7 Hand Sanitizer – Cairan Antiseptik untuk Mencegah Virus Corona

Berita ratnasilvi 0 Comments

HAND sanitizer – Virus corona atau COVID-19 kini merebak di banyak negara, termasuk Indonesia. Orang pun berburu masker untuk melindungi diri. Berapa pun harganya, mereka beli.

Kondisi ini dimanfaatkan oleh spekulan dengan menjual masker harga mahal. Masker puluhan ribu dijual sampai ratusan ribu. Pemerintah pun turun tangan dengan memerintahkan Polri untuk menangkap para spekulan.

Kepanikan sesungguhnya tidak perlu. Banyak cara untuk mencegah berjangkitnya virus corona. Antara lain selalu mencuci tangan dengan sabun, terutama saat akan mengonsumsi suatu makanan.

Bisa pula menggunakan hand sanitizer atau cairan antiseptik untuk membersihkan tangan seperti disediakan di berbagai rumah sakit.

Baca – Virus Corona Telah Masuk Indonesia – Bagaimana Cara Menghadapi?

Sebaiknya Anda memilih cairan antiseptik dengan kandungan alkohol lebih dari 50% agar benar-benar terhindari dari kemungkinan kena vius corona.

hand sanitizer
(foto:cnnindonesia.com)

Mencegah Virus Corona dengan Cairan Anti Septik 

Berikut rekomendasi hand sanitizer (cairan anti septik) yang bisa Anda gunakan biar terhindar dari penularan virus corona.

1. Antis Antiseptic Anti Kuman

Hand sanitizer ini bisa Anda dapatkan di berbagai toko, minimarket, atau situs belanja (toko online). Salah satu brand yang cukup terkenal adalah Antis.

Hand sanitizer ini bisa membasmi kuman seperti E.coli dan S. aureus. Mengandung alkohol 70%, produk cairan antiseptik ini juga dilengkapi dengan pelembap sehingga kulit tidak terasa kering.

Bisa memberikan perlindungan hingga dua jam. Tetapi, penggunaannya jangan terlalu sering. Harga cairan antiseptik ini adalah Rp 19 ribuan.

2. Carex with Aloe Extract Hand Gel

Hand sanitizer lain yang mengandung alkohol 70% adalah keluaran Carex. Mengandung 70 g Ethanol per 100 g.

Baca – Masker Bedah Juga Bisa Mencegah Virus Corona

Produk ini diinformasikan cepat kering dan bisa membunuh 99,99% bakteri. Mengandung ekstrak lidah buaya, antiseptik ini juga akan melembapkan. Harga hand sanitizer Rp 14.000-an.

3. Nuvo Fresh Blossom Pink Hand Sanitizer

Pilihan lain agar tidak mudah kena virus corona adalah membersihkan tangan dengan Nuvo. Pembersih tangan ini mengandung 60% alkohol dan triclosan. Bisa membasmi kuman 99,9%.

Menggunakan produk ini terasa segar dan dingin. Harganya cukup murah, yakni Rp 17 ribuan.

4. Dettol Hand Sanitizer

Pembersih tangan berikutnya adalah produksi Dettol, produsen sabun Dettol. Hand sanitizer ini memberi rasa segar dan tidak lengket pada tangan.

Kegunaan hand sanitizer Dettol bisa dipakai membersihkan tangan ketika akan makan, sepulang dari bepergian, sebelum pakai makeup, dsb. Mengandung 66% alkohol, cairan antiseptik Dettol ini harganya Rp 14 ribuan.

5. Hand Sanitizer Kitashi

Di situs belanja online, banyak merek hand sanitizer ditawarkan. Anda yang ingin mencari yang kandungan alkoholnya 70%, bisa memilih merek Kitashi.

Selain bisa membasami kuman dan bakteri secara efektif, pembersih tangan spray ini juga mengandung vitamin E dan minyak castor yang melembapkan. Harga pembersih tangan ini Rp 14 ribuan.

6. Klinsen Hand Sanitizer

Produk pembersih tangan ini bisa Anda gunakan setelah kontak (bertemu) dengan orang asing. Mengandung alkohol 70%. Tidak lengket di tangan.

Harga produk ini sangat murah, yakni Rp 10 ribuan. Dibuat dari ekstrak buah delima untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca – Tips tentang Mencegah Virus Corona

7. Aseptic Liquid One Med Gel Hand

Jika ingin membeli cairan antiseptik ukuran besar untuk dipakai bersama keluarga, Anda bisa memilih Aseptic Liquid One.

Produk ini banyak digunakan di rumah sakit, klinik, kantor, hingga pabrik. Mengandung alkohol 70%. Bisa dibeli di toko-toko online (situs belanja) dengan harga Rp 50 ribuan.

Demikian 7 hand sanitizer yang bisa Anda pilih untuk melindungi diri dari kemungkinan adanya virus corona. Kalau tidak, ya cuci tangan pakai sabun di rumah sudah cukup. Artikel disadur dari wolipop.detik.com. 

Saran Lain agar Terhindar dari Penularan Virus Corona

Selain menggunakan hand sanitizer atau cairan antiseptik sebagaimana dijelaskan di atas, saran lain agar Anda terhindar dari virus corona seperti disampaikan oleh alodokter.com adalah:

1. Jangan pergi ke negara yang penyebaran virus corona sudah meluas dengan korban meninggal atau sakit cukup banyak. Misalnya Cina, Iran, Jepang, dsb.

2. Mengenakan masker ketika melakukan kegiatan di luar ruangan, apalagi di tempat umum banyak orang.

3. Selalu mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol sesudah melakukan kegiatan di luar ruangan sebagaimana telah diuraikan di atas.

4. Jangan melakukan kontak (bersentuhan) dengan hewan, terutama hewan liar. Jika melakukan kontak dengan hewan liar, segera cuci tangan sesudahnya.

5. Jika memasak daging, usahakan sampai benar-benar masak (matang). Jangan mengonsumsi daging setengah matang.

6. Jika Anda batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung pakai tisu. Setelah selesai, tisu harus dibuang.

7. Hindari menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum cuci tangan.

8. Jangan mendekati orang sedang sakit.

9. Jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan.

Baca – 3 Cara untuk Menyembuhkan Flu dengan Cepat

Demikian artikel mengenai cara mencegah virus corona dengan menggunakan hand saniter (cairan antiseptik) untuk mencuci tangan.

Selain itu, Anda perlu selalu menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.