11 Jus Buah Untuk Kesehatan Tensi Darah, Jantung, Diabetes

85 / 100

Mengonsumsi buah sangat penting untuk kesehatan. Tetapi jika ingin yang lebih segar, Anda bisa mengonsumsi jus buah. Manfaat jus buah untuk kesehatan sangat besar.

Jus buah merupakan sumber makanan dengan kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Mengandung gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan mengonsumsi jus buah, Anda bisa memiliki ketahanan tubuh yang dapat membuat Anda tidak mudah terkena penyakit. Cara membuat jus juga mudah. Dengan alat blender, jadilah jus buah yang segar dan menyehatkan.

Jika tidak ingin membuat sendiri, Anda bisa membeli jus buah jadi. Penjual jus buah mudah Anda temukan di banyak tempat.

banyak manfaat minum jus buah untuk kesehatan
segarnya minum jus buah sekaligus bikin tubuh sehat

11 Jus Buah Untuk Kesehatan dan Manfaatnya 

Berikut ini 11 jenis jus buah untuk kesehatan yang bisa Anda pilih. Anda bisa membuat jus buah sendiri, membeli jus buah di penjual jus atau membeli jus kemasan di supermarket atau swalayan.

Baca: 7 Buah dengan Tinggi Kalori Bikin Gemuk

1. Jus Cranberry

Buah cranberry mengandung berbagai nutrisi yang bisa membuat tubuh Anda sehat. Rasa buah ini asam. Oleh karena itu, jarang cranberry dimakan langsung. Bisa dibuat jus, selai atau dikeringkan.

Cranberry mengandung air yang cukup tinggi. Selain itu juga mengandung karbohidrat dan serat.

Banyak manfaat jus buah untuk kesehatan dengan sering mengonsumsi jus cranberry. Antara lain bisa mengatasi infeksi saluran kemih, membuat gigi dan mulut sehat, mengatasi sakit asam lambung (maag), dan membuat jantung selalu sehat,

2. Jus Buah Bit

Jus buah untuk kesehatan dari buah bit juga bisa Anda pilih agar tubuh selalu sehat. Banyak orang menyukai buah ini karena bisa membantu tubuh jadi lebih sehat.

Dengan rendah kalori, lemak dan protein, manfaat jus buah bit bisa menurunkan berat badan. Apalagi kandungan protein dan seratnya tinggi. Bisa mempercepat penurunan berat badan.

Meskipun tanpa tambahan gula, jus buah bit sudah terasa manis dan segar. Jus bit juga bermanfaat untuk mencegah sakit jantung, radang, tekanan darah tinggi, kanker dan anemia.

3. Jus Buah Apel

Minum jus apel juga terasa sangat segar. Banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya mampu membuat badan Anda selalu sehat. Sangat baik untuk diet menurunkan berat badan.

Manfaat jus buah untuk kesehatan lain dari buah apel adalah bisa membuat jantung selalu sehat, mencegah diabetes, mengatasi sembelit dan asma, serta membuat mata selalu sehat, dsb.

Biar badan selalu sehat, Anda perlu minum jus apel satu gelas setiap hari. Apel kaya serat dan banyak air. Bisa membuat pencernaan lancar, Tidak akan susah BAB (buang air besar).

Kulit apel juga bermanfaat untuk mencegah kolesterol tinggi. Sebab mengandung pektin. Jadi, kulit apel jangan dikupas atau dibuang. Cukup cuci bersih. Bikin jus apel, tambahkan madu,

4. Jus Buah Delima

Jus delima juga layak Anda pilih untuk membuat tubuh selalu sehat. Manfaat jus delima antara lain menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah kanker, dan menyembuhkan radang sendi.

Selain itu bisa mencegah sakit jantung, melawan infeksi bakteri, menyehatkan saluran kemih, menyembuhkan wasir, meningkatkan kekebalan tubuh biar tidak mudah sakit, menurunkan darah tinggi, dsb.

Cara membuat jus buah untuk kesehatan dari buah delima adalah kupas kulitnya, masukkan blender dengan tambahan madu, lalu saring hasilnya dan siap disajikan / diminum.

5. Jus Semangka

Jus semangka juga segar dan manis. Bisa mencegah terjadinya dehidrasi atau kurang air. Sebab, 92 persen kandungan semangka adalah air.

Kandungan lain adalah karbohidrat 7%, protein 1%, lemak 0,2% dan serat 0,4%..

Dengan berbagai kandungan, terutama kandungan yang tinggi, minum jus semangka bisa mencegah sakit jantung, tekanan darah tinggi dan kanker.

6. Jus Buah Jeruk

Manfaat jus buah jeruk untuk kesehatan juga cukup besar. Antara lain bisa mengatasi sariawan dan kulit kering.

Minum jus jeruk pagi hari bisa meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh seharian. Saat Anda pilek juga bisa minum jus jeruk untuk mengatasinya.

Dengan kandungan vitamin C, jeruk bisa mengatasi sariawan. Minum 2 gelas jus jeruk tiap hari bisa membuat badan gemuk.

7. Jus Mentimun

Anda bisa minum jus mentimun untuk menurunkan darah tinggi. Banyak ahli yang menyatakan bahwa mentimun adalah buah terbaik untuk menurunkan tensi tinggi.

Silakan Anda minum jus buah untuk kesehatan dari mentimun tiap seore. Badan akan kembali segar setelah seharian bekerja.

Manfaat lain dari konsumsi jus mentimun adalah menjaga kesehatan mata dan pengganti cairan yang hilang. Misalnya habis berolahraga. Anda minum jus mentimun.

Anda sebaiknya menambahkan air lemon dan potongan nanas. Konsumsi kedua buah ini dikenal bisa membantu membakar lemak dalam tubuh.

8. Jus Buah Nanas

Pernah minum jus nanas? Ini juga bisa Anda gunakan untuk memelihara kesehatan. Dengan sering minum jujus nanas, kesehatan Anda akan terjaga.

Nanas kaya vitamin C, serat dan beta karoten. Konsumsi buah nanas akan membuat kulit tubuh selalu sehat.

Tekstur kulit tubuh akan lebih baik, tidak berkerut, dan tahan sinar matahari. Maksudnya, kulit tubuh tidak akan rusak akibat sinar matahari atau polusi.

Selain itu juga bisa mencegah sembelit atau sulit buang air besar (BAB). Sebaiknya minum jus nanas setelah makan.

9. Jus Melon

Seperti semangka, konsumsi melon juga sangat baik untuk kesehatan. Ada belasan manfaat kesehatan dengan sering konsumsi melon.

Mengandung vitamin C, A, B, K, mineral, antioksidan, serat, kalium, kalsium, niasin, magnesium, folat, dsb.

Mengonsumsi melon secara teratur bisa mencegah diabetes, membuat gigi dan gusi sehat, menghidrasi tubuh, mencegah dan mengatasi sembelit, mencegah osteoporosis, kram otot, katarak, mencegah flu, hipertensi (darah tinggi), serangan jantung dan menurunkan berat badan.

Tetapi Anda jangan menambah gula atau pemanis buatan berlebihan pada jus melon. Ya, biar manfaat jus buah untuk kesehatan darui jus melon bisa optimal.

10. Jus Tomat

Jus tomat juga bisa jadi pilihan terbaik untuk kesehatan, termasuk untuk diet menurunkan berat badan. Sebab, nutrisi tomat cukup lengkap, banyak air, serta kaya serat.

Konsumsi jus tomat juga bisa mencegah dan mengatasi kolesterol tinggi. Akan terasa lebih segar jika Anda mencampurnya dengan buah stroberi, wortel, atau buah bit.

Manfaat lain adalah mengontrol kadar gula darah, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah stroke, menyehatkan jantung, mencegah tulang keropos, dsb.

11. Jus Lemon

Jus lemon sangat baik untuk mengecilkan perut buncit. Bisa membasmi lemak perut. Kaya vitamin C dan rendah kalori membuat lemon efektif menurunkan berat badan, terutama perut buncit.

Karena rasanya yang asam, menurut dr. Gracia Fensynthia, umumnya orang mengonsumsi buah lemon dalam bentuk jus, teh hangat atau sald. Rasanya jadi segar.

Anda juga bisa membuang racun dalam tubuh dengan sering minum jus lemon. Manfaat lain jus buah untuk kesehatan adalah membuat daya tahan tubuh kuat, pencernaan dan jantung selalu sehat, mencegah anemia dan batu ginjal, mengatasi radang tenggorokan, dsb.

Penutup

Tidak hanya menikmati kesegarannya. Sebaiknya Anda mengonsumsi buah juga dengan tujuan meningkatkan kesehatan tubuh. Caranya, ya konsumsi dengan tepat sesuai kandungan masing-masing buah. Itu jus buah untuk kesehatan.