Harga Tambal Gigi Berlubang Bagian Belakang

HARGA tambal gigi berlubang bagian belakang berapa ya? Umumnya orang yang akan menambal gigi  lebih dahulu bertanya biaya. Mahal atau murah. Biayanya terjangkau atau tidak.

Kalau Anda peserta asuransi BPJS, Anda tidak perlu memikirkan biaya yang harus Anda bayar. Anda berhak mendapatkan layanan perbaikan gigi, termasuk menambal gigi berlubang.

Yang penting Anda mendatangi dokter langganan biasa berobat. Maka, Anda akan mendapat surat pengantar untuk berobat ke dokter gigi.

Jadi, prosedurnya sangat mudah. Anda langsung bisa berkunjung ke dokter gigi untuk menambal gigi berlubang. Termasuk tambal gigi berlubang bagian belakang.

Harga Tambal Gigi Berlubang Bagian Belakang di Puskesmas Bisa Gratis

Jika Anda tidak punya kartu BPJS, maka Anda bisa datang ke pelayanan kesehatan gigi. Bisa ke tempat dokter praktek, puskesmas, klinik, rumah sakit, dsb.

BacaMemasang Gigi Palsu yang Biayanya Ditanggung BPJS

harga tambal gigi berlubang bagian belakang
Harga Tambal Gigi Berlubang Bagian Belakang 2

harga tambal gigi berlubang bagian belakang (foto:alodokter.com)

Di Puskesmas bisa jadi Anda akan mendapatkan layanan gratis seperti penuturan Miftahul Jannah. Yaitu seorang mahasiswi yang memeriksakan giginya di Puskesmas Jetis, Bantul, DI Yogyakarta.

Hanya berbekal KTP, dia mendapatkan layanan tambal gigi secara gratis. Syaratnya hanya menunjukkan KTP. Dia sangat senang bisa menambalkan giginya tanpa biaya sedikit pun.

Padahal dia periksa di Puskesmas tidak hanya sekali sampai penambalan giginya sempurna. Selain gratis, petugas dan dokternya sangat ramah dan layanannya bagus.

Dia tidak mengira layanan kesehatan di Puskesmas sekarang sudah sangat maju. Dia mengira masih seperti cerita zaman dulu.

Dugaannya ternyata salah. Dia berobat ke puskesmas Jetis karena dekat rumah kos-kosan. Ternyata, harga tambal gigi berlubang bagian belakang tanpa biaya.

Yang paling menggembirakan tentu tidak harus membayar harga tambal gigi. Sebab, dia menyadari tidak punya keanggotaan BPJS atau yang lain.

Jika menambal gigi di tempat kesehatan yang harus membayar, maka biaya tambal gigi bervariasi. Biaya tergantung kebijakan masing-masing tempat layanan kesehatan, jenis tambalan, dan berapa gigi yang harus ditambal.

Baca – Cara Merapikan Gigi dengan Menggunakan Tangan

Penyebab gigi berlubang macam-macam. Adakalanya karena usia sehingga gigi mengalami proses pengapuran. Gigi pun akhirnya berlubang dan terasa sangat sakit saat digunakan mengunyah makanan. Bahkan, untuk duduk, tiduran ataupun berdiri, gigi juga terasa sangat saki.

Banyak hal yang bisa menyebabkan gigi berlubang. Misalnya sering mengonsumsi makanan minuman manis atau cuka. Juga bisa diakibatkan oleh kebiasaan buruk seperti malas menyikat gigi sebelum tidur.

Apabila gigi sudah berlubang, cara mengatasinya harus ditambal lubangnya. Jika tidak, gigi bisa kembali sakit. Bahkan, lubangnya makin dalam.

Kalau lubangnya sudah parah, tidak ada jalan lain gigi harus dicabut.

Jenis Tambal Gigi – Gunakan Amalgam Yang Tahan Lama

Ada beberapa jenis tambalan gigi yang bisa Anda pilih. Kalau tidak ada pilihan, ya ikuti saran dokter. Ada tambalan gigi sementara dan tambalan gigi permanen.

Tambalan sementara jika harus dilakukan perawatan akar gigi. Atau harus menunggu kondisi Anda sehat sebelum dilakukan penambalan gigi secara permanen.

Bahan tambalan sementara gigi dari zinc fosfat sehingga mudah dibongkar. Ada juga tambalan gigi jenis amalgam untuk menambal gigi belakang atau geraham seperti yang dimaksud dari judul artikel ini.

Tambalan jenis amalgam kuat dan sangat awet (tahan lama).

Bahannya dari logam merkuri cair dan bubuk logam berisi perak, timah, dan tembaga. Harga tambal gigi berlubang bagian belakang jenis ini biasanya lebih mahal dibandingkan tambalan gigi zinc fosfat.

Baca4 Cara Senyum Untuk Pemilik Gigi Tonggos

Maka, setelah selesai penambalan gigi belakang, Anda perlu melakukan perawatan gigi dengan baik sesuai saran dokter gigi. Anda harus selalu membersihkan gigi dengan sikat gigi.

Jika Anda tidak punya kartu BPJS atau kartu asuransi lain, ya Anda harus bayar harga tambal gigi berlubang bagian belakang sesuai dengan aturan masing-masing.

Biaya / Harga Tambal Gigi Berlubang Bagian Belakang di Beberapa Kota adalah:

  • RS Permata Bekasi mulai Rp 182.000
  • Rumah Sakit Banyumanik Semarang mulai Rp 100.00
  • Siloam Hospital Bogor dari Rp 250.000
  • Rumah Sakit Pinang, Tangerang dari Rp 121.000
  • RS Immanuel Bojongloa Kidul, Bandung dari Rp  396.000
  • Puskesmas Bareng Malang Tambalan Sederhana Rp 15.000
  • Tambalan Tetap Rp 70.000
  • Puskesmas Bantul Tambalan Amalgam Rp 18.400 – Rp46.000
  • Tambalan GIC  Rp 24.300 – Rp 64.500
  • Untuk tambalan Komposit Light Cured : Rp21.550 – Rp52.000
  • Tambalan Komposit Light Cured (Sedang) : Rp38.900 – Rp73.500
  • Siloam Hospital Mulai Rp250.000
  • RS Tebet Mulai Rp215.000 RS Awal Bros Tangerang Mulai Rp 210.000
  • RSAL Dr. Ramelan Surabaya Mulai Rp200.000
  • Bina Sehat Dental Clinik Semarang mulai Rp 150.000

Baca Juga:

Semoga artikel mengenai harga tambal gigi berlubang bagian belakang ini bermanfaat untuk Anda semua..

Tinggalkan komentar