Gigi Tonggos, Penyebab dan Cara Marapikannya Secara Alami

Sakit Gigi , ratnasilvi 0 Comments

SIAPA PUN tidak ingin punya gigi tonggos. Yakni, gigi atas yang menjorok ke depan sehingga terkadang bibir tidak bisa menutupinya. Punya gigi semacam ini tentu tidak nyaman. Selain itu, juga mengganggu penampilan.

Apalagi di masa sekarang, zaman kemajuan. Punya gigi tonggos bisa dinilai tidak modern karena tidak merawat giginya dengan baik. Maka, gigi yang seperti itu harus diatasi supaya menjadi rapi dan sehat.

Gigi dikatakan tonggos, menurut dokter gigi Dwi Anie Lestari, Pengurus Ikatan Orthodontis Indonesia (IKORTI) Komda Jaya, Jakarta adalah dengan melihat simetri dari hidung sampai dagu.

Caranya, letakkan jari telunjuk Anda di titik puncak hidung bagian bawah. Lalu, luruskan jari menurun ke arah dagu (persis seperti saat sedang memberi isyarat agar tak berisik). Jari Anda pasti akan melewati mulut. Perhatikan seberapa banyak bagian bibir Anda yang tertekan jari.

Jika bibir yang tertekan sedikit, itu tanda gigi Anda normal. Tetapi jika Anda harus menekan bibir banyak, supaya jari Anda bisa menyentuh hidung dan dagu, maka itu pertanda gigi Anda tonggos.

“Banyak orang Indonesia yang salah memahami gigi tonggos. Jangan membandingkan dengan orang Barat. Cara mengukurnya harus beda. Sebab, orang Barat hidungnya mancung. Ini membuat cara pengukuran beda.

Pertanyaannya, jika sudah diketahui ketonggosannya, bagaimana cara merapikan gigi tonggos? Apa penyebab gigi tumbuh seperti itu?

Bisakah masalah gigi tonggos diatasi dan apa saja yang harus dilakukan sehingga menjadi gigi rapi dan indah?

Pengertian dan Penyebab Terjadinya Gigi Tonggos

gigi tonggos

gigi menjorok ke depan (foto:hiburanbabe.com)

Gigi tonggos (maloklusi) adalah gigi atas yang tumbuh agak maju dari posisi yang seharusnya, terutama ujung gigi.

Untuk gigi normal, jarak antar gigi depan bawah dan gigi depan atas adalah 2 mm. Jika jaraknya lebih dari 2 mm, maka dinamakan gigi tonggos.

Selain itu, mengutip hello.com, gigi bisa dikatakan tonggos jika:

  • Ukuran rahang atas lebih besar dari normal, namun ukuran rahang bawah normal
  • Ukuran rahang atas normal, namun ukuran rahang bawah lebih kecil dari normal
  • Ukuran rahang atas lebih besar dari normal
  • Ukuran rahang bawah lebih kecil dari normal

Banyak penyebab mengapa bisa tumbuh gigi bermasalah seperti itu. Penyebabnya bisa dimulai ketika anak usia balita.

Pertama: akibat anak usia lebih dari 4 tahun suka menghisap jempol. Maka, jika bapak ibu melihat anak kecilnya menghisap jempol atau memasukkan jari jempolnya ke mulut harus dicegah.

Sebaiknya, cara itu jangan diulangi. Sebab, cara itu bisa membuat gigi depan atas menjorok keluar.

Kedua: anak masih menggunakan dot saat minum susu ketika dia sudah berusia lebih dari 2,5 tahun juga bisa menjadi penyebab gigi tonggos.

Baca – Harga Tambal Gigi Depan Yang Patah Setengah

Terlalu lama minum pakai dot bisa mengubah posisi gigi lebih maju. Demikian pula untuk rahang, bisa berubah arahnya.

Solusinya, setelah anak berusia 2,5 tahun hendaknya mulai dibiasakan minum dengan memakai cangkir atau gelas. Bukan menggunakan botol dot.

