Gigi Kelinci: Diluruskan, Diamplas atau Dicabut

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

PUNYA gigi kelinci tentu tidak nyaman. Apalagi gigi kelinci tampak besar, bahkan lebih panjang dari gigi lainnya sehingga tidak nyaman saat makan. Pertanyaannya, bagaimana cara merapikannya?

Gigi kelinci adalah dua gigi atas bagian depan yang bentuknya lebih besar dari yang lain. Bahkan, juga lebih panjang daripada gigi lainnya. Maka, gigi yang demikian disebut gigi kelinci karena terlihat seperti gigi milik kelinci (maaf).

Beberapa Artis Cantik Juga Punya Gigi Kelinci

Di dunia medis, mereka yang punya gigi seperti itu  dinamakan punya kondisi gigi makrodontia. Istilah ini menggambarkan anomali bentuk gigi.

Tentu saja, kondisi gigi yang demikian bukan sebagai kelainan yang perlu dikhawatirkan. Hanya sebagai kejadian khusus.

Baca – 9 Cara Merapikan Gigi yang Susunannya Tidak Teratur

Bahkan, ada juga orang berusaha memiliki gigi kelinci sebagai sesuatu yang dianggapnya menarik.

Beberapa artis cantik juga memiliki gigi semacam itu dan mereka bangga dengan giginya itu. Misal Chelsia Olivia, Maudy Ayunda, Pevita Parace, Cinta Laura, Anisa Rahma, Nabilah, Vicky Shu, Agnes Monica, Nikita Willy, dsb.

Mereka tetap cantik dan manis dengan gigi uniknya. Tak percaya? Coba lihat fotonya di bagian bawah dari artikel ini dan perhatikan.

Menurut drg. Yulia Sri Bono Widyastuti, Sp. KGA dari RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan, perbaikan gigi bermasalah seperti itu perlu dicermati kasus per kasus.

Sebaiknya perbaikan dilakukan setelah semua gigi tetap anak tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Jadi, sebaiknya Anda segera hubungi dokter gigi sehingga gigi anak Anda bisa diperiksa dengan seksama dan ditentukan langkah-langkah perbaikannya.

Penyebab Terjadinya Gigi Kelinci

Apa penyebab terjadinya gigi seperti itu?

Belum diketahui pasti apa penyebabnya. Tetapi gigi semacam itu tidak berbahaya. Bahkan, membuat seseorang bisa tersenyum manis dengan giginya itu sehingga tetap dipertahankan seperti dilakukan beberapa artis di atas.

Baca – Empat Cara Tersenyum Menarik dari Gigi Bermasalah

Hanya saja, para ahli menyebutkan adanya faktor-faktor tertentu yang bisa menyebabkan seeorang punya gigi kelinci. Antara lain:

1. Faktor Keturunan

Mutasi genetik juga bisa penyebabkan terjadinya gigi kelinci. Orang tua ada yang punya gigi semacam itu, maka anaknya bisa punya gigi yang sama. Kondisi seperti ini memang sulit ditolak.

3. Ras Tertentu

Penyebab lain adalah akibat ras tertentu. Hasilnya sama dengan akibat faktor genetik. Hanya saja, ini cakupannya lebih luas.

Misal ras Asia, penduduk asli Amerika, penduduk asli Alaska, dsb. Mereka paling mungkin memiliki gigi kelinci dibandingkan dengan ras lain.

4. Jenis Kelamin

Lelaki ditemukan paling umum memiliki gigi makrodontia dibandingkan jumlah perempuan.

gigi kelinci

sejumlah artis dengan dua gigi depan atas yang lebih besar (foto: seruni.id)

Bagaimana Cara Merawat Dua Gigi Depan Atas yang Besar

Setelah melalui pemeriksaan dan tidak ditemukan adanya masalah medis, dokter gigi biasanya menawarkan perawatan untuk estetika (keindahan).

Baca РBiaya Menambal Gigi Depan yang Patah Setengah 

Dokter akan merawat gigi makrodontia agar tampil lebih indah dan menarik. Perawatan meliputi:

1. Meluruskan Gigi Kelinci

Perawatan antara lain berupa usaha meluruskan posisi gigi dengan memperluas rahang. Dengan cara ini, rahang akan menjadi lebih pas di mulut.

Bisa menggunakan kawat gigi atau retainer untuk membantu merapikan gigi yang bengkok atau tidak lurus.

Rahang menjadi lebih lebar dan gigi lebih rapi dan lurus. Perbaikan ini bisa memberikan ruang yang lebih luas bagi semua gigi dan mengurangi gigi yang berdesakan.

Dengan cara ini, gigi kelinci bisa tampak lebih kecil. Perawatan seperti ini bisa dilakukan oleh seorang ortodontis. Dokter gigi Anda yang akan merujukkan Anda ke ortodontis tertentu.

2. Mengamplas Lapisan Luar Gigi

Cara lain dilakukan dengan metode teeth shaving. Yakni, menghilangkan sebagian lapisan luar gigi dengan cara gigi diamplas menggunakan alat tertentu. Dengan cara ini, gigi akan tampak lebih kecil.

Tentu saja, dalam hal ini gigi makrodontia bisa dihilangkan. Tetapi jika gigi Anda lemah, prosedur ini tidak disarankan. Sebab, cara ini bisa merusak bagian dalam gigi.

Baca – Wajah Lebih Menarik Setelah Mengenakan Behel Gigi

Bahkan, kerusakannya bisa permanen dan menyebabkan rasa sakit terus menerus.

3. Diganti dengan Gigi Palsu Ukuran Normal

Cara yang termudah adalah gigi bermasalah dicabut dan diganti dengan gigi palsu. Tentu saja, gigi palsu berukuran normal sehingga terlihat lebih bagus dan rapi.

Anda pilih yang mana? Ya, silakan berkonsultasi dengan dokter gigi, termasuk biayanya.

Demikian artikel mengenai gigi kelinci dan cara memperbaikinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.