Harga Tambal Gigi Permanen – Pilih Bahan Terbaik, Rawat dengan Baik

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

HARGA tambal gigi permanen berapa ya? Nanti dulu. Anda perlu tahu apa maksud tambalan gigi permanen sebelum memilih tambal gigi permanen.

Biaya tambal gigi permanen dulu dilakukan dengan menambal gigi menggunakan bahan amalgam. Tambalan gigi berwarna silver (abu-abu) ini sering dipilih untuk menambal gigi mereka yang berlubang.

Sebab, tambalan gigi dengan bahan amalgam mampu bertahan lama. Bahkan bisa bertahan sampai 20 tahun.

Tetapi sejak tahun 2019 lalu, penggunaan bahan amalgam tidak boleh lagi untuk menambal gigi. Sebab, bahan itu ternyata mengandung mercuri yang bisa membahayakan kesehatan pemakaianya.

Baca – Harga Tambal Gigi di Tukang Gigi Yang Murah..

Penggunaan bahan tambalan gigi amalgam dulu digunakan menambal gigi di bagian belakang. Sebab, kelemahan dari bahan tambal gigi ini bisa berubah warna yang tidak putih lagi. Jadi, warnanya kurang estetik.

harga tambal gigi permanen

Bahan Tambal Gigi Permanen Yang Bisa Anda Pilih dan Harganya

Lalu, bahan tambal gigi permanen apa saja yang bisa menjadi pilihan untuk menambal gigi sekarang? Bagaimana harga tambal gigi permanen?

Bahan tambal gigi yang bisa dipilih sekarang adalah:

1. Resin Komposit – Tampak Lebih Indah

Resin komposit merupakan bahan tambal gigi yang banyak dipilih. Sebab tambalan ini tampak indah (estetik). Warna gigi tambalan bisa disesuaikan dengan warna gigi asli di sebelahnya.

Bahan tambal gigi ini akan mengeras ketika disinar. Jenis ini juga disebut dengan tambal sinar atau tambal laser. Tambalan resin komposit cukup kuat dan mudah dibentuk.

Baca – Cara Merapikan Gigi yang Tampak Tidak Teratur

2. Glass Ionomer Cement (GIC) – Mencegah Gigi Berlubang

Glass ionomer cement (GIC) atau semen ionomer kaca ini merupakan tambalan langsung berwarna putih.

Keuntungan pakai bahan tambalan gigi ini adalah bisa melepaskan fluoride ke dalam gigi. Hasilnya bisa menghindari gigi berlubang lagi.

Meskipun berwarna putih, tambalan GIC ini tidak mampu menyamai warna gigi asli di sebelahnya.

Selain itu, daya tahan tambalan gigi GIC ini juga dibawah tambalan gigi dengan bahan resin komposit.

Kini terserah Anda untuk memilihnya. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Harga tambal gigi dengan bahan berbeda juga harganya tidak sama.

Bahan yang lebih baik tentu harganya lebih mahal. Ini hukum ekonomi yang berlaku di mana saja.

Baca – Cara Merapikan Gigi Tonggos Dengan Cara Alami 

Harga Tambal Gigi Permanen / Langsung dan Tidak Langsung 

Cara penambalan gigi berlubang ada dua macam. Ada yang sekali jadi atau tambalan gigi langsung. Ini untuk lubang gigi yang masih kecil sehingga mudah tertangani.

Cara penambalan gigi langsung ini sering disebut tambalan gigi permanen. Tentu biaya atau harga tambal gigi permanen seperti ini lebih murah.

Tetapi tidak berarti semuanya tidak akan ada masalah. Bisa jadi setelah sekian tahun muncul masalah. Di bagian gigi yang ditambal kembali terasa sakit. Apalagi jika perawatannya kurang intensif.

Tentu harus cek atau periksa lagi ke dokter gigi. Akan dicek apa penyebab kerusakannya dan kembali dilakukan penambalan. Tentu bayar biaya penambalan gigi lagi.

Sebenarnya, yang mampu bertahan cukup lama yakni tambalan dengan bahan amalgam. Bisa sampai 20 tahun. Tetapi sekarang sudah dilarang untuk menambal gigi.

Menggunakan bahan resin komposit bisa bertahan sampai 10 tahun dan menggunakan bahan tambalan GIC bisa bertahan sekitar 5 tahun.

Untuk gigi yang kerusakannya sudah parah, tentu tidak bisa dilakukan penambalan langsung. Perlu dilakukan pencetakan bahan tambalan gigi sehingga tambal gigi tidak bisa sekali jadi.

Jika dipaksakan tambal gigi sekali jadi, bisa dipastikan hasil tambalan tidak sempurna. Alias tidak bisa bertahan untuk waktu yang lama.

Maka, pada kunjungan pertama, dokter baru bisa  membersihkan seluruh kotoran gigi dan mencetak gigi yang berlubang untuk nantinya dibuat menambal gigi yang berlubang.

Pada kunjungan pertama akan dipasang tambalan gigi sementara. Baru pada kunjungan kedua akan dipasang tambalan gigi permanen dari hasil cetakan yang sesuai dengan kondisi lubang gigi Anda.

Cara Merawat Tambalan Gigi Berlubang

Setelah pemasangan tambal gigi berlubang selesai, apa yang harus Anda lakukan?

Supaya tambalan gigi berlubang bisa bertahan lama, maka perlu perawatan yang intensif. Harga tambal gigi sepadan dengan manfaatnya. Perawatan yang perlu Anda lakukan adalah:

1. Melakukan diet sehat dengan mengonsumsi nutrisi seimbang.

2. Hindari menggigit sesuatu yang keras atau mudah lengket sebelum 2 hari sejak dilakukan penambalan gigi.

3. Jangan mendorong-dorong gigi tambalan dengan lidah atau pakai tusuk gigi.

4. Rajin menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride secara rutin, dua kali sehari.

5. Membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi (dental floss) setelah menyikat gigi.

6. Periksa dokter 6 bulan sekali.

Berapa biaya tambal gigi permanen? Jika Anda menambal gigi di rumah sakit swasta, maka alodokter.com menginformasikan bahwa biaya tambal gigi antara Rp 1.200. Tergantung pada kondisi gigi.

Baca – Cara Memundurkan Gigi Tonggos dan Biayanya

Misalnya lubangnya kecil, sedang atau sudah parah. Tentu bentuk pengerjaannya berbeda. Bobot bahan yang digunakan menambal gigi juga tidak sama.

Umumnya rumah sakit swasta mengenakan harga tambal gigi sedikitnya Rp 100.000.

Penutup / Kesimpulan

Perawatan gigi atau cara merawat gigi sebaiknya dilakukan secara rutin dan benar. Tujuannya untuk menghindarkan gigi dari kerusakan / berlubang. Selain itu, cek kondisi gigi secara periodik.

Kalau ada yang bermasalah, seperti gigi berlubang, bisa segera diketahui sebelum lubangnya jadi besar (dalam).

Harga tambal gigi permanen tergantung kondisi gigi dan bahan yang pakai menambal. Bahan tambalan gigi bisa dipilih. Yang murah atau lebih mahal. Bandingkan untung dan ruginya.

Setelah gigi berlubang ditambal, Anda perlu merawat gigi tambalan secara rutin dan benar. Biar tambalan gigi mampu bertahan lama.