakit. Apalagi ketika kerusakan sampai pada saraf, membuat sakitnya tidak tertahankan. Ya, sakit sekali ditambah rasa linu. Proses perusakan gigi akan terus berlanjut sampai gigi habis dan tinggal akar-akarnya.

Cara Mencegah dan Mengatasi Gigi Berlubang Sakit

Bagaimana cara mengatasi gigi berlubang?

Cara terbaik, begitu ada gigi Anda berlubang, ya Anda segera periksa ke dokter gigi. Nanti dokter akan melakukan langkah-langkah yang diperlukan sesuai dengan tingkat kerusakan gigi (gigi berlubang).

Jika kerusakan masih pada tahap awal yang kecil, maka Anda bisa menggunakan fluoride untuk memulihkan enamel gigi. Fluoride macam-macam. Ada yang cair, busa, jel, atau berupa pernis. Fluorida digosokkan ke gigi selama beberapa menit.

Jika kerusakan sudah melampaui tahap awal, ya akan dilakukan penambalan gigi, pencabutan gigi, dsb. Jadi, tindakan dokter akan disesuaikan dengan kerusakan gigi.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya selalu membersihkan dan merawat gigi sehingga tidak terjadi gigi berlubang. Apalagi masih muda. Anda harus rajin merawat gigi dengan cara:

  1. Selalu menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur malam. Selain itu, cara menyikat gigi harus benar.
  2. Selalu mengonsumsi makanan sehat. Misalnya cemilan yang mengandung serat seperti sayuran dan buah, protein, kalsium dan tidak mengandung gula buatan.
  3. Hindari minuman bersoda, makanan minuman terlalu manis, terlalu asam, dsb.
  4. Hindari makanan yang kandungan asam fitatnya tinggi seperti kacang almond, tahu, kacang buncis, kedelai, dll.
  5. Periksa dokter secara periodik. Misalnya 6 bulan sekali. Tentu dokter akan memberikan obat pereda sakit gigi jika dianggap Anda perlu mengonsumsi obat sakit gigi. Baik untuk mengobati atau mencegahnya.
  6. Anda bisa menggunakan obat herbal. Misalnya ProSagi (mengobati gigi berlubang, gusi bengkak dan sariawan), Super Green Plus SG (obat tetes), Hersagi (obat sakit gigi, gigi berlubang, gusi bengkak, bau mulut), dsb.

Mengatasi Gigi Berlubang secara Alami 

Anda juga bisa mengatasi gigi berlubang sakit dengan cara alami. Caranya dengan memanfaatkan bahan-bahan tradisional tanpa obat.

1. Berkumur dengan Air Garam

Caranya, ambil garam 2 sendok makan dan masukkan ke dalam air hangat dalam gelas. Aduk sampai garamnya larut. Gunakan air garam untuk berkumur setelah Anda menyikat gigi. Tujuannya supaya gigi dan mulut Anda benar-benar bersih dari bakteri yang bisa merusak gigi.

2. Jeruk Lemon Efektif Membasmi Bakteri

Anda juga bisa menggunakan perasan jeruk lemon untuk berkumur tiga kali sehari. Tujuannya untuk mematikan semua bakteri dalam mulut yang bisa membuat gigi berlubang.

Asam dalam lemon mengandung alkali alami yang membuat kadar pH dalam mulut seimbang. Selain itu, jeruk lemon juga antibakteri yang bisa membasmi bakteri perusak gigi.

Caranya, siapkan 1 buah lemon, peras airnya dan masukkan ke dalam segelas berisi air hangat. Gunakan air lemon untuk berkumur sehingga bakteri benar-benar lenyap dari mulut Anda.

3. Berkumur dengan Air Jeruk Nipis

Air perasan jeruk nipis juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi gigi berlubang. Jeruk nipis efektif untuk membasmi bakteri dalam mulut yang bisa merusak gigi.

Caranya, peras 2 buah jeruk nipis. Hasilnya tuangkan ke gelas yang sudah diisi air hangat. Gunakan air jeruk nipis untuk berkumur.

4. Daun Jambu Biji, Dikunyah dan Dibuat Berkumur

Anda juga bisa memanfaatkan daun biji untuk mengatasi gigi berlubang sakit. Daun jambu biji merupakan antibakteri yang efektif menyembuhkan sakit gigi berlubang.

Caranya, ambil daun jambu biji, cuci, lalu Anda kunyah. Atau daun jambu biji direbus dan air rebusan Anda gunakan untuk berkumur.

5. Berkumur dengan Air Perasan Jahe

Jahe juga bagus untuk mengatasi sakit akibat gigi berlubang. Jahe juga mengandung zat antibakteri yang bisa mematikan bakteri dalam mulut.

Caranya, siapkan bahan jahe, kupas kulitnya, cuci bersih, diparut, lalu diperas airnya. Hasilnya Anda gunakan untuk berkumur. Sakit gigi berlubang segera menghilang.

Penutup

Anda sebaiknya memberi perhatian yang besar terhadap kesehatan gigi. Selain sehat, dengan perawatan yang baik, gigi akan tampil menarik. Dengan perawatan yang baik, Anda akan terhindar dari terjadinya gigi berlubang sakit.

Tetapi, jika gigi Anda berlubang ada dua model untuk mengatasi. Cara medis dan cara alami atau tradisional dengan memanfaatkan kekayaan alam. Semoga artikel bermanfaat untuk Anda semua.

!-- Ads 300x250 -->