Infeksi Gigi Geraham Bawah – Penyebab dan Cara Menghindarinya

Sakit Gigi 0 Comments

INFEKSI gigi geraham bawah. Salah satu masalah gigi yang sering terjadi. Infeksi gigi bisa menyebabkan sakit gigi dan sakit mulut. Jika sudah sakit, rasa nyeri yang Anda derita bisa sampai ke kepala atau telinga.

Itulah sebabnya, membersihkan gigi dan gusi harus selalu mendapatkan perhatian utama untuk menciptakan gigi dan mulut yang sehat.

Banyak orang yang sampai kini masih mengabaikan kesehatan gigi dan mulut. Mereka tidak pernah menggosok gigi dengan baik dan benar, kecuali sekadar berkumur.

Tetapi dengan kemajuan teknologi dan meningkatnya pendidikan masyarakat hendaknya membawa perbaikan dalam perawatan kesehatan, termasuk kesehatan gigi dan mulut.

Apalagi, kini pemerintah juga memberikan layanan kesehatan masyarakat, baik melalui asuransi atau bantuan nonasuransi.

Diharapkan program berbiaya triliunan rupiah ini bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia seluruhnya.

 infeksi gigi geraham bawah
(foto:idtimes.com)

Penyebab Infeksi Gigi Geraham Bawah dan Cara Mengatasinya

Salah satu penyebab sakit gigi dan mulut yang sering terjadi adalah infeksi, terutama pada gigi geraham bawah.

Penyebabnya, gigi geraham bawah merupakan bagian gigi yang paling sering mengalami kontak langsung ketika Anda makan dan minum.

Tugas gigi geraham adalah mengunyah dan melembutkan makanan sehingga memperlancar pekerjaan organ pencernaan.

Lantas, apa penyebab infeksi gigi geraham bawah? Bagaimana cara mengatasi dan mencegahnya?

Penyebab infeksi geraham bawah antara lain:

1. Anak Rawan Kena Infeksi Gigi

Karena usia yang masih sangat muda, anak rentan kena infeksi gigi, khususnya gigi geraham. Maka, ketika diketahui anak menderita infeksi gigi harus segera diatasi.

Jika sakit gigi tidak segera diatasi, maka infeksi akan menjalar ke seluruh saluran gigi. Selain itu, akan memperpendek umur gigi.

Baca –

Maka, sejak dini anak harus dibiasakan untuk menggosok gigi tiap hari. Dengan cara itu, anak akan bebas dari kemungkinan kena infeksi gigi. Demikian pula setelah dewasa.

2. Perawatan Rutin Menghindarkan Gigi dari Bakteri

Adanya infeksi pada gigi dan saluran gigi bisa memudahkan masuknya bakteri. Sebab, bakteri tumbuh jika lingkungannya mendukung, yakni dengan adanya infeksi.

Bakteri pun akhirnya menjalar ke aliran darah pada gigi yang terkena infeksi. Kondisi ini bisa merusak dinding pembuluh darah. Semua ini bisa terjadi akibat kurangnya perawatan pada gigi. Tidak pernah atau jarang menggosok gigi.

3. Hindari Makanan dan Minuman Rasa Asam

Makanan dan minuman juga dapat menyebabkan terjadinya infeksi gigi geraham bawah. Yakni, makanan dan minuman yang terlalu masam / asam. Makanan rasa masam / asam antara lain belimbing wuluh, asam jawa, jeruk nipis, nanas, keranji, kedondong, dan ceremai.

Bahkan, makanan minuman rasa masam bisa mengakibatkan gigi rusak, termasuk enamel gigi.
Tentu saja, hal ini tidak boleh terjadi. Sebab, enamel gigi merupakan pelindung utama gigi.

Rusaknya enamel membuat gigi mudah terkena bakteri dan kuman penyebab sakit gigi, termasuk gigi geraham bawah.

Bakteri Gigi Geraham Nyaris Merenggut Nyawanya

Ini kisah tentang seseorang bernama Daniel Murtagh yang nyaris terancam jiwanya akibat bakteri gigi geraham bungsu yang telah menjalar sampai ke jantung.

Meskipun ini kisah langka, tetapi bisa menjadi pelajaran berharga bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan gigi, gusi dan mulut agar terhindar dari munculnya bakteri.

Baca – Bagaimana Cara Mengatasi Gigi Berlubang Parah

Pada awalnya dokter yang merawatnya mengira dia kena penyakit HIV. Sebab, penderita merasa sering lelah dan tubuhnya terasa nyeri.

Tetapi dari tes darah diketahui Daniel menderita sakit jantung. Penyebab sakit jantung adalah bakteri dari gigi geraham bawah yang kemudian memasuki aliran darah sampai ke jantung.

Bakteri super kuat itu menggerogoti katup jantungnya. Dengan kerja cepat, tim dokter melakukan operasi untuk membuka jantungnya dan memberinya katup jantung prostetik.

“Saya tidak menyangka bahwa semua hal ini akibat gigi saya. Tetapi, saya beruntung masih hidup,” katanya kepada Mirror seperti dikutip oleh Liputan6.com.

Menurut dokter yang merawatnya, jika pertolongan terlambat satu minggu saja, keselamatan Daniel tidak bisa dipastikan. Untunglah dia segera datang ke rumah sakit dan tim dokter cepat menanganinya sehingga nyawanya bisa terselamatkan.

Cara Mencegah Bakteri pada Gigi Geraham Bawah

Agar Anda terhindar dari kemungkinan sakit gigi geraham akibat bakteri, maka Anda perlu selalu menjaga kesehatan gigi. Caranya dengan rajin menggosok gigi dengan baik dan benar.

Baca – Bahayanya Sakit Gigi Berkepanjangan 

Beberapa buah dengan rasa sangat masam / asam antara lain belimbing wuluh, asam jawa, jeruk nipis, keranji, nanas, dan ceremai.

Selain itu, juga menghindari konsumsi makanan dan buah rasa masam. Tidak hanya dapat menyebabkan infeksi pada gigi, tetapi juga bisa membuat gigi jadi sensitif.