Hati-Hati ! Ada 6 Juta Kuman Gigi di Mulut Anda

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments
Reading Time: 3 minutes

MERAWAT dan membersihkan gigi serta mulut sangat penting. Sebab, ada miliaran kuman gigi bersarang di sana. Jika Anda lalai membersihkan gigi dan mulut, kuman bisa merepotkan Anda.

Bisa-bisa Anda akan terkena penyakit sariawan, gigi Anda berlubang, bau mulut menyebar, atau sakit di rongga sinus. Bahkan juga bisa menyebabkan sakit jantung.

Ihh..

Makanya, Anda perlu selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Rajin menyikat gigi, membersihkan sisa-sisa makanan di sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi, dsb.

Pendek kata, menyikat gigi harus Anda lakukan rutin. Pagi dan malam menjelang tidur. Yang banyak terabaikan adalah menyikat gigi menjelang tidur.

Nah, apa saja yang harus Anda lakukan supaya gigi Anda tetap sehat sampai usia tua? Gigi tidak berlubang, tidak keropos, gusi tetap sehat, dsb.

kuman gigi
membersihkan kotoran di sela gigi pakai benang (foto:tribunnews.com)

Cara Mencegah dan Mengatasi Kuman Gigi di Mulut

Meskipun jumlah kuman di mulut dan gigi sampai miliaran, Anda tidak perlu khawatir. Yang penting Anda rajin merawat dan membersihkan gigi dan mulut sehingga bakteri di mulut tidak akan berkembang biak.

Apa saja yang harus Anda lakukan supaya gigi dan mulut tetap sehat, tidak banyak kuman, tidak ada sakit gigi, gigi berlubang, gusi bengkak, mulut bau, mulut kering, dsb?

Ya, ada beberapa. Antara lain:

1. Hindari Konsumsi Makanan Manis atau Asam

Anda suka makanan atau minuman sangat manis?

Jika ya, coba kurangi biar Anda tidak menderita sakit gigi nantinya. Minum minuman manis boleh, tetapi jangan terlalu manis dan jangan terlalu sering.

Demikian pula untuk makanan rasa manis atau makanan minuman rasa asam.

Anda sebaiknya mulai mengatur diri. Ingat risikonya. Bisa merusak gigi, yakni jadi gigi keropos, berlubang, dsb.

Makanan minuman manis dan rasa asam adalah penyebab berkembangbiaknya kuman jahat di mulut dan gigi.

Hindari atau batasi konsumsi kue kering (cookies), permen, biji-bijian, buah-buahan rasa asam, roti, keripik kentang, kue manis, minuman bersoda, dan coklat.

2. Rajin Menyikat Gigi, Termasuk Malam Menjelang Tidur

Menyikat gigi merupakan aktivitas sangat penting untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut, termasuk kesehatan gusi.

Tidak hanya menyikat gigi. Selain sikatnya harus memenuhi syarat bisa membersihkan gigi, Anda juga harus menggunakan pasta gigi sesuai dengan kondisi gigi Anda.

Membersihkan gigi harus dilakukan sehari dua kali. Pagi habis sarapan dan menjelang tidur malam. Dengan rajin menyikat gigi secara benar, gigi akan bebas dari kemungkinan tumbuhnya plak ataupun karang gigi.

Adanya plak dan karang gigi bisa membuat kuman berkembang biak dengan cepat. Plak akan menjadi asupan bagi kuman. Bahkan membuat gigi berlubang.

Maka, Anda perlu sekali rajin menyikat gigi, membersihkan sisa makanan atau kotoran di sela gigi dan berkumur menggunakan obat kumur.

3. Mengganti Sikat Giti Tiap 3 – 4 Bulan Sekali

Selain rajin menyikat gigi pagi habis sarapan dan malam menjelang tidur, Sikat giginya juga harus Anda ganti tiap 3 – 4 bulan sekali.

Mengapa? Setelah lama Anda pakai, sikat gigi juga bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri, virus atau kuman. Oleh karena itu, perlu ganti sikat gigi baru yang bersih dari kuman.

Selain itu, kualitas bulu sikat gigi juga sudah menurun setelah Anda pakai 3 – 4 bulan.

Sikat Khusus Anti Bakteri: Tetapi, kini ada sikat gigi khusus anti kuman, bakteri / virus. Sikat ini lembut dan bersahabat dengan gusi. Bahkan bisa mencegah sakit gusi dan gigi.

Harga bervariasi. Dari belasan ribu rupiah sampai seratus rupiah lebih.

3. Hindari Merokok

Merokok juga bisa menjadi sebab berkembangbiaknya kuman di mulut dan gigi. Jika Anda ingin gigi dan mulut Anda bebas dari berkembang biaknya kuman jahat, maka hindari kebiasaan merokok.

Selain menyebabkan berkembangbiaknya kuman jahat, merokok justru merusak kuman baik. Padahal, kuman baik inilah yang menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Konsumsi obat yang membuat mulut kering juga bisa menyebabkan tumbuhnya banyak bakteri jahat.

Saya pernah mengalami hal seperti itu. Mengonsumsi obat sakit sendi, eh efek sampingnya justru membuat mulut kering dan bau akibat rendahnya air liur. Bahkan, suara juga terganggu.

Penutup

Mengatasi bakteri, kuman ataupun bakteri di gigi dan mulut sangat penting agar gigi Anda selalu sehat. Tidak berlubang, keropos, rusak, dsb. Tidak menyebarkan bau mulut dan tidak berisiko kena penyakit lain.