Site icon WARASWIRIS.COM

Konsumsi Vitamin C – Cara Aktor Boy William Jaga Kekebalan Tubuh

FacebookTwitterShare

KONSUMSI vitamin C sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh. Dengan daya tahan yang tinggi, Anda tidak mudah kena penyakit. Yang menggembirakan, vitamin C bisa Anda temukan di banyak sayuran, buah, ikan, makanan, atau suplemen.

Selain mengonsumsi vitamin C atau asam askorbat (ascorbic acid), Anda juga perlu rutin melakukan olahraga biar tubuh tetap sehat.

Sudahkah Anda selalu mengonsumsi vitamin C vitamin sesuai dengan kebutuhan?

Jika belum, yuk kita mulai rajin mengonsumsi vitamin C biar badan selalu sehat. Fungsi vitamin C untuk tubuh banyak. Sebagai antioksidan yang menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan.

Manfaat vitamin C lainnya adalah membuat jantung dan kulit tubuh selalu sehat. Anda bisa konsumsi vitamin C tablet, vitamin C minuman (sirup), kaplet, bubuk, sirup atau suntik.

konsumsi vitamin c dosis tinggi
boy – manfaat vitamin C

 

Aktor Boy Konsumsi Vitamin C Dosis Tinggi Tiap Hari 

Berikut ini pengalaman aktor Boy William yang rutin tiap hari mengonsumsi vitamin C dosis tinggi. Vitamin C diperoleh dari makanan dan suplemen. Yaitu suplemen vitamin C 1000 mg.

Apakah mengonsumsi vitamin C dosis tinggi seperti vitamin C 1000 mg aman?

Jawab Boy aman. Sebab, suplemen vitamin C 1000 mg merupakan vitamin larut dalam air. Artinya, vitamin mudah dicerna oleh tubuh.

Begitu Anda konsumsi dan masuk tubuh, vitamin langsung larut dalam peredaran darah dan dikirim ke semua bagian tubuh. Anda pun dalam waktu singkat akan merasakan pengaruhnya.

Oleh karena itu, vitamin ini efektif untuk memperbaiki sel-sel yang rusak akibat luka atau sakit. Selain itu, juga efektif untuk mempercepat pemulihan untuk orang yang habis sakit atau operasi.

Tentang vitamin C dosis tinggi tidak perlu dikhawatirkan. Karena termasuk vitamin yang larut dalam tubuh, maka kelebihan konsumsi bisa langsung larut dan dibuang melalui urine.

Jadi, tidak ada penimbunan sisa vitamin C dalam tubuh. Berbeda dengan karbo, sisanya akan disimpan jadi gula darah.

Meskipun demikian, Anda perlu perhatikan batas konsumsi vitamin C per hari. Jangan berlebihan.

Minum vitamin c berapa kali sehari?

Dosis vitamin C untuk dewasa adalah 250 mg 4 kali sehari. Anak-anak: 100 mg 3 kali sehari, selama 1 minggu. Selanjutnya 100 mg sehari. Itulah kebutuhan vitamin C per hari yang harus Anda penuhi.

Rincian Manfaat Vitamin C

Obat vitamin C untuk apa? Berikut 5 manfaat konsumsi vitamin C yang bagus tiap hari, yaitu:

1. Bisa Melindungi Sel-sel Tubuh

Manfaat vitamin C adalah melindungi sel-sel tubuh biar tetap sehat. Tidak rusak akibat radikal bebas. Contoh radikal bebas antara lain polusi udara, asap rokok, minuman keras, ozon, dsb.

Vitamin C yang bagus merupakan antioksidan yang sangat kuat. Bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas (stres oksidatif). Mengurangi resiko penyakit kronis seperti kanker, sakit jantung, dsb.

2. Mempertahan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C mampu membuat sistem kekebalan tubuh selalu terjaga dengan baik. Bisa merangsang produksi dan aktivitas sel darah putih yang mampu melawan infeksi dan penyakit.

Selain itu, vitamin ini juga bisa meningkatkan produksi antibodi,. Yakni protein yang membantu melawan patogen yang masuk ke dalam tubuh.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Vitamin C juga  penting untuk produksi kolagen. Yaitu protein sebagai komponen utama kulit, jaringan ikat, tulang, dan pembuluh darah.

Dengan kolagen, luka cepat sembuh. Integritas struktur tubuh akan bertahan baik. Jadi dengan vitamin C, risiko infeksi bisa dicegah dan luka pasca operasi atau cedera cepat pulih.

4. Bikin Jantung Selalu Sehat

Sebagai antioksidan, suplemen vitamin ini bisa melindungi jantung dan pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas. Fungsi pembuluh darah bisa meningkat, resiko peradangan berkurang, dan tekanan darah turun.

Dengan demikian, risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner dan stroke akan berkurang.

5. Mencegah Kulit Rusak Akibat Sinar Matahari

Jenis antioksidan ini juga bisa melindungi kulit dari sinar matahari, polusi, dan radikal bebas. Sebab, vitamin C mampu meningkatkan produksi kolagen, yang cukup untuk mengencangkan kulit dan membuat elastis.

Ini bisa memncegah terjadinya penuaan dini seperti garis halus, keriput, dan bintik-bintik penuaan.

suntik vitamin C
sedang suntik vitamin C

Injeksi Vitamin C

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, Anda juga bisa melakukan suntik atau injeksi vitamin C. Dengan suntik, kadar vitamin C yang didapat jauh lebih tinggi daripada cara lain.

Manfaat suntik vitamin C antara lain:

Untuk injeksi vitamin C, Anda perlu konsultasi dengan dokter di mana Anda biasa periksa kesehatan.

Berapa biaya suntik vitamin C? Biaya bervariasi dari Rp 85.000 sampai Rp 1,5 juta.

Makanan Yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin C vitamin dari makanan. Vitamin dari makanan merupakan vitamin terbaik. Termasuk mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C.

Berikut adalah makanan mengandung vitamin C yang tinggi untuk tiap 100 gram.

1. Buah kiwi, tiap 100 gram mengandung 93 mg vitamin C.

2. Sayur brokoli, tiap 100 gram mengandung 89 mg vitamin C.

3. Buah leci, mengandung 73 mg vitamin C.

4. Buh stroberi, mengandung 59 mg vitamin C.

5. Cabai ternyata kandungan vitamin C-nya cukup tinggi, terutama cabai hijau. Tiap cabai (45 gr) mengandung 109 mg vitamin C. Cabai merah dengan bobot yang sama, hanya mengandung 65 mg vitamin C.

6. Jambu biji mengandung 126 mg vitamin C. Ini lebih dari butuhan per hari (75 -90 mg). Jambu biji juga bisa menurunkan darah tinggi dan mencegah kanker.

7. Buah lemon, menyediakan 83 mg vitamin C. Juga sebagai antioksidan.

8. Buah kesemek mengandung 16,5 mg vitamin C.

9. Pepaya juga cukup tinggi kandungan vitamin C. Yakni 87 mg atau 97% dari kebutuhan per hari.

10. Jeruk ukuran sedang menyediakan 70 mg vitamin C. Tentu saja, tidak semua jenis jeruk mengandung vitamin C yang sama.

vitacimin c

Merk Vitamin C Yang Bisa Anda Pilih

Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah kena penyakit, virus atau lainnya.

Berikut vitamin C yang bagus dan Anda bisa pilih:

1. Merk Vitacimin C. Vitamin C tablet dengan isi 500 mg. Harga Vitacimin C adalah Rp 3.000. Bisa memenuhi kebutuhan harian Anda. Vitacimin C tablet ini tampil dengan rasa fresh lemon, sweetorange, blueberry, dsb.

Tersedia juga Vitacimin C botol, Vitacimin untuk ibu menyusui, Vitacimin C untuk ibu hamil, dan Vitacimin untuk kulit. Ada varian Vitacimin Sweetlets, Vitacimin White, dan Vitacimin Nutriglow.

2. Puritans Pride Vitamin C, harga Rp 165.000 – Rp 360.000. Mempertahankan daya tahan tubuh dan menyehatkan kulit. Kualitas vitamin C tablet ini terjamin.

3. Holisticare Esticare, tidak perih di lambung, mencegah gusi berdarah, sariawan dan flu yang tidak kunjung sembuh. Harga vitamin c ini adalah Rp 6.000 – Rp 40.800. Tersedia kemasan botol dan sachet.

4. Vitalong C. Mencegah defisiensi (kekurangan) vitamin C. Meningkatkan pembekuan dan meningkatkan penyerapan zat besi. Tidak membuat lambung nyeri.

Mampu beraktivitas sepanjang hari. Jadi, konsumsi Vitamin C ini sangat bagus untuk kesehatan. Harga vitamin C ini murah, yaitu Rp 4.500 – Rp 29,500.

5. Natures Way. Menangkal kuman penyebab sakit. Menjaga fungsi darah putih. Dilengkapi anti-oksidan.

6. Airborne Supplement. Tersedia dalam bentuk tablet yang dilarutkan dalam air dan dalam bentuk tablet kunyah. Mengandung vitamin C yang dilengkapi dengan 17 nutrien. Harga vitamin C ini adalah Rp 31.000 – Rp 102.000.

7. Oronamin C. Satu-satunya minuman kesehatan yang memiliki kandungan vitamin lengkap. Aman dikonsumsi sehari-hari. Mengandung vitamin C, B2, B3, dan B6, dan madu. Isi 6 botol, harga vitamin C minuman ini adalah Rp 39.000-an.

8. Ester C Vitamin C: Holisticare Ester C tablet adalah suplemen yang mengandung vitamin C dalam bentu ester. Oleh karena itu, konsumsi Ester C vitamin C ini aman untuk lambung.

Selain itu, penyerapannya di dalam aliran darah juga lebih cepat. Mampu bertahan di dalam tubuh 2 kali lebih lama daripada vitamin C biasa. Bisa memelihara daya tahan tubuh Anda.

Harga Ester C 1 botol adalah Rp 55.200. Dosis 1 – 3 tablet per hari.

Serum Vitamin C Untuk Perawatan Wajah

Ada juga vitamin C untuk perawatan wajah. Bentuknya berupa serum vitamin C. Anda bisa membeli serum vitamin C di toko-toko online atau toko offline.

Untuk memilih serum vitamin C terbaik dan manfaatnya optimal disarankan memilih serum yang konsentrasinya diatas 8 persen. Tetapi jangan lebih dari 20 persen. Biar tidak terjadi iritasi.

Serum vitamin C terbaik antara lain:

1. Votre Peau Vitamin C Serum

Tekstur Votre Peau mirip gel yang cukup kental. Aromanya menyegarkan. Bisa mencerahkan wajah. Harga serum Votre Peau Serum Vitamin C adalah Rp 225.000.

2. Hanasui Serum Vitamin C

Bermanfaat mencerahkan kulit wajah, Hanasui Serum Vitamin C ini juga bisa membuat tekstur kulit Anda lebih baik dan melindungi kulit dari radikal bebas.

Selain itu, Hanasui Serum Vitamin C juga bisa mencerahkan kulit kusam, menghilangkan noda hitam di wajah dan bekas jerawat.

Harga Hanasui Serum Vitamin C terendah adalah Rp 22.500.

3. Humphrey Serum Vitamin C & Collagen Plus

Serum Vitamin C untuk perawatan wajah ini mengandung vitamin C, vitamin B3, dan kolagen. Bisa menekan proses pigmentasi.

Bahkan kandungan vitamin C, B3, dan kolagen bisa mengembalikan kulit jadi lembab alami. Harga serum vitamin C ini Rp 74.500.

4. Sido Muncul Vitamin C 1000 mg

Anda juga bisa mendapatkan vitamin C dengan minum Sido Muncul Vitamin C 1000 mg. Produk ini aman bagi penderita asam lambung atau maag. Sebab, produk ini tidak mengandung gula.

Dari segi bahan baku, produk untuk kekebalan tubuh ini juga bisa membantu memenuhi kebutuhan konsumsi Vitamin C yang diperlukan oleh tubuh.

Dalam produk Sido Muncul Vitamin C 1000 mg ini juga terkandung Vitamin E sebagai antioksidan. Fungsinya untuk menangkal radikal bebas.

serum vitamin c

Bolehkah Konsumsi Vitamin C Tiap Hari?

Beberapa orang bertanya, apakah mengonsumsi vitamin C tiap hari aman? Termasuk suplemen vitamin C dosis tinggi?

Konsumsi obat vitamin C tiap hari aman. Bahkan, mengonsumsi lebih banyak bisa menaikkan kadar oksidan sampai 30%.

Konsumsi vitamin C bisa menurunkan resiko terkena penyakit darah tinggi atau hipertensi, sakit stroke dan sakit jantung.

Oleh karena itu, konsumsi vitamin C aman. Bahkan penting bagi orang-orang tertentu yang punya resiko tinggi akibat kekurangan vitamin C.

Lebih-lebih Anda yang tensi darahnya turun. Selain itu, Anda yang sedang terserang infeksi, influenza dan radang tenggorokan, juga perlu mengonsumsi vitamin C.

Tidak lain supaya daya tahan tubuh bisa meningkat dan penyakitnya sembuh

Kebutuhan Vitamin C Per Hari

1. Kebutuhan konsumsi vitamin C harian bayi/anak-anak per hari:

2. Kebutuhan konsumsi vitamin C untuk pria:

 3. Kebutuhan konsumsi vitamin C harian wanita:

Waktu Terbaik Mengonsumsi Vitamin C

Kapan waktu terbaik mengonsumsi vitamin C?

Waktu minum vitamin C yang ideal adalah pagi hari 30 – 45 menit sebelum sarapan. Sebab, vitamin C adalah nutrisi yang larut dalam air.

Oleh karena itu, waktu paling baik saat perut kosong. Vitamin bisa diserap dengan baik. Tetapi jika Anda ingin mengonsumsi vitamin C siang hari, sebaiknya beberapa saat setelah makan siang.

Perlu jeda waktu supaya tubuh bisa menyerap vitamin C dengan baik. Jika Anda makan siang dengan menu yang banyak kandungan vitamin C, ya tidak perlu mengonsumsi suplemen.

Baca Juga:

Penutup

Konsumsi Vitamin C bisa Anda peroleh dari banyak sumber. Yang penting Anda bersedia konsumsi vitamin C dalam jumlah yang memadai sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh (imun).

Dengan daya tahan tubuh yang baik, Anda tidak akan mudah terkena serangan virus, termasuk covid-19, atau serangan penyakit lain. Semoga Anda selalu sukses dan sehat. (Diperbarui 23 Juli 2024).

FacebookTwitterShare
Exit mobile version