Ingin Bebas dari Covid-19? Berikut Ini Beberapa Caranya

Berita ratnasilvi 0 Comments

ANDA ingin bebas dari covid-19? Tidak menderita sakit akibat covid-19? Semua orang pasti menjawab ya. Tetapi kenyataan menunjukkan bahwa banyak orang yang membiarkan dirinya menderita sakit akibat covid-19. Buktinya mereka tidak pakai masker yang benar.

Dengan berbagai alasan, banyak orang tidak mengenakan masker saat bepergian dari rumah. Tiap hari kita menyaksikan tayangan di TV tentang petugas menangkap banyak orang di jalan raya karena tidak mengenakan masker.

Paling banyak adalah pengendara motor. Mereka harus menjalani hukuman karena tidak mengenakan masker.

DKI Menaikkan Hukuman Denda kepada Pelanggar Aturan Pakai Masker

pasang masker yang benar

Bentuk hukuman adalah membayar denda atau menjalani sanksi sosial dengan membersihkan fasilitas umum dengan mengenakan rompi pelanggar protokol kesehatan.

Karena banyak orang masih enggan memakai masker, pemerintah DKI Jakarta menaikkan denda untuk yang tidak memakai masker. Beberapa daerah yang tadinya tidak mengenakan sanksi denda kepada pelanggar, kini memberlakukan sanksi denda.

Baca – Donorkan Plasma Darah Untuk Mengatasi Covid-19

Saat tertangkap petugas, sebagian besar mereka mengatakan tidak memakai masker karena lupa.

Tetapi, terlepas dari alasan apa pun, tidak mengenakan masker berarti mereka tidak takut kena covid-19. Mereka seperti membiarkan dirinya terkena covid-19.

Mereka itu abai terhadap keselamatan dirinya sendiri. Keselamatan keluarga. Apalagi dengan keselamatan orang lain.

Tanpa mengenakan masker berarti mereka membiarkan covid-19 menulari atau menjangkiti dirinya. Mereka membiarkan dirinya menderita sakit.

Tak Pakai Masker = Membiarkan Tubuhnya Terkena Covid-19

Ah, masak orang bersedia sakit? Atau membiarkan dirinya menderita sakit akibat virus corona (covid-19)?

Ya, kenyataan yang kita saksikan seperti itu. Ada pertunjukan dangdut di pesta pernikahan, banyak orang berdesakan untuk menyaksikan dari dekat tanpa pakai masker.

Berjoget bersama di panggung hiburan atau di luar panggung tanpa memakai masker. Mereka tidak merasa bahwa bahaya sedang mengancam dirinya. Padahal, virus telah bertebaran yang siap menerkam mangsanya.

Kita menyaksikan 70 – 90 orang Indonesia meninggal dunia akibat kena covid-19. Sampai sekarang akhir Agustus 2010 sudah hampir 7.000 penduduk Indonesia meninggal akibat covid-19.

Baca – Manfaat Vitamin B Kompleks Biar Tak Kena Covid-19

Maka, untuk menghindari penularan covid-19 adalah rajin mengenakan masker saat keluar rumah. Entah kemana saja.

Yang penting, ke mana saja kita keluar rumah harus mengenakan masker. Bukan sekadar pakai masker. Tetapi harus pakai masker yang benar.

Memakai Masker Dengan Benar = Mencegah Covid-19

Pertanyaannya, bagaimana cara pakai masker yang benar?

Cara memakai masker dengan benar adalah sangat penting. Pakai masker, tetapi hanya untuk menutup mulut, ya belum benar. Masker juga harus menutup hidung. Virus masih bisa menular melalui hidung.

Apalagi pakai masker tetapi saat bertemu orang lain, mereka berbincang dengan membuka masker. Dan, masker tidak menutup mulutnya. Ya, ini sama saja tidak memakai masker. Virus masih bisa masuk ke tubuh kita.

Lantas, bagaimana cara pakai masker yang benar sehingga kita bisa selamat dari ancaman covid-19?

Berikut adalah petunjuk praktis tentang cara pakai masker yang benar, yakni:

1. Pastikan Anda selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum memasang masker. Cuci tangan sedikitnya selama 20 detik. Jika tak ada air, Anda bisa memakai sanitizer.

Baca – Malas Memakai Masker? Kini Jumlah Dendanya Naik

Demikian pula ketika akan melepas masker. Anda juga perlu cuci tangan dulu pakai sabun seperti saat akan memakai masker. Baru setelah itu, Anda membuka masker.

2. Sisi luar masker. Jika masker Anda memiliki dua warna berbeda (umumnya hijau dan putih), sisi luar masker adalah yang berwarna hijau.

Sementara, sisi putih yang menempel langsung dengan kulit, dan lapisan hijau menghadap ke luar.

3. Tentukan sisi atas masker.

Biasanya ada tanda berupa garis kawat hidung atau bingkai jahitan.

4. Masker menggunakan tali: posisikan kawat hidung berada di atas hidung dengan jari, lalu ikat kedua sisi tali di bagian atas pada kepala bagian atas.

Setelah masker sudah bisa menggantung, tarik masker ke bawah untuk bisa menutup mulut hingga dagu. Ikat tali bagian bawahnya di tengkuk atau belakang leher.

Ini berlaku untuk masker yang menggunakan tali pengikat. Ada juga masker tanpa tali pengikat.

5. Untuk masker karet: kamu hanya perlu mengaitkan tali karet pada telinga bagian belakang. Setelah masker menempel aman di wajah, cubit bagian kawatnya untuk mengikuti lekuk hidung Anda agar masker lebih tertutup rapat.

Panjangkan lekukan-lekukan masker ke bawa untuk menutupi hidung, mulut serta dagu.

Mengapa Menjaga Jarak Sulit?

Selain selalu mengenakan masker saat keluar rumah, cara lain untuk mencegah penularan covid-19 adalah selalu menjaga jarak saat bertemu dengan orang lain. Paling tidak antara kita dan orang lain harus berjarak 1 meter.

Banyak orang sering merasa sulit menjaga jarak, terutama dalam suatu acara dengan banyak orang hadir. Misal olahraga bersama, jalan kaki bersama, berebut saat naik kereta api, dsb.

Pada acara yang mengundang banyak orang, umumnya mereka tak menjaga jarak. Dalam kondisi seperti itu, penularan covid-19 mudah terjadi.

Terutama saat mereka berbincang satu dengan lainnya, banyak dari mereka yang membuka masker. Dalam kondisi seperti ini, penularan covid-19 sering terjadi.

Penutup

Mematuhi protokol kesehatan sebenarnya tidak sulit. Demi kesehatan kita, keluarga kita dan semua orang, sebaiknya kita selalu mematuhi protokol kesehatan. Tujuannya biar kita aman dari penularan covid-19.

Jumlah orang meninggal akibat covid-19 bisa menurun. Kini angkanya masih 80-an orang meninggal per hari. Kita wajib bersama-sama menurunkannya dengan mematuhi aturan kesehatan.

Pakai masker, jaga jarak dan sering cuci tangan dengan menggunakan sabun. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.