Gigi Tonggos Setelah Memakai Behel

Sakit Gigi 0 Comments

BAGAIMANA kondisi gigi tonggos setelah memakai behel? Benarkah gigi tonggos bisa menjadi normal setelah mengenakan behel? Berapa biaya pasang behel?

Itulah beberapa pertanyaan dari penyandang gigi tonggos. Yakni, gigi atas yang posisinya menjorok ke depan. Terkadang bibir atas tidak mampu menutup seluruh gigi karena tonggosnya tergolong kronis.

Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi gigi seperti itu. Dengan memasang behel (kawat), gigi tonggos bisa diluruskan sehingga tampak rapi dan indah.

Selain mengenakan kawat behel gigi, Anda harus berkunjung ke dokter gigi spesialis ortodontik, dan bisa kerja sama dengan dokter yang merawat Anda. Ini kunci sukses merapikan gigi tonggos.

Tidak hanya untuk gigi tonggos, behel juga bisa mengatasi gigi berantakan, gigi tidak beraturan, gigi gingsul, nyameh atau gigi bawah lebih maju daripada gigi atas.

Gigi tonggos atau maloklusi adalah hubungan tidak normal antara lengkung gigi atas dan bawah ketika rahang dalam keadaan tertutup. Saat mulut tertutup, jarak antara posisi gigi bawah dan atas agak jauh.

Gigi Tonggos Setelah Memakai Behel
(foto:uangteman.com)

Gigi Tonggos Setelah Memakai Behel dan Perawatannya

Banyak orang yang giginya tongos, gingsul atau berupa gigi taring, dengan mengenakan behel, giginya bisa ditata atau diposisikan sehingga bisa tampak normal dan rapi.

Demikian orang yang semula giginya berantakan dan tidak beraturan. Setelah mengenakan kawat (behel) gigi, maka giginya bisa menjadi rapi dan tampak cantik.

Gigi berantakan juga bisa diatasi dengan mengenakan behel gigi. Gigi depan menjadi tampak rapi dan senyumnya manis setelah mengenakan behel.

Tentu saja, kondisi menggembirakan bagi penyandang gigi bermasalah seperti digambarkan di atas tidak bisa dicapai dalam waktu singkat. Setidaknya dibutuhkan waktu 3 tahun dengan mengenakan behel. Waktu yang tidak pendek.

Selain itu, perlu kerja sama yang baik antara dokter dan pasien. Banyak orang gagal memperbaiki tata letak giginya karena tidak memenuhi semua saran dokter. Mereka hanya memenuhi sebagian dan tidak meneruskan apa yang seharusnya untuk mempercantik giginya.

Meskipun teknologi behel gigi sudah sangat maju, tetapi kalau pemasangan behel dan perawatan gigi tidak dilakukan dengan optimal, ya hasilnya tidak bisa maksimal.

Misalnya, Anda pasang behel gigi bukan pada dokter yang ahli di bidangnya. Hasilnya jelas tidak bisa diharapkan maksimal. Maka, hati-hati memilih tempat pemasangan behel. Pilih dokter gigi spesialis ortodontik terdekat.

Selain itu, pasien hendaknya selalu mematuhi saran dokter. Selalu rajin mengenakan behel dan merawatnya dengan baik.

Perlu Ada Pencabutan Gigi untuk Merapikan Gigi Tonggos

Seorang pasien bertanya apakah perlu ada gigi yang dicabut berkaitan dengan pemasangan behel? Ya, itu tergantung pada kondisi gigi. Semua ada prosedur dan standar operasionalnya.

Kalau diperkirakan setelah dilakukan pemasangan behel akan ada gigi yang saling berdesakan, maka diperlukan pencabutan gigi. Gigi yang harus dicabut bisa lebih dari satu.

Dengan pencabutan gigi, ruang untuk semua gigi cukup longgar. Cara lain adalah dengan pengasahan gigi (slicing).

Risiko Memasang Behel Gigi

Ada risiko yang perlu diperhatikan sebelum pemasangan behel gigi. Dengan mengetahui risiko ini, Anda bisa lebih siap untuk melakukan pemasangan behel gigi, yaitu:

1. Rasa nyeri. Pada awal pemasangan behel, Anda akan merasa sakit dan nyeri. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Biasanya dokter membekali obat anti nyeri. Atau jika dokter tak memberi obat penangkal rasa nyeri, Anda bisa bertanya pada dokter.

2. Perlu waktu lama. Pemasangan behel gigi biasanya memerlukan waktu lama. Ada yang sampai 2 – 3 tahun. Semua tergantung pada kondisi gigi masing-masing pasien.

Baca – Cara Merapikan Gigi Tonggos Secara Alami dan Cepat

3. Jangan pindah dokter. Anda sebaiknya tidak ganti dokter sebelum pemakaian behel membuahkan hasil seperti yang Anda inginkan. Termasuk biaya perawatan. Pindah dokter, biaya perawatan bisa lebih tinggi jika Anda pindah dokter.

Demikian artikel mengenai Gigi Tonggos Setelah Memakai Behel. Supaya pemasangan behel bisa mencapai hasil yang maksimal seperti gigi tonggos bisa teratasi, naja Abda perlu sabar, tekun dalam upaya menyembuhkan sakit, dsb.

 

!-- Ads 300x250 -->