Kepala Terasa Berputar Saat Bangun Tidur

Sakit Kepala 0 Comments

Kepala Terasa Berputar Saat Bangun Tidur

HATI-HATI jika kepala terasa berputar saat bangun tidur. Itu pertanda Anda menderita penyakit vertigo. Anda harus segera mengatasinya biar tidak berkembang semakin parah.

Apakah penyakit vertigo? Vertigo adalah suatu kondisi di mana Anda merasa seolah-olah lingkungan di sekitar berputar atau melayang. Akibatnya, Anda bisa kehilangan keseimbangan. Jika tidak segara mencari pegangan atau duduk, Anda bisa terjatuh.

Vertigo bisa terjadi kapan pun dan di mana pun Anda berada. Maka, ketika ada tanda-tanda vertigo akan kambuh, Anda harus segera mencari cara menyelamatkan diri. Yakni, cara mencegah penyakit vertigo berkembang menjadi lebih parah.

Tidur dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi dan Jangan Mendongak

kepala terasa berputar

Penyakit vertigo bisa terjadi atau kambuh kapan saja dan di mana saja Anda berada. Bisa juga saat Anda bangun tidur. Maka, perhatikan cara tidur Anda biar vertigo tidak kambuh.

Misalnya, saat tidur sebaiknya dengan posisi kepala lebih tinggi dibandingkan dengan anggota tubuh lainnya. Ketika bangun tidur, sebaiknya Anda tidak melakukan gerakan yang mengejutkan.

Tetapi gerakan dilakukan perlahan-lahan. Selain itu terlebih dulu duduk sebentar sebelum bangkit untuk melakukan aktivitas lain, misalnya ke kamar mandi.

Anda juga harus hati-hati ketika menggerakkan leher dalam posisi mendongak. Misalnya ketika mengambil suatu barang dari tempat yang agak tinggi, jangan mendongak.

Demikian pula ketika meletakkan suatu barang di tempat yang agak tinggi. Usahakan Anda tidak mendongak (kepala melihat ke atas). Caranya, ya pakai penyangga atau tangga atau apa pun yang membuat Anda tidak perlu mendongak.

Tidak hanya kepala pusing dan terasa lingkungan berputar. Keluhan yang sering dialami penderita vertigo adalah mual dan muntah.

Keluhan lain adalah gerakan bola mata abnormal /nistagmus, nyeri telinga, telinga berdenging, dan berkeringat.

Sensasi lain yang dialami penderita vertigo adalah seperti melayang, terombang ambing atau serasa ingin jatuh. Maka, penderita dianjurkan ketika penyakitnya kambuh, segera mencari pegangan atau duduk.

Dengan cara ini, penderita bisa terselamatkan. Tidak terjatuh atau jatuh. Bahkan, dianjurkan untuk tidur atau istirahat. Selain itu selalu mengonsumsi makanan sehat untuk vertigo.  Atau minum obat tradisional / alami seperti ketumbar.

Adakalanya penyakit vertigo terjadi hanya beberapa saat. Tetapi, ada yang sangat lama.

Penderita Sudah Minum Obat, Penyakit Vertig Belum Hilang

Berikut ini keluhan seorang penderita vertigo yang sakitnya tidak segera sembuh. Sudah minum obat sakit kepala, tidur, dsb. Tetapi, sakitnya belum juga reda.

Kata dia, ketika bangun tidur, saya mengalami pusing seperti kepala berputar. Selain itu juga mual dan muntah dengan cairan warna kuning dan terasa pahit.

Lalu minum obat sakit kepala. Tetapi pusingnya tidak kunjung sembuh. Bahkan badan menggigil dan berkeringat dingin. Maka, saya tidur. Sakit kepala berputar justru bertambah parah.

Siang harinya saya paksakan tidur. Ketika bangun dari tidur siang, kondisi tubuh lebih baik. Tetapi, malam harinya sakit kepala berputar kambuh muncul lagi.

Cara Mencegah Terjadinya Vertigo Kambuh

Berikut ini beberapa cara mencegah vertigo yang bisa Anda lakukan agar penyakit itu tidak kambuh. Antara lain:

  • Hindari kelelahan dan jangan stres
  • Hindari makanan penyebab terjadinya penyakit vertigo
  • Selalu mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang
  • Beristirahat dengan cukup
  • Jangan sering begadang sampai larut malam
  • Hindari mengonsumsi kafein (minuman teh, kopi, dsb).
  • Mengonsumsi suplemen vitamin dan zat besi tiap hari
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari
  • Mengonsumsi pereda nyeri seperti paracetamol

Jika pengobatan di rumah tidak membuat vertigo Anda segera sembuh, ya Anda harus segera kunjungi dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih intensif sehingga bisa mengatasi penyakit Anda dengan tepat.

!-- Ads 300x250 -->