Harga Tambal Gigi di Tukang Gigi Yang Murah…

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

HARGA tambal gigi di tukang gigi tentu lebih murah daripada tambal gigi di dokter gigi. Maka, pekerjaan tukang masih tetap laku. Meskipun sering dikatakan pekerjaannya tidak bisa dipertanggungjawabkan secara profesi.

Tetapi, pemakai jasa mereka masih saja berdatangan. Maka, pekerjaan tukang gigi masih jalan. Meskipun tidak seramai dulu. Yakni ketika sebagian besar masyarakat belum mengenal kesehatan gigi dan profesi dokter gigi.

Para pemakai jasa tukang gigi juga masih merasa puas dengan hasil yang mereka dapatkan. Meskipun pekerjaan mereka mungkin kalah bagus dibandingkan dengan pekerjaan dokter gigi. Kualitas pekerjaan mereka jauh dibawah dari hasil penanganan dokter gigi.

Baca – Bagaimana Cara Merapikan Gigi Yang Tidak Rapi

Tambal Gigi di Tukang Gigi Murah dan Pengerjaan Cepat

Harga Tambal Gigi di Tukang Gigi

Untuk kelas masyarakat kebanyakan, harga tambal gigi atau merapikan gigi di dokter gigi dianggap masih mahal. Padahal, konsumen bawah tetap ingin memperbaiki giginya dengan harga yang murah.

Jika ternyata sekarang sudah ada puskesmas yang memberikan layanan gratis kepada mereka yang kurang mampu dengan kartu kesehatan, maka sosialisasinya yang perlu digencarkan.

Selain harga tambal gigi di tukang gigi yang murah, layanan di tukang gigi cepat. Ya, karena mereka tidak melakukan pemeriksaan lengkap seperti halnya dokter.

Seorang konsumen di salah satu tukang gigi di Jakarta Barat saat ditanya menyatakan puas dengan penambalan giginya di tukang gigi.

“Saya datang ke sini untuk menambal gigi yang berlubang,” katanya.

Setelah giginya ditambal, Rozak, konsumen itu menyatakan senang karena sakitnya sudah berkurang banyak.

Baca – Harga Tambal Gigi Depan yang Patah 

Ketika berada di dalam ruang pemeriksaan dokter, ujarnya, peralatan yang dimiliki oleh tukang gigi langganannya itu mirip di klinik dokter gigi. Ada kursi yang bisa naik turun, ada peralatan dokter, dsb.

Rozak mengaku lebih memilih tukang gigi daripada dokter gigi karena di samping harganya relatif terjangkau, pengerjaan tambal gigi berlangsung cepat.

“Ya di sini cepat, murah lagi. Di dalam sih tadi enggak periksa-periksa. Tinggal ngomong mau diapain. Ya diperiksa dikit kenapa, ada yang sakit di sebelah mana,” kata Razak.

Puas Pemasangan Gigi Palsu dan Pembersihan Gigi di Tukang Gigi

Idah (60), konsumen lain, datang ke tukang gigi untuk mengganti gigi palsunya. Sebab, gigi palsu yang dipakainya sudah berusia 2 tahun. Selain itu dia juga melakukan pembersihan gigi.

Dia mengaku senang melakukan perbaikan gigi di tukang gigi karena biaya lebih murah dan pengerjaannya cepat. “Kalau di tukang gigi langganan saya cuma Rp 150 ribu per gigi,” kata Idah.

Apakah pekerjaan tukang gigi menyalahi aturan? Ternyata tidak. Ada peraturan pekerjaan tukang gigi.

Dalam peraturan itu disebutkan bahwa yang dimaksud dengan tukang gigi adalah setiap orang yang mempunyai kemampuan membuat dan memasang gigi tiruan lepasan.

Adapun praktik mencabut gigi dan menambal tidak boleh dilakukan oleh tukang gigi. Tampaknya, aturan ini yang banyak dilanggar. Harga tambal gigi di tukang gigi yang murah membuat konsumen lebih memilih datang ke tukang gigi daripada ke dokter.

Baca – Cara Senyum Manis Bagi Pemilik Gigi Tonggos

Menurut drg Haidy Wicaksono di Bekasi, pekerjaan tukang gigi tetap jalan karena murah dan cepat. Hanya kualitas dan kesehatan dari apa yang dilakukan masih sangat rendah.

Menurut Haidy, mungkin profesi tukang gigi dan dokter gigi berbeda. Apa yang ditangani dokter gigi tak seluruhnya bisa ditangani tukang gigi. Pemakai jasanya juga berbeda.

Perlu Pembinaan Teknis untuk Tukang Gigi

Sebaiknya, pemerintah memberikan bimbingan teknis kepada para tukang gigi, selain pembinaan tentang etika. Pada bagian-bagian tertentu dari masalah gigi mungkin bisa ditangani tukang gigi dengan kemampuan teknis yang memadai.

Jadi, supaya hasil pekerjaan tukang gigi juga berkualitas dan bisa dipertanggungjawabkan, maka pemerintah yang membidangi kesehatan perlu mewadahi mereka dan membinanya. Bukan sekadar disalahkan, dilarang ini dilarang itu. Apalagi lantas praktek mereka dilarang.

Hakikatnya mereka bukan bersaing dengan dokter. Konsumen mereka berbeda. Maka, supaya tukang gigi juga bisa berkembang dan pekerjaan tetap berlangsung tetapi berkualitas, ya pemerintah wajib melakukan pembinaan.

Masyarakat pemakai jasa tukang gigi juga terlindungi dan aman. Jumlah mereka cukup banyak karena biaya tambal gigi di tukang gigi atau jasa lainnya yang lebih murah. Tukang gigi bisa menjadi solusi terbaik bagi mereka.

Demikian artikel mengenai harga tambal gigi di tukang gigi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *