Gigi Tonggos, Penyebab dan Cara Marapikannya Secara Alami

Sakit Gigi , , 0 Comments

SIAPA PUN tidak ingin punya gigi tonggos. Yakni, gigi atas yang menjorok ke depan sehingga terkadang bibir tidak bisa menutupinya. Punya gigi semacam ini tentu tidak nyaman. Selain itu, juga mengganggu penampilan.

Apalagi di masa sekarang, zaman kemajuan. Punya gigi tonggos bisa dinilai tidak modern karena tidak merawat giginya dengan baik. Maka, gigi yang seperti itu harus diatasi supaya menjadi rapi dan sehat.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengatasi atau merapikan gigi tonggos? Apa penyebab gigi tumbuh seperti itu? Bisakah masalah gigi ini diatasi dan apa saja yang harus dilakukan sehingga menjadi rapi dan indah?

Pengertian dan Penyebab Terjadinya Gigi Tonggos

Gigi tonggos (maloklusi) adalah gigi atas yang tumbuh agak maju dari posisi yang seharusnya, terutama ujung gigi.

Banyak penyebab mengapa bisa tumbuh gigi seperti itu. Penyebab gigi tonggos dimulai ketika anak usia balita.

Pertama: akibat anak usia lebih dari 4 tahun suka menghisap jempol. Maka, jika bapak ibu melihat anak kecilnya menghisap jempol atau memasukkan jari jempolnya ke mulut harus dicegah.

Sebaiknya, cara itu jangan diulangi. Sebab, cara itu bisa membuat gigi depan atas menjorok keluar.

Kedua: anak masih menggunakan dot saat minum susu ketika dia sudah berusia lebih dari 2,5 tahun juga bisa menjadi penyebab gigi tonggos.

Terlalu lama minum pakai dot bisa mengubah posisi gigi lebih maju. Demikian pula untuk rahang, bisa berubah arahnya.

Solusinya, setelah anak berusia 2,5 tahun hendaknya mulai dibiasakan minum dengan cangkir atau gelas. Bukan menggunakan botol dot.

gigi tonggos

gigi yang menjorok ke depan (foto:hiburanbabe.com)

Biasanya, pada gigi tonggos, ukuran rahang atas lebih besar daripada rahang bawah (normal). Atau rahang atas normal tetapi rahang bawah lebih kecil (tidak normal).

Perhatian orang tua terhadap pertumbuhan dan perawatan gigi anaknya sangat diperlukan. Jika sejak balita selalu mendapatkan perawatan dengan baik, maka giginya bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Tidak muncul gigi yang pertumbuhannya tidak rapi seperti gigi atas depan lebih maju.

Jika toh muncul gigi depan atas yang menjorok keluar akibat lain di luar dua penyebab di atas, misalnya karena keturunan, maka gigi bisa dirapikan dengan cepat. Sebab, Anda belum terlambat.

Cara merapikan gigi semacam itu bisa dilakukan dengan mudah dan cepat karena usia gigi anak masih muda.

Cara Merapikan Gigi yang Menjorok ke Depan secara Alami

Sebenarnya banyak cara merapikan gigi tonggos bisa dipilih. Yang sangat terkenal adalah dengan menggunakan kawat gigi (behel). Ya, seperti merapikan gigi yang tidak teratur atau gigi gingsul.

Cuma, cara merapikan gigi tonggos membutuhkan biaya mahal. Dari Rp 3 juta sampai Rp 16 juta. Tergantung bahan behel dan bentuk pelayanan.

Jika Anda punya dana cukup, cara merapikan gigi dengan kawat gigi lebih aman dan bisa dipertanggungjawabkan secara medis.

Tetapi, cara lain seperti merapikan gigi tonggos secara alami juga bisa dilakukan. Terutama jika Anda tidak punya dana cukup untuk memasang behel tetapi ingin gigi Anda menjadi rapi.

1. Menggunakan Lidah

Anda bisa merapikan gigi secara alami dengan menekan gigi atas yang posisinya menjorok keluar. Caranya, ya, Anda bisa melatih lidah untuk menekan gigi supaya berada pada posisi yang tepat sehingga gigi menjadi rapi.

Lakukan cara ini setiap hari ketika Anda punya waktu luang. Cara ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Diperlukan kesabaran untuk melakukan cara ini sampai berhasil.

Tidak ada biaya yang harus dikeluarkan. Benar-benar cara merapikan gigi secara alami.

2. Menggunakan Gigi Bawah

Gigi bawah juga bisa Anda gunakan untuk merapikan gigi atas yang lebih maju ke depan dengan mudah dan cepat. Jika agak sulit, ya coba latih sedikit demi sedikit. Nanti kan bisa. Mendorong gigi atas ke dalam dengan menggunakan lidah.

3. Tekan Gigi dengan Jari Tangan

Ini juga cara merapikan gigi tonggos secara alami yang sangat mudah dilakukan. Dorong gigi yang menjorok keluar Anda ke dalam dengan jari tangan. Tidak menyentuh gigi.

Cukup menekan bibir yang bersentuhan dengan gigi tonggos. Anda bisa melakukan cara ini kapan saja dan berulang-ulang sampai gigi rapi.

4. Menggunakan Bibir

Anda juga bisa menggunakan bibir untuk menekan atau merapikan gigi ke arah dalam. Caranya, ya katupkan bibir dan tarik biar bisa menekan gigi yang tonggos.

5. Menggunakan Sendok Kayu

Banyak juga orang yang sukses merapikan gigi secara alami dengan menggunakan sendok kayu. Anda bisa beli sendok kayu di swalayan. Harganya murah. Panaskan sendok dengan memasukkan ke air hangat atau dimasukkan ke nasi yang masih hangat.

Gunakan sendok kayu untuk meluruskan gigi yang tonggos, termasuk gigi yang renggang. Tetapi, perlahan-lahan dan jangan terlalu panas.

6. Menggunakan Buah yang Agak Padat

Cara merapikan gigi tonggos secara alami bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi buah yang agak padat. Caranya, buah pilihan dikupas dan dibersihkan dengan air, lalu dikonsumsi. Misalnya buah pir, jambu batu, apel atau lainnya.

Gigit buah perlahan sambil gigi yang tonggos ditekan agar mundur ke belakang. Lakukan berulang-ulang sampai sukses. Itulah beberapa cara merapikan gigi atas yang menjorok ke depan secara alami. Mudah sekali kann…??

Penutup

Demikian artikel mengenai gigi tonggos, penyebab dan cara merapikannya secara alami. Yang perlu dipahami bahwa cara merapikan gigi atas yang menjorok ke depan tanpa behel ini akan berlangsung lama.

Tetapi banyak orang yang rajin melakukan cara itu bisa berhasil. Jadi, perlu ketekunan dan kesabaran.

Jangankan cara merapikan gigi secara alami. Merapikan gigi menggunakan behel juga memakan waktu lama. Bahkan sampai 2 tahun. Padahal biayanya tinggi.

Semoga gigi Anda selalu sehat, tumbuh rapi dan menarik. Tidak ada gigi tonggos, tidak ada gigi gingsul, dsb.

!-- Ads 300x250 -->