Berapa Harga Tambal Gigi Depan Patah Setengah

Sakit Gigi 0 Comments

ADUH, gigi depan saya patah setengah, kata anak saya. Itu terjadi ketika dia menggigit benda keras. Lalu, berapa harga tambal gigi depan patah setengah?

Gigi depan patah sebagian masih bisa diperbaiki. Bahkan dikembalikan seperti semula. Yang penting gigi patahannya tidak ada yang hancur kecil-kecil dan cepat dibawa ke dokter gigi.

Dokter akan memeriksanya dan kemudian memutuskan bisa atau tidak patahan gigi ditempelkan lagi ke gigi yang patah. Jadi, ketika gigi Anda patah, bagian yang patah jangan dibuang. Tetapi simpan dan segera bawa ke dokter.

Jangan ditunda. Kalau jarak waktu gigi patah dan membawa ke dokter terlalu lama, ya dokter tidak bisa menyambungnya kembali.

Baca – 14 Hal Bisa Menyebabkan Gigi BerlubangĀ 

5 Tips Tambal Gigi Depan Patah Setengah

harga tambal gigi depan patah setengah

(foto:hellosehat.com)

Sebelum patahan gigi dibawa ke dokter, Anda bisa menjalankan beberapa tips berikut.

1. Anda bisa mencoba sendiri menempelkan patahan gigi ke gigi aslinya (gluing). Lalu, gigitlah kain kasa atau kantong teh basah pelan-pelan agar gigi tidak banyak bergerak. Hati-hati, patahan gigi jangan sampai tertelan.

2. Kalau melakukan tip nomor 1 gagal, ya patahan gigi bawa ke dokter gigi. Patahan gigi yang patah tempatkan di dalam wadah berisi sedikit susu sapi atau air liur.

Jika patahan gigi bisa ditempelkan kembali, dokter akan

3. Jika belum periksa dokter tetapi gigi terasa sakit, Anda bisa minum obat pereda nyeri. Misalnya paracetamol atau obat antinyeri lainnyayang bisa Anda beli di apotek. Anda juga bisa menggunakan minyak cengkeh untuk mengurangi rasa gigi nyeri.

4. Apabila gigi patah terasa tahan di ujungnya, Anda bisa menambalkan dengan sedikit lilin parafin atau permen karet tanpa gula. Biar lidah, bibir, atau pipi bagian dalam tidak terluka akibat gigi yang runcing.

5. Makanlah makanan lunak dan jangan mengigit makanan memakai gigi yang patah.

Baca – Cara Merapikan Gigi Tonggos dengan Bahan-bahan Alami

Itulah tips bermanfaat yang disadur dari alodokter.com. Semoga tips ini bermanfaat jika suatu saat Anda mengalami gigi patah sebagian akibat sesuatu seperti jatuh, mengalami kecelakaan, menggigit makanan/sesuatu yang keras, dsb.

Jika Ruang Pulpa Terbuka, Bagaimana Cara Menambal Gigi Depan

Jika penyambungan kembali antara gigi patahan dan gigi asli tidak memungkinan, ya gigi yang patah harus diperbaiki. Tentu saja, perbaikannya tergantung pada kondisi gigi yang patah. Seberapa besar bagian gigi yang patah. Tentu perlu diperiksa langsung.

Selain itu, perlu dilihat seberapa banyak sisa jaringan mahkota gigi yang masih ada. Lalu, apakah ruang pulpa yang berisi saraf gigi telah terbuka atau belum.

Jika ruang pulpa belum terbuka dan sisa jaringan masih banyak, maka penambalan gigi masih dilakukan. Penambalan menggunakan tambalan yang warnanya sama dengan gigi yang ditambal. Bahan dari resin komposit.

Tetapi jika ruang pulpa telah terbuka berarti pula bisa terinfeksi. Mala penambalan gigi odak bisa dilakukan secara biasa. Melainkan harus saluran akar gigi harus dirawat lebih dulu.

Tujuannya agar mahkota gigi dan akar gigi bisa steril sehingga aman dari infeksi kuman. Setelah tahap perawatan ini selesai, barulah dilakukan perbaikan terhadap kontur gigi.

Bentuknya seperti kondisi gigi sebelum patah. Lalu dibuatkan mahkota tiruan.

Ya, ada beberapa cara perbaikan yang akan dilakukan dokter sesuai dengan kondisi gigi yang patah. Dokter biasanya akan mendiskusikan cara perbaikan gigi dengan Anda

Berapa biayanya? Yentu saja, masing-masing layanan tidak sama. Tambal gigi Rp.300.000 – 700.000 dan perawatan saluran akar gigi Rp. 150.000 – Rp 300.000.

Perawatan saluran akar gigi biasanya membutuhkan 5 kali pertemuan. Tetapi, ada juga dokter yang melayani cukup dua kali pertemuan atay 3 kali pertemuan.

Seorang ibu dari Solo, Jawa Tengah menceritakan pengalamannya berkaitan dengan gigi depan anak perempuannya yang patah sampai 70% akibat terjatuh saat bermain. Dari total pertemuan sampai perbaikan gigi menghabiskan biaya sekitar 1,5 juta.

Baca – Gusi Bengkak Bernanah Lama Tak Sembuh

Yang termahal adalah biaya crown porselen dengan metal untuk menambal gigi yang patah sehingga gigi tampak utuh seperti sebelum patah. Crown harganya Rp 1 juta.

Bagaimana dengan asuransi BPJS? Asuransi BPJS hanya melayani penambalan gigi. Lainnya bayar sendiri.

Demikian artikel mengenai harga tambal gigi depan patah setengah ini bisa bermanfaat bagi Anda semua. Anda bisa berjaga diri agar tidak mengalami gigi depan payah sebagian dan memerlukan penambalan gigi.

!-- Ads 300x250 -->