Berapa Kebutuhan Kalsium Ibu Hamil? Inilah 15 Daftarnya

Berita , ratnasilvi 0 Comments
Reading Time: 3 minutes

IBU hamil sebaiknya mengonsumsi kalsium. Selain untuk kesehatan si janin dalam kandungan, kalsium juga penting untuk kesehatan Bunda. Tetapi pertanyaannya, berapa kebutuhan kalsium ibu hamil?

Ya, ibu hamil tiap hari perlu mengonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup. Konsumsi kalsium terutama untuk janin dalam kandungan.

Dengan mengonsumsi kalsium yang cukup, si kecil nantinya akan memiliki tulang dan otot yang kuat.

Selain itu, manfaat konsumsi kalsium lainnya adalah menjaga detak jantung selalu stabil dan saraf berfungsi sempurna.

Bagi Bunda sendiri, konsumsi kalsium yang cukup juga sangat penting. Tujuannya supaya Bunda bisa terhindar dari darah tinggi (hipertensi) dan preeklampsia.

Kebutuhan Kalsium Ibu Hamil Per Hari

Berapa kebutuhan Bunda untuk mengonsumsi kalsium yang cukup?

Angka Kecukupan Gizi (AKG) Indonesia mencatat bahwa Bunda yang menyusui dan hamil membutuhkan konsumsi kalsium 1.300 mg per hari. Ini kebutuhan kalsium untuk ibu hamil berusia 19 – 29 tahun.

kebutuhan kalsium ibu hamil

Sementara itu, Bunda hamil berusia 30 – 49 tahun memerlukan konsumsi kalsium sekitar 1.200 mg. Bunda usia 18 tahun kebawah memerlukan kalsium 1.400 mg.

Produk olahan susu, misalnya, mengandung kalsium tinggi. Dengan mengonsumsi produk olahan susu dan makanan kaya kalsium lainnya, Bunda dan bayi yang dikandungnya akan selalu sehat.

Bunda bisa mendapatkan asupan 1.300 kalsium per hari sesuai dengan ketentuan kesehatan.

Bunda juga perlu mengoptimalkan asupan kalsium, vitamin dan mineral lain. Kebutuhan itu bisa Bunda penuhi dengan minum susu 3 gelas susu ukuran 230 mL. Atau 4 porsi makanan yang kaya kalsium.

15 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Berikut daftar 15 makanan yang mengandung kalsium tinggi dan Bunda perlu mengonsumsinya. Tentu saja, Bunda harus memilih makanan yang bisa memenuhi kebutuhan kalsium per harinya seperti disebutkan di atas.

Ke-15 makanan yang mengandung kalsium tinggi itu adalah:

1. Susu sapi mengandung kalsium 276 mg, tetapi kalsium pada susu kambing lebih tinggi. Namun, susu sapi lebih populer.

2. Produk susu olahan, termasuk keju , yogurt, dan es krim. Keju cheddar 28 gram mengandung kalsum 200 mg, yogurt 199 mg kalsium dan es krim 100 gram mengandung kalsium 128 mg.

3. Biji wijen. Kecil barangnya, tetapi kandungan kalsiumnya tinggi. Satu sendok makan wijen mengandung 160 kalsium.

4. Susu kedelai satu cangkir yang sudah difortifikasi mengandung kalsium 240 mg.

5. Sayuran hijau seperti pakcoy satu cangkir kecil mengandung kalsium 150 mg. Sementara itu, brokoli 50 gram mengandung kalsium 30 mg.

6. Beberapa jenis seafood seperti udang. Mengandung 70 mg untuk 100 gram udang.

7. Sajian dari kacang kedelai, seperti tahu dan edamame. Tahu 150 gram mengandung 300 – 500 mg kalsium.

8. Kacang-kacangan, seperti kacang almond yang mengandung 264 mg kalsium. Atau buncis 100 gram mengandung kalsium 37 mg.

9. Makanan lain yang juga kaya kalsium adalah roti, sereal, jus jeruk, dan oatmeal. Roti 100 gram mengandung kalsium 260 mg, sereal 72 mg, jus jeruk 11 mg, dan oatmeal 80 mg.

10. Rumput laut.

11. Air minum kemasan yang kaya dengan mineral, terutama kalsium.

12. Kacang almond 20 biji mengandung kalsium 75 mg.

13. Bayam 100 gram mengandung kalsium 150 mg.

14. Ikan sarden setengah ons mengandung 286 mg, termasuk tulangnya. Juga mengandung kalsium sehingga baik untuk Anda konsumsi.

15. Kacang merah juga mengandung kalsium tinggi. Secangkir kacang merah mengandung kalsium 80 mg.

Tulang Keropos Jika Kebutuhan Kalsium Ibu Hamil Tidak Terpenuhi

Sebaiknya, menurut dr. Allert Benedicto Ieuan Noya, Bunda hamil (Bumil) jangan sampai kekurangan kalsium. Sebab, kalsium bukan hanya untuk kesehatan Bunda, tetapi juga bayi dalam kandungan.

Jika ibu hamil kekurangan kalsium, maka kebutuhan kalsium pada si janin akan mengambil kalsium dari tulang Bunda.

Efek buruknya, nantinya Bunda akan menderita sakit tulang keropos atau osteoporosis.

Baca Juga:

Bunda hamil sebaiknya mengonsumsi suplemen atau produk kalsium yang banyak dijual di toko online atau toko lainnya. Dengan cara itu, Bunda bisa terhindar dari kemungkinan akan terkena sakit tulang keropos.

Kalau terjadi tulang keropos atau osteoporosis, Bunda akan merasa seperti tersiksa. Oleh karena itu, Bunda hamil sebaiknya selalu memperhatikan masalah pemenuhan kebutuhan kalsium.

Sebab, tubuh tidak bisa memperoduksi kalsium sendiri. Bunda hanya bisa mendapatkan kalsium dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi atau mengonsumsi suplemen kalsium.

Penutup

Makanan yang mengandung kalsium tinggi sangat penting bagi ibu hamil. Selain untuk kesehatan Bunda, juga kesehatan janin yang dikandungnya, terutama terkait dengan pertumbuhan gigi dan tulangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *