Berapa Kebutuhan Protein Harian Anda biar Selalu Sehat dan Cerdas?

Berita 0 Comments

BERAPA kebutuhan protein harian Anda agar bisa selalu hidup sehat? Ya, masalah tercukupinya protein dalam tubuh sangat penting dan harus selalu Anda perhatikan.

Sebab, protein merupakan sumber energi yang sangat dibutuhkan selama tubuh beraktivitas. Selain itu, protein sangat penting untuk membangun otot dan jaringan tubuh lainnya.

Pertanyaannya, berapa kebutuhan protein Anda tiap hari dan bagaimana cara mencukupinya? Makanan apa saja yang mengandung protein tinggi?

Kebutuhan Protein Harian untuk Membuat Otak Cerdas

Selain supaya tubuh mampu beraktivitas dengan baik dan sehat, protein harian juga diperlukan untuk membuat fungsi kognitif otak berjalan dengan baik.

kebutuhan protein tinggi

Otak memang merupakan salah satu organ tubuh yang memerlukan protein dalam jumlah banyak. Kekurangan protein bisa menghambat ketajaman otak dalam berpikir dan menghambat produksi hormon pengatur mood.

Terpenuhinya kebutuhan protein juga bisa membuat rambut, kulit dan kuku selalu sehat. Sebaliknya, kekurangan protein bisa membuat kulit kering, kuku tampak kusam dan mudah patah, rambut gampang rontok dan teksturnya berubah.

Jika kebutuhan protein tidak bisa terpenuhi dengan baik, maka protein dalam otot rangka akan diambil untuk memenuhi kebutuhan protein. Pengambilan dilakukan secara perlahan. Dalam waktu lama, kekurangan protein bisa mengakibatkan penurunan massa otot secara serius.

Selain itu, kekurangan protein bisa menyebabkan tubuh tidak bisa
memproduksi cukup lipoprotein. Yakni, protein yang bertugas mengangkut lemak.

Otomatis, kondisi ini membuat lemak terus menumpuk dalam hati. Bahkan, akhirnya hati tidak bisa menjalankan fungsinya (kegagalan fungsi hati).

Manfaat Lain dari Protein untuk Tubuh

Selain manfaa protein seperti disebutkan di atas, masih ada beberapa manfaat protein untuk tubuh Anda. Yaitu:

  1. Memperbarui sel yang sudah usang
  2. Mengangkut berbagai zat ke seluruh tubuh
  3. Membantu pertumbuhan dan perbaikan sel-sel yag rusak.

Perlu diketahui, meskipun begitu pentingnya pemenuhan protein, tetapi protein tidak disimpan dalam tubuh. Berarti tidak ada cadangan protein dalam tubuh.

Baca – Manfaat Daun Sirih untuk Mata Minus

Protein harus dipenuhi tiap hari dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, terutama protein tinggi. Sekitar 20% tubuh kita terbentuk dari protein.

Tetapi, kebutuhan tiap orang berbeda-beda. Tergantung pada berat badan dan jenis aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari.

Berdasarkan tabel Angka Kecukupan Gizi (AKG) Kemenkes RI, standar angka kecukupan protein bagi masyarakat adalah sekitar 56-59 gram per hari untuk perempuan dan 62-66 gram per hari untuk pria.

Makanan dengan Kandungan Protein Tinggi

Berikut ini beberapa makanan yang mengandung protein tinggi, baik dari protein hewani maupun protein nabati dengan ukuran per 90 / 100 gram.

  1. Telur. Protein dari telur bebek lebih tinggi (13,1 gr) dibandingkan dengan telur ayam (12,8 gr). Kuning telur ayam lebih tinggi (16,3 gr) daripada putih telur (10,8 gr).
  2. Susu. Protein dari susu kambing (4,3 gr) dan kerbau lebih tinggi (6,3 gr) dibandingkan dengan protein susu sapi (3,2 gr).
  3. Yogurt juga mengandung protein tinggi, yakni 3,3 gr.
  4. Daging hewan. Daging sapi dan kerbau mengandung protein masing-masing 18,8 gr. Protein daging kambing 16,6 gr, dan protein daging domba 17,1 gr.
  5. Ikan kering. Protein untuk ikan asin 42 gr, ikan gabus kering 58 gr. Atau dua kali lipat dari protein ikan basah.
  6. Seafood basah. Protein udang 21 gr, cumi-cumi 16,1 gr, kepiting 13,8 gr, dan protein kerang 8 gr.
  7. Hati. Protein hati sapi 19,7 gram, hati ayam buras 18,3 gram, dan hati ayam ras 16,6 gram. Tetapi, hati termasuk jeroan yang konsumsinya harus dibatasi.

Demikian artikel mengenai

!-- Ads 300x250 -->