WARASWIRIS.COM

11 Makanan Bayi 10 Bulan agar Cepat Gemuk & Sehat

Reading Time: 5 minutes

INGIN bayi 10 bulan cepat gemuk? Bunda bisa memilih berbagai makanan bayi berikut ini. Caranya mudah. Harganya juga murah. Itulah makanan bayi 10 bulan agar cepat gemuk.

Tentu saja, menyaksikan si kecil lahap makan makanan yang Bunda sajikan, Bunda pasti merasa sangat senang.

Sebab, dengan itu berarti si kecil bisa tumbuh sehat dan berat badannya terus meningkat.

Tetapi makanan bayi yang harus Bunda pilih adalah makanan yang menyehatkan. Bukan sekadar membuat si kecil lahap makan, tetapi berat badannya masih tetap rendah atau dibawah angka normal (ideal).

Oleh karena itu, makanan bayi yang Bunda sajikan harus kaya nutrisi. Makanan bayi yang bisa membuat badan si kecil tumbuh jadi gemuk atau berat badannya terus bertambah dari bulan ke bulan.

Baca: Makanan Bayi 8 Bulan Biar Cepat Gemuk

Makanan apa saja yang bisa membuat badan bayi gemuk?

11 Makanan Bayi 10 Bulan agar Cepat Gemuk 

Nah, berikut adalah 11 makanan bayi yang bisa membuat si kecil umur 10 bulan cepat gemuk. Bunda bisa memilih makanan bayi mana yang terbaik dan mudah dilakukan.

Cara menyiapkan makanan untuk si kecil juga tidak sulit. Banyak resep makanan bayi 10 bulan agar cepat gemuk yang bisa Bunda coba buat. Yang penting si kecil suka dan lahap makannya.


pisang mas untuk bayi (foto:twitter)

1. Pisang Ambon, Pisang Mas Atau Susu Merah

Buah pisang termasuk salah satu makanan bayi terbaik, makanan bayi 10 bulan agar cepat gemuk.

Selain kandungan karbohidrat dan seratnya cukup tinggi, cara mendapatkan buah pisang juga sangat mudah. Pisang bisa dibeli di pasar tradisional, toko buah, swalayan, toko online, dsb.

Untuk makanan pendamping ASI atau MPASI untuk bayi 6 – 12 bulan, Bunda sebaiknya pilih pisang yang matang.

Jika si kecil sudah bisa mengunyah, Bunda bisa potong pisang kecil-kecil untuk memudahkan anak mengonsumsinya.

Apabila si kecil belum bisa mengunyah, ya sajikan pisang dengan cara Bunda haluskan.

Bunda bisa memilih pisang ambon, pisang mas atau pisang susu merah.

Ketiga jenis pisang itu terbaik untuk kesehatan si kecil. Teksturnya lembut, mudah dikunyah dan dicerna oleh pencernaan. Harga pisang juga tidak mahal.

Baca: 10 Susu Penambah Berat Badan Bayi 6 12 Bulan

Oleh karena itu, pisang merupakan MPASI terbaik untuk si kecil. Apalagi rasanya manis.

2. Alpukat

Alpukat juga bisa jadi makanan bayi 10 bulan yang baik berasal dari buah-buahan. Tetapi, Bunda baru bisa memberikan alpukat kepada si kecil setelah berusia 10 bulan.

Buah alpukat kaya akan lemak nabati yang sehat sehingga bisa meningkatkan berat badan bayi

Selain itu, buah alpukat juga mengandung beberapa vitamin dan mineral yang penting. Antara lain lemak tidak jenuh, vitamin C, E, K, B10, E, asam folat, serat, dan asam pantotenat.

Bunda dapat menyajikan alpukat dalam bentuk pure pada awal-awal si kecil mulai menerima MPASI dan bentuk yang lain.

Buatlah berbagai varian untuk makanan bayi 10 bulan agar tidak bosan.

3. Apel

Bunda juga bisa memberikan asupan buah apel kepada si kecil umur 10 bulan atau lebih. Rasa apel manis dan gurih.

Tidak hanya untuk pertumbuhan badan. Buah apel juga sangat baik untuk pertumbuhan otak bayi. Kandungan quercetin dari apel bisa merangsang aktivitas otak.

Dengan mengonsumsi buah apel, si kecil juga akan memiliki kekebalan tubuh yang kuat dan tidak mudah terkena penyakit. Harga buah apel tidak terlalu mahal. Harga apel bervariasi karena jenis apel juga banyak.

Baca: Promina Bubur Penambah Berat Badan Bayi Terbaik 

Tentu saja, Bunda harus lebih dulu melembutkan daging buah apel. Bisa pula dibuat jus dengan sedikit air. Tanpa tambahan gula, rasa apel sudah nyaman.

4. Kacang-kacangan: Kacang Tanah, Kacang Hijau, Almond

Kacang-kacangan juga bagus untuk Bunda jadikan sebagai makanan bayi 10 bulan agar cepat gemuk.

Nutrisi kacang-kacangan cukup tinggi. Oleh karena itu, konsumsi kacang-kacangan bisa menambah berat badan. Badan anak menjadi gemuk.

Bunda bisa memilih kacang hijau. kacang almond, kacang kedelai, kacang merah, kacang polong dan kacang edamame. Ya, kacang mana saja bisa Bunda pilih.

Untuk membuat MPASI bagi si kecil, Bunda bisa memadukan kacang dengan makanan lain. Atau Bunda padukan dengan antar jenis kacang lain sehingga banyak variasi dan si kecil tidak bosan.

Ya, terserah Bunda ingin mengolah kacang-kacangan jadi menu MPASI apa saja.

5. Kentang

Menu makanan bayi 10 bulan yang lain dan bagus untuk menambah berat badan bayi adalah kentang. Siapa yang nggak suka kentang?

Kentang kaya karbohidrat yang bisa Bunda sajikan kepada si kecil untuk menambah berat badannya. Kentang mengandung vitamin C, vitamin B10, fosfor, dan mangan.

Selain itu, kandungan gizinya juga tinggi. Tekstur makanan bayi 10 bulan ini juga lembut sehingga cocok untuk makanan bayi yang bisa menambah berat badannya.

6. Daging Ayam

Bunda juga bisa memilih daging ayam sebagai menu makanan bayi 10 bulan agar gemuk. Sebab