Gusi Belakang Bengkak dan Sakit Saat Menelan, Solusinya?

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

GUSI belakang bengkak dan sakit menelan. Jika Anda mengalami kondisi seperti itu, tentu Anda akan merasa sangat tersiksa. Apalagi gusi bengkak juga membuat Anda sulit untuk makan / menelan sesuatu makanan.

Uh, rasa sakitnya seperti tidak tertahankan. Inginnya segera bisa mendapatkan pengobatan dan rasa sakit bisa mereda atau sembuh total.

Gusi belakang atau gusi ke-28 saat tumbuh memang sering bermasalah. Misalnya gusi bengkak dan nyeri yang hebat. Apalagi disertai munculnya nanah di bawah gusi atau gigi, bau tidak sedap, dan rasa tidak enak di dalam mulut.

Menurut dr Natasha Alexander, gusi belakang tumbuh paling akhir. Yakni, tumbuh ketika Anda berusia belasan tahun hingga menjelang usia 20 tahun.

Saat tumbuh, gigi sering dalam posisi tidak benar. Misalnya tumbuh dalam kondisi seperti tiduran atau mendorong gigi geraham di depannya.

Baca – Cara Jitu dan Sukses Memperbaiki Gigi Tonggos

Selain mengakibatkan rasa nyeri akibat gusi bengkak, terkadang juga menyebabkan banyak plak yang akhirnya bisa membuat gigi bolong atau berlubang.

Hindari Efek Buruk dari Gusi Belakang Bengkak dan Sakit Menelan

gusi belakang bengkak dan sakit menelan

Pertanyaannya, langkah apa yang harus Anda lakukan dengan terjadinya gusi bengkak, merah, dan sakit luar biasa?

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dengan munculnya gigi baru. Yakni, apakah gigi bungsu tumbuh rapi atau miring dan mendorong gigi di depannya.

Jika gusi tumbuh bengkak dan mengganggu gigi lain seperti mendorong gigi di depannya, tentu saja kondisi ini harus diperhatikan dan ditangani biar tidak berefek buruk untuk kesehatan.

Baca – Berapa Biaya Pemasangan Gigi Palsu Via Dokter

Misalnya jangan sampai terjadi banyak sisa makanan yang menyelip di sela-sela gigi. Kondisi ini bisa berakibat terjadinya gigi berlubang atau bolong akibat banyaknya bakteri.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak dan Nyeri

Bagaimana cara mengatasi gusi bengkak dan mengakibatkan sakit tenggorokan dan sulit untuk menelan makanan?

Ada beberapa langkah solusi yang bisa Anda lakukan. Antara lain:

1. Silakan minum obat anti nyeri seperti paracetamol

2. Anda bisa mengompres pipi yang sakit dengan air hangat

3. Cobalah Kumur dengan air hangat

Ada beberapa penyebab gusi bengkak yang perlu Anda ketahui. Jika Anda bisa menghindari penyebab gusi bengkak, maka Anda tidak akan mengalami gusi bengkak.

Penyebab gusi bengkak antara lain:

1. Karena ada abses pada gusi. Yakni di bawah gusi ada nanah sebagai akibat dari infeksi gigi yang menyebar ke jaringan di sekitarnya.

2. Adanya kista pada gusi

3. Radang gusi atau ginggivitis

4. Kurang konsumsi vitamin C

5. Adanya tumor

Baca – Mengundurkan Rahang Gigi Yang Maju Biar Gigi Rapi

Cara Menghindari Terjadinya Sakit Gusi Bengkak

Yang terbaik untuk menghindari terjadinya gusi belakang bengkak dan sulit menelan adalah selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Lakukan gosok gigi 2 kali sehari, yakni sesudah sarapan pagi dan menjelang tidur. Selalu menjaga kebersihan gigi seperti akan membuat gusi dan gigi bebas bakteri penyebab sakit gigi.

Anda juga harus mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi. Sebaliknya, perbanyak minum air putih.

Jika gigi bungsu tumbuh dengan posisi yang tidak normal, maka segera berkonsultasi dengan dokter gigi. Dokter akan melakukan pemeriksaan lengkap atas gigi Anda sehingga diketahui kondisi yng sebenarnya dan diambil langkah-langkah yang untuk mengatasinya.

Baik dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Misalnya dengan melakukan foto rontgen. Dengan cara ini, bisa ditentukan cara penyembuhan atau terapi yang tepat dan tuntas.

Penyebab Lain dari Gusi Bengkak

Sesungguhnya penyebab gusi bengkak ada beberapa. Bukan hanya akibat tumbuhnya gigi bungsu yang tidak normal.

Penyebab gusi bengkak lainnya adalah radang gusi, gigi berlubang, tumpukan plak atau karang gigi, kekurangan vitamin C, ataupun infeksi pada gusi.

Untuk memastikan penyebab gusi bengkak, tentu diperlukan pemeriksaan dokter. Gusi bengkak hanya gejala. Penyebabnya bisa berbeda-beda antara satu orang dengan lainnya.