Gigi Tonggos Parah dan Cara Mengatasinya

Sakit Gigi 0 Comments

GIGI tonggos parah. Gigi tonggos memang tidak sama untuk semua orang. Ada yang tonggosnya sedikit, sedang dan ada yang parah. Gigi tonggos adalah gigi atas yang posisinya menjorok keluar.

Jika dalam kondisi menutup mulut, jarak antara gigi atas dan bawah agak jauh. Terkadang, bibir atas tidak bisa menutup seluruh gigi karena menjoroknya ke depan agak parah.

Ada kalanya gigi tonggos (maloklusi) terjadi akibat rahang atas lebih besar daripada rahang bawah. Atau lebih besar dari ukuran rahang yang normal.

Penyebab Gigi Tonggos Parah – Kebiasaan Buruk Anak

Apa saja penyebab gigi tonggos parah?

Penyebab gigi tonggos parah, kebanyakan akibat faktor genetik. Yakni akibat keturunan di mana orang tuanya juga punya gigi tonggos.

Gen orang tua punya gigi tonggos ini bisa menyebabkan anaknya juga punya gigi tonggos. Gen mempengaruhi bentuk dan ukuran rahang yang akhirnya tumbuh gigi tonggos.

gigi tonggos parah

(foto:lifestyle.okezone.com)

Penyebab lain dari gigi tonggos adalah kebiasaan waktu kecil. Misalnya sering menghisap jari atau menggunakan botol dot untuk minum sampai usia 3 tahun lebih. Atau menghisap bibir atau menggigit bibir, menjulurkan lidah, atau bernapas melalui mulut.

Oleh karena itu, hindarkan anak dari kebiasaan yang bisa membuat anak punya gigi tonggos.
Gigi yang hilang atau tidak tumbuh dengan normal juga bisa mengakibatkan gigi tonggos.

Demikian pula pertumbuhan tulang dan jumlah gigi yang tumbuh abnormal juga bisa menyebabkan masalah gigi tonggos.

 Pengaruh Buruh Gigi Tonggos pada Kesehatan Tubuh

Tidak hanya menyebabkan tampilan seseorang terganggu dan tidak bisa tampil nyaman, gigi tonggos juga bisa mengganggu kesehatan.

Misalnya pencernaan harus bekerja keras untuk mengolah makanan yang dikonsumsi. Dengan gigi tonggos, seseorang sulit bisa mengunyah makanan menjadi lembut atau sempurna.

Gigi tonggos juga mudah mengalami pembusukan atau kerusakan. Bahkan kemungkinan pemilik gigi tonggos mengalami gangguan bicara. Dalam arti, dia tidak lancar dalam berbicara.

Apalagi, ada sebagian orang memandang sebelah mata terhadap pemilik gigi tonggos. Kondisi ini bisa membuat pemilik gigi tonggos menjadi stress, rendah diri, dsb. Maka, sebaiknya gigi tonggos segera diatasi sehingga tidak berkembang menjadi lebih parah.

Selain itu, orang tua harus mencegah si kecil untuk melakukan kebiasaan-kebiasan buruk yang bisa membuat tumbuhnya gigi tonggos.

Penanganan Gigi Tonggos Parah

Apabila anak Anda terlihat giginya tumbuh seperti tidak normal, misalnya akan tumbuh gigi tonggos, maka jangan didiamkan. Cek kebiasaan apa yang dilakukan anak Anda dan suruh menghentikan kebiasaan buruk itu.

Selain itu, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan atau saran apa yang harus dilakukan oleh anak dan juga Anda.

Umumnya orang datang ke dokter ketika giginya sudah menjadi gigi tonggos parah. Artinya, waktu pemeriksaan kondisi gigi tonggos sudah parah. Tentu saja, kondisi ini membuat penanganannya lebih sulit dibandingkan waktu tonggos belum parah.

Beberapa tindakan umum yang bisa dilakukan terhadap penderita gigi tonggos adalah:

1. Memakai Kawat Gigi (Behel)

Mengenakan kawat gigi bisa menjadi salah satu cara mengatasi gigi tonggos. Cara ini paling banyak dilakukan oleh penderita gigi tonggos.

Biasanya, dalam hal ini harus ada gigi yang dicabut untuk menghindari susunan gigi yang tidak rapi. Atau memberi ruang pada rahang, terutama jika gigi tonggos akibat letak gigi yang tidak beraturan dan penuh sesak.

Keuntungan menggunakan kawat gigi adalah praktis. Anda tidak perlu sering memasang dan melepaskan behel. Kekurangannya, uasaha membersihkan sedikit sulit.

Anda perlu tahu cara merawat gigi yang sedang menggunakan behel. Penggunaan behel berlangsung lama. Bahkan sampai tahunan.

Maka, selalu percaya diri meski menggunakan behel. Jangan merasa rendah diri, selalu rajin membersihkan gigi, dsb.

Anda juga bisa melakukan pengunduran gigi tonggos. Cara ini juga memerlukan waktu agak lama. Maka, yang terbaik lakukan perbaikan sewaktu gigi tonggos belum parah.

2. Operasi Monifikasi Rahang

Anda bisa melakukan operasi modifikasi rahang. Cara ini bisa membuat kondisi gigi tonggos akan lebih rapi dan tampak normal.

Tetapi cara ini jarang dipilih. Yang terbanyak, ya pakai kawat gigi (behel).

Operasi modikasi rahang hanya untuk orang dewasa. Selain itu, harus dilakukan melalui beberapa prosedur. Cara ini memang hanya dilakukan untuk kasus tertentu yang membutuhkan operasi.

3. Buat Gigi Anda Putih Bersih

Ini adalah saran khusus untuk pemilik gigi tonggos. Lakukan saran ini agar Anda bisa tampil maksimal. Gigi tonggos bukan halangan bagi Anda tampil maksimal dalam bidang apa pun dan kondisi mana pun.

Gigi tonggos jangan membuat malas membersihkan gigi. Tetapi selalu memelihara kebersihan dan kesehatan gigi. Dengan gigi yang bersih, sehat dan putih, Anda bisa tampil percaya diri tanpa hambatan apa pun.

Gigi bersih, sehat dan putih juga akan membuat Anda bebas dari berbagai gangguan kesehatan mulut dan gigi. Termasuk bebas dari kemungkinan sakit sariawan, gusi berdarah, dan sakit gigi.

Anda sebaiknya tidak selalu fokus pada masalah gigi. Tetapi, tampilkan diri Anda yang punya nilai plus, termasuk berbagai prestasi yang Anda miliki. Atur cara senyum khusus untuk gigi tonggos. 

Penutup

Gigi memang merupakan salah satu organ yang sangat penting. Tidak hanya berkaitan dengan fungsinya, tetapi gigi juga merupakan aksesoris yang sering menjadi perhatian dari orang lain.

Maka, upaya mengatasi gigi tonggos juga harus mendapatkan perhatian yang besar sejak anak-anak. Beberapa perilaku anak perlu mendapat perhatian. Perilaku buruk bisa menyebabkan terjadinya gigi tonggos parah harus selalu dicegah.

 

 

!-- Ads 300x250 -->