Biasanya, pada gigi tonggos, ukuran rahang atas lebih besar daripada rahang bawah (normal). Atau rahang atas normal tetapi rahang bawah lebih kecil (tidak normal).

Perhatian orang tua terhadap pertumbuhan dan perawatan gigi anaknya sangat diperlukan. Jika sejak balita selalu mendapatkan perawatan dengan baik, maka giginya bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Tidak muncul gigi yang pertumbuhannya tidak rapi seperti gigi atas depan lebih maju.

Ketiga: faktor keturunan (genetika). Orang tuanya ada yang punya gigi tonggos, maka bisa pula anaknya punya gigi tonggos. Ini memang sulit dihindari.

Yang bisa dilakukan orang tua adalah merapikannya. Sebaiknya perbaikan dilakukan sejak dini. Bisa konsultasi dengan dokter gigi.

Keempat: punya gigi ompong. Jika anak Anda memiliki gigi yang tanggal sehingga ompong, sebaiknya gigi ompong bisa diganti dengan gigi tiruan atau gigi palsu.

Jika gigi ompong tidak diganti, maka gigi sebelahnya bisa bergeser. Pergeseran bisa menyebabkan susunan gigi tidak rapi, bahkan bisa berantakan. Ini membuat kemungkinan terjadi gigi tonggos.

Kelima: didorong oleh lidah. Punya kebiasaan lidah mendorong-dorong gigi juga bisa menyebabkan terjadinya gigi tonggos. Kebiasaan lidah mendorong gigi biasanya tanpa disadari. Jika kebiasaan itu dibiarkan terus berlangsung, maka gigi bisa menjadi tonggos.

Cara Merapikan Gigi Tonggos secara Alami dan Cepat

Sebenarnya banyak cara merapikan gigi tonggos bisa dipilih. Yang sangat terkenal adalah dengan menggunakan kawat gigi (behel). Ya, seperti merapikan gigi yang tidak teratur atau gigi gingsul.

Cuma, cara merapikan gigi tonggos dengan behel membutuhkan biaya mahal. Dari Rp 3 juta sampai Rp 16 juta. Tergantung bahan behel dan bentuk pelayanan.

Jika Anda punya dana cukup, cara merapikan gigi dengan kawat gigi lebih aman dan bisa dipertanggungjawabkan secara medis.

Tetapi, cara merapikan gigi tonggos secara alami juga bisa Anda lakukan. Terutama jika Anda tidak punya dana cukup untuk memasang behel tetapi ingin gigi Anda menjadi rapi.

1. Menggunakan Lidah

Anak bisa melakukan cara merapikan gigi tonggos secara alami dan cepat tanpa bantuan orang lain. Yakni, dengan menekan gigi atas yang posisinya menjorok keluar.

Caranya, ya, anak bisa melatih lidah untuk menekan gigi supaya berada pada posisi yang tepat sehingga gigi menjadi rapi.

Suruh anak melakukan cara ini setiap hari ketika punya waktu luang. Cara merapikan gigi secara alami ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Diperlukan kesabaran untuk melakukan cara ini sampai berhasil.

Baca Juga: Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Berlubang

Tidak ada biaya yang harus dikeluarkan. Benar-benar cara merapikan gigi secara alami. Jika kondisinya belum berat, cara merapikan gigi secara alami bisa berlangsung cepat.

2. Menggunakan Gigi Bawah

Gigi bawah juga bisa digunakan untuk merapikan gigi atas yang lebih maju ke depan dengan mudah dan cepat. Jika agak sulit, ya coba latih sedikit demi sedikit. Nanti kan bisa. Mendorong gigi atas ke dalam dengan menggunakan lidah.

3. Tekan Gigi dengan Jari Tangan

Ini juga cara merapikan gigi tonggos secara alami yang sangat mudah dilakukan. Dorong gigi yang menjorok keluar dengan jari tangan agar posisi gigi masuk ke dalam.Tetapi, tangan Anda jangan  menyentuh gigi.

Cukup menekan bibir yang bersentuhan dengan gigi tonggos. Anda bisa melakukan cara ini kapan saja dan berulang-ulang sampai gigi rapi.

4. Menggunakan Bibir

Anda juga bisa menggunakan bibir untuk menekan atau merapikan gigi ke arah dalam. Caranya, ya katupkan bibir dan tarik biar bisa menekan gigi yang tonggos.

5. Menggunakan Sendok Kayu

Banyak juga orang yang sukses merapikan gigi secara alami dan cepat bisa dilakukan dengan menggunakan sendok kayu. Anda bisa beli sendok kayu di swalayan. Harganya murah. Panaskan sendok kayu dengan memasukkan ke air hangat atau dimasukkan ke nasi yang masih hangat.

Gunakan sendok kayu untuk meluruskan gigi yang bermasalah, termasuk gigi yang renggang. Tetapi, perlahan-lahan dan jangan terlalu panas.

6. Menggunakan Buah yang Agak Padat

Cara merapikan gigi bermasalah karena gigi depan atas menjorok ke depan secara alami bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi buah yang agak padat. Caranya, buah pilihan dikupas dan dibersihkan dengan air, lalu dikonsumsi. Misalnya buah pir, jambu batu, apel atau lainnya.

Gigit buah perlahan sambil gigi yang bermasalah ditekan agar mundur ke belakang. Lakukan berulang-ulang sampai sukses. Itulah beberapa cara merapikan gigi atas yang menjorok ke depan secara alami. Mudah sekali kann…??

Jika Anda Punya Dana Cukup…

Jika Anda punya dana cukup, Anda bisa memperbaiki gigi tonggos atau posisi tonggos dengan cepat. Tentu saja, caranya dengan menggunakan peralatan khusus, bahkan dengan pengawasan dokter. Ada beberapa cara bisa Anda pilih untuk merapikan gigi atas yang menjorok keluar.

Misalnya menggunakan kawat gigi atau behel. Cara ini cukup populer, meski dibutuhkan dana dan waktu. Waktunya bisa satu setengah tahun sampai tiga tahun.

Atau pakai teeth trainer. Alat ini juga bisa melatih gigi untuk lurus ke bawah atau mundur ke belakang. Tiap hari menggunakan alat ini sekitar 20 jam. Alat bisa dibeli di toko online.

Pilihan lain untuk merapikan gigi tonggos dengan cepat adalah veneer gigi. Ini akan membuat gigi benar-benar menjadi putih dan rapi. Banyak artis dan selebritas yang memilih cara ini. Meskipun harga pemasangan gigi veneer paling mahal. Bisa sampai puluhan juta rupiah. Pemasangnya harus dokter gigi ahli.

Baca – Wajah Lebih Cantik /Ganteng Setelah Pakai Behel

Bisa pula dilakukan recountouring. Tetapi mengundurkan gigi yang maju bisa pakai cara ini jika giginya hanya beberapa saja. Jika banyak tidak bisa. Nanti dokter yang akan menentukan bisa tidaknya pakai cara ini.

Penutup

Demikian artikel mengenai gigi tonggos, penyebab dan cara merapikannya secara alami. Yang perlu dipahami bahwa cara merapikan gigi atas yang menjorok ke depan tanpa behel ini akan berlangsung lama.

Tetapi banyak orang yang rajin melakukan cara itu bisa berhasil. Jadi, perlu ketekunan dan kesabaran.

Jangankan cara merapikan gigi secara alami. Merapikan gigi menggunakan behel juga memakan waktu lama. Bahkan sampai 2 – 3 tahun. Padahal biayanya tinggi.

Semoga gigi Anda selalu sehat, tumbuh rapi dan menarik. Tidak ada gigi yang bentknya tonggos, tidak ada gigi gingsul, dsb.