Kapan Sebaiknya Bunda Minum Susu Ibu Hamil?

84 / 100

KAPAN sebaiknya minum susu ibu hamil? Apakah mulai kehamilan bulan pertama, bulan kedua, ketiga atau kesepuluh? Atau sejak Bunda sejak merencanakan kehamilan?

Ya, minum susu bagi Bunda yang sedang hamil sangat penting. Ibu hamil tidak hanya memerlukan nutrisi untuk kesehatan dirinya. Tetapi, juga untuk kesehatan janin yang dikandungnya.

Selain itu, minum susu khusus ini bisa mengurangi dan mencegah rasa mual pada awal kehamilan.

Baca: 7 Merk Susu Terbaik Untuk Ibu Hamil 5 Bulan

Manfaat Susu dan Kapan Sebaiknya Minum Susu Ibu Hamil?

kapan sebaiknya minum susu ibu hamil

Manfaat susu ibu hamil sangat besar. Sejak awal hamil, Bunda sebaiknya selalu memenuhi kebutuhan asupan nutrisi yang terus meningkat dari bulan ke bulan dengan minum susu ibu hamil.

Konsumsi makanan sehat juga harus diperbanyak. Demikian pula minuman sehat. Tidak lain karena Bunda harus memenuhi kebutuhan harian dirinya sendiri dan janin yang dikandungnya.

Oleh karena itu, asupan nutrisi saat Bunda hamil harus mendapatkan perhatian yang besar. Tidak lain supaya Bunda dan bayi dalam kandungan selalu sehat.

Berat badan janin selalu tumbuh dengan baik. Pembentukan organ-organ tubuh selalu sempurna.

Menurut dr  M Nurhadi R, SpOG, yang utama diperlukan oleh ibu hamil dari minum susu adalah kandungan kalsium. Kebutuhan kalsium tiap hari 1.000 – 1.300 mg atau 3 gelas per hari.

Kalsium sangat penting biar janin nantinya bisa punya gigi dan tulang yang kuat. Minum susu tinggi kalsium perlu dimulai pada trimester pertama. Pada saat itu janin mulai tumbuh pesat.

Kandungan zat gizi yang seharusnya ada pada susu ibu hamil adalah:

  • Kalsium
  • Protein
  • Fosfor
  • Kalium
  • AHA
  • DHA
  • Asam folat
  • Vitamin D, dsb.

Jika bisa, susu juga mengandung vitamin B6 atau piridoksin. Vitamin ini bisa mengatasi mual-mual pada bulan-bulan awal (trimester pertama) kehamilan. 

Susu juga bisa memperkuat daya tahan tubuh ibu Bunda sehingga tidak mudah terkena penyakit selama hamil. 

Baca: 6 Merk Susu UHT Yang Terbaik Untuk Ibu Hamil 3 Bulan Pertama

7 Susu Ibu Hamil Yang Bagus Untuk Perkembangan Janin

Pertanyaannya sekarang, susu ibu hamil yang bagus untuk perkembangan janin apa saja?

Nah, untuk mendapatkan susu ibu hamil terbaik untuk perkembangan calon bayi dalam kandungan, berikut ini 7 susu yang bisa Bunda pilih, yakni:

1.  Susu Anmum

Mampu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, Anmum Materna layak Bunda pilih. Selain asam folat, susu Anmum juga mengandung omega, protein, lemak dan karbohidrat.

Berbagai kandungannya sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Baik untuk menunjang kesehatan dirinya maupun si calon bayi dalam kandungan.

Tersedia susu Anmum rasa vanilla, strawberry dan cokelat. Harga susu Anmum Materna tergantung isinya. Harga dari Rp 35.000 – Rp 1,7 juta.

Baca: 5 Manfaat Blackmores Pregnancy Untuk Ibu Hamil

susu hamil

2. Lactamil

Bunda yang sedang hamil juga bisa memilih susu Lactamil Pregnasis. Mampu memenuhi 100% kebutuhan asam folat Bunda.

Asam folat akan mencegah bayi cacat. Kandungan lain berupa fosfor, magnesium dan vitamin D dalam jumlah optimal.

Demikian pula kalsium. Bisa membuat gigi, otot dan tulang calon bayi menjadi kuat dan tidak mudah keropos. Sementara itu, kandungan zat besi mencegah anemia.

Rasa susu gurih dan tidak membuat Bunda mual. Harga Lactamil ibu hamil sesuai dengan isi. Lactamil isi 200 gr harganya Rp 38.900, isi 400 gr harganya Rp 68.800.

Baca: Minuman Collagen Yang Aman Untuk Ibu Hamil

3. SGM Bunda

Susu SGM Bunda juga bagus untuk ibu hamil dan calon bayinya. SGM Bunda kaya minyak ikan yang bermanfaat untuk perkembangan otak dan saraf bayi.

Kandungan lain berupa protein, zat besi, asam folat yang cukup tinggi, dan berbagai vitamin. Rasanya nikmat dan gurih. Bunda tidak akan mual dengan minum SGM ini.

Susu hamil ini tersedia untuk ibu hamil trimester pertama (usia hamil 1 – 3 bulan). Harga susu SGM Bunda isi 150 gr Rp 18.500.

4. Vidoran Ibunda

Mengandung Omega 3 (DHA & EPA), vitamin A & D alami, susu Vidoran Ibunda bisa mengoptimalkan pertumbuhan jaringan saraf otak janin, retina mata, sel tubuh, dsb.

Ada juga kandungan kalsium, asam folat, bubuk kacang hijau, 12 vitamin, mineral, dan asam linoleat. Semuanya untuk perkembangan janin dalam kandungan.

Ada rasa cokelat, kacang hijau, dan madu. Harga susu Vidoran Ibunda adalah Rp 30.000 – Rp 50.000, tergantung pada isi kemasan susu.

Baca: 7 Merk Susu Penambah Berat Badan Janin Dalam Kandungan

5. SUN Ibu

Susu SUN Ibu juga termasuk susu ibu hamil yang bagus yang bisa Bunda pilih. Sebab, susu ini diformulasikan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi penting selama kehamilan.

Ada kandungan makro seperti protein, karbohidrat, dan lemak. Kandungan mikronutrien terdiri dari 11 vitamin dan 6 mineral. Dengan minum susu hamil ini, berat badan janin terus meningkat.

Harga susu hamil SUN Ibu isi 150 gr adalah Rp 18.500.

6. Frisian Flag Mama

Minuman susu Frisian Flag Mama ini tersedia untuk ibu hamil dan menyusui dengan rasa cokelat yang lezat. Dengan minum susu ini, kebutuhan gizi Bunda atau Mama dan janin yang dikandungnya bisa terpenuhi dengan baik.

Harga Frisian Flag Mama yang terendah Rp 15.000.

Baca Juga:

7. Prenagen Mommy

Susu Prenagen Mommy tersedia untuk kehamilan trimester ke-1, ke-2 dan ke-3. Kaya kandungan protein dan vitamin B6, susu ini bisa mencegah atau mengurangi rasa mual dan muntah pada awal masa kehamilan. Adapun Prenagen Emesis untuk ibu hamil semester ke-1 dan ke-2.

Semoga artikel review mengenai “kapan sebaiknya minum susu ibu hamil” ini bermanfaat untuk kita semua.