Ketombe: Penyebab, Cara Mencegah & Mengatasinya

Berita, Produk , ratnasilvi 0 Comments
Reading Time: 4 minutes

SIAPAPUN tidak ingin punya ketombe di kepalanya. Sebab, rambut berketombe bikin kepala terasa gatal, bahkan sangat gatal. Tangan seolah harus menggaruknya.

Begitu kepala Anda garuk, maka selain banyak serpihan putih dari kulit kepala yang menyebar ke baju bagian atas, juga tak jarang menimbulkan iritasi.

Belum lagi rasa risi dan tidak nyaman dalam pergaulan. Saat bersama banyak teman, tiba-tiba kepala terasa sangat gatal dan perlu Anda garuk.

Tentu tidak etis jika Anda menggaruk-garuk kepala di tengah pergaulan banyak orang. Tetapi jika tidak Anda garuk, rasa gatal makin menjadi-jadi.

Singkat kata, ketombe di kepala atau rambut kepala harus diatasi. Tidak boleh dibiarkan karena akan mengganggu kenyamanan Anda.

Ketombe tidak hanya terjadi pada orang dewasa. Anak-anak dan remaja juga bisa ketombean.

Tetapi, bagaimana cara mengatasi ketombe?

Pengertian dan Penyebab Timbul Ketombe

ketombe

rambut berketombe

Sebelum mengetahui penyebab, cara mencegah dan mengatasi rambut berketombe, Anda perlu tahu apa sesungguhnya ketombe atau sindap itu.

Ketombe adalah kondisi kulit kepala yang mati dan ditandai dengan adanya serpihan putih keabu-abuan atau agak kekuningan. Kulit mati terjadi akibat regenerasi dengan munculnya sel kulit baru.

Selain ada serpihan putih dari rambut kepala, munculnya sindap juga sering membuat rasa gatal pada kulit kepala.

Serpihan putih atau keabu-abuan bisa menyebar jika Anda menggaruk-garuk kepala yang terasa gatal. Munculnya gangguan rambut itu memang ditandai dengan adanya rasa gatal, radang, dan rasa kering di kulit kepala.

Baca: 9 Shampo Terbaik Untuk Rambut Berminyak dan Rontok

Apa Penyebab Ketombe?

Banyak penyebab ketombe. Tentu saja, jika Anda tidak ingin kepala terasa gatal yang terkadang sangat mengganggu, Anda harus mencegah terjadinya sindap.

Caranya? Ya, usahakan agar tidak ada penyebab ketombe.

Misalnya, salah satu penyebab ketombe adalah Anda jarang atau tidak pernah membersihkan kulit kepala. Akibatnya, sel kulit mati dan minyak akan menumpuk di kulit kepala.

Nah, untuk mencegah terjadinya ketombe, Anda harus rajin membersihkan kepala dan rambut kapala. Antara lain dengan rajin keramas menggunakan shampo terbaik sesuai dengan kondisi rambut Anda.

Misalnya keramas dengan menggunakan shampo antiketombe dan rambut berminyak.

Penyebab ketombe yang lain, misalnya:

1. Penyakit dermatitis seboroik

Penyebab ketombe paling banyak adalah ini. Yaitu penyakit dermatitis seboroik. Tanda adanya penyakit ini adalah kulit kepala tampak memerah dan berminyak yang dilapisi oleh serpihan kulit kepala yang mati dan mengelupas.

Penyakit ini juga bisa menyerang bagian lain dari tubuh Anda. Misalnya alis, telinga bagian belakang, hidung, telinga belakang, dada, selangkangan, dan daerah-daerah lain.

2. Kulit Kepala Kering

Bedanya dengan sindap akibat dermatitis seboroik, maka ketombe akibat kulit kepala kering tampak dari bentuk serpihan putih yang lebih kecil dan lebih sedikit.

Selain itu, kulit kepala tampak memerah.

Kondisi ini bis terjadi antara lain akibat suhu yang dingin, kelembapan rendah, memiliki riwayat asma, eksim, dsb.

3. Terlu Sering Keramas

Keramas sangat bermanfaat untuk kebersihan dan kesehatan rambut dan kulit kepala. Tetapi terlalu sering keramas menggunakan shampo  juga bisa menjadi penyebab terjadinya ketombe.

Bisa-bisa keramas dengan shampo akan mengiritasi kulit kepala. Maka, cukup sekali sehari untuk keramas pakai shampo.

4. Produk Perawatan Rambut

Produk perawatan juga bisa memicu terjadinya sindap. Maka, pilih produk yang sesuai dengan kondisi rambut Anda.

Baca keterangan tentang bahan pembuatan produk, manfaat dan apa yang harus dihindari biar tidak ketombean. Demikian pula cara pemakaian produk.

Baca: 9 Shampo Terbaik Untuk Rambut Rontok

Bagi Anda yang menderita alergi juga harus hati-hati biar tidak terganggu oleh banyak sindap.

5. Pria Lebih Banyak Ketombean

Pria atau laki-laki juga bisa menjadi faktor penyebab terjadinya ketombe. Sebab, ketombe banyak menerpa kaum pria. Diperkirakan ini berkaitan dengan hormonal.

Oleh karena itu, pri harus lebih rajin merawat rambutnya serta menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan ketombe dan rambut berminyak.

Penyebab ketombe yang juga perlu Anda perhatikan adalah sering mengonsumsi alkohol, mengonsumsi makanan tinggi gula, makanan rasa pedas, banyak mengandung garam, dan kurang vitamin B (ikan, keju, telur).

shampo antiketombe
shampo antiketombe (foto:kumparan.com)

Cara Mengatasi Ketombe Gimana?

Yang lebih penting adalah bagaimana mengatasi ketombe. Kalau bisa, Anda harus mencegah terjadinya sindap itu.

Misalnya dengan rajin keramas menggunakan shampo antiketombe. Atau menggunakan shampo yang sesuai dengan kondisi rambut Anda. Tetapi keramasnya jangan berlebihan. Cukup sekali sehari.

Gunakan shampo ketombe yang mengandung zinc pyrithione, asam silsilat, bahan ter, ketoconazole, dan selenium sulfide.

  • Zinc pyrithione mampu membunuh jamur penyebab sindap.
  • Asam silsilat berfungsi membuang kulit mati yang menumpuk di kepala. Bahan ter bisa menghambat produksi sel kulit mati.
  • Ketoconazole berfungsi sebagai anti jamur yang kuat.
  • Adapun selenium sulfide mengurangi tumbuhnya jamur dan menghambat produksi sel kulit mati.

Ketika keramas menggunakan shampo ketombe atau shampo antiketombe, Anda perlu memijat kepala secara merata. Pijatan perlahan-lahan.

Setelah selesai, diamkan sekitar 5 menit dan barulah Anda bisa membilasnya dengan air bersih.

Keramas Menggunakan Bahan Alami

Anda juga bisa keramas menggunakan bahan-bahan alami. Misalnya menggunakan lidah buaya, minyak pohon teh atau minyak kelapa.

Yang paling mudah penggunaannya adalah lidah buaya. Ambil daun lidah buaya, kupas kulitnya, gunakan gelnya untuk Anda oleskan pada rambut yang bersindap atau berketombe.

Lakukan keramas menggunakan shmpo terbaik beberapa kali sampai kepala dan rambut Anda bersih dari gangguan sindap.

Baca Juga:

Semoga artikel mengenai produk perawatan rambut ini bermanfaat untuk Anda semua. Rambut sehat yang bisa tampil menarik memang harus selalu dirawat. Tanpa perawatan yang baik, rambut bisa rusak, bahkan botak.