Gusi Bengkak Bernanah Tak Kunjung Sembuh, Ini Cara Mengatasinya

Bau Mulut 0 Comments

BEBAGAI penyakit gigi bisa terjadi jika Anda tidak merawatnya dengan baik. Misalnya terjadi gusi bengkak bernanah tak kunjung sembuh. Mengapa?

Perawatan gigi menjadi kunci sukses membuat gigi dan gusi selalu sehat. Gusi bengkak bernanah adalah tanda peradangan gusi akibat perawatan gigi yang belum mendapatkan perhatian sungguh-sungguh.

Maka terjadilah infeksi yang membuat gusi bengkak. Jika kondisi itu menimpa Anda, maka segera tangani dengan cepat dan tepat.

Gusi bengkak atau gusi bernanah jangan dianggap sepele. Infeksi akibat penyakit gusi bisa meluas dan terjadi komplikasi.

Baca – Cara Merapikan Gigi Tonggos Secara Alami

6 Penyebab Gusi Bengkak Bernanah Tak Kunjung Sembuh

Jadi, meskipun kasus gigi bernanah tampak sepele, segera lakukan pengobatan dengan serius biar cepat sembuh. Kalau infeksi meluas, maka bakteri dapat masuk ke pembuluh darah melalui akar gigi.

gusi bengkak bernanah tak kunjung sembuh
gusi bengkak (foto:wajbbaca.com)

Di kemudian hari bisa terjadi infeksi pada katub jantung akibat bakteri yang terus menyebar.

Pertanyaannya, apa penyebab terjadinya gusi bengkak bernanah? Bagaimana cara mengatasinya sehingga bisa cepat sembuh?

Berikut ini beberapa penyebab gusi bengkak bernanah:

1.Radang gusi

Terjadinya radang gusi akibat penumpukan plak di gigi. Zat lengket pada plak mengandung bakteri yang tidak berbahaya untuk kesehatan gusi. Jika tidak dibersihkan dengan baik, plak makin lama makin menumpuk dan dapat mengiritasi gusi. Bahkan, gusi bengkak bernanah.

2. Menyikat gigi terlalu keras

Anda sebaiknya menyikat gigi dengan perlahan dan hati-hati. Jangan menyikat gigi terlalu keras. Tujuannya supaya tidak melukai atau menyakiti gusi. Gusi tidak bengkak, tidak berdarah.

3. Adanya sakit sariawan di gusi

Kurang hati-hati ketika melakukan flossing gigi sehingga melukai gusi. Bahkan, gusi bengkak dan bernanah. Sariawan di gusi juga bisa disebabkan oleh daya tahan tubuh melemah, kekurangan vitamin B12, dsb.

Baca – 9 Cara Merapikan Gigi Tidak Beraturan dengan Mudah

4. Efek samping dari kemoterapi

Efek samping kemoterapi bisa berupa pembengkakan pada gusi, gusi bernanah, gusi terasa nyeri, pendarahan gusi, dsb. Kemoterapi adalah pengobatan untuk membunuh sel kanker.

5. Gusi bengkak juga bisa terjadi karena hamil

Selama hamil, aliran darah di gusi meningkat. Mengakibatkan gusi mudah mengalami iritasi dan bengkak. Bahkan gusi bengkak bernanah.

6. Kekurangan vitamin C.

Kekurangan vitamin C juga bisa menjadi penyebab gusi bengkah atau gusi bernanah. Makanan yang kandungan vitamin C-nya tinggi antara lain stroberi, nanas, brokoli, kembang kol, mangga, pepaya, dan jambu.

Gusi Bengkak Bernanah dan Cara Mengatasi

Ada dua cara mengatasi gusi bengkak bernanah. Yakni pengobatan secara medis oleh dokter dan secara tradisional atau alami.

Pengobatan dilakukan sesuai dengan penyebab sakit gusi dan tingkat keparahan sakitnya. Diantaranya Anda akan diberi obat kumur supaya mengurangi plak pada gigi. Obat yang mampu mengatasi rasa sakit gigi bernanah. Atau gigi dicabut jika sakitnya sudah parah.

Anda juga bisa mengatasi sendiri sakit gusi dengan cepat. Diantaranya berkumur dengan larutan air asin. Tujuannya untuk membersihkan mulut dari bakteri dan mencegah infeksi gigi.

Baca – 7 Cara Menghilangkan Bau Mulut untuk Selamanya

Cara lain adalah banyak minum air putih. Air akan merangsang produksi air liur yang bisa melemahkan bakteri penyebab penyakit sariawan di rongga mulut.

Penutup

Demikian artikel tentang gusi bengkak bernanah tak kunjung sembuh. Tetapi, yang jauh lebih penting adalah menghindari sakit gigi bernanah dengan cara selalu menjaga kebersihan gigi dan menjalani cara hidup sehat.

!-- Ads 300x250 -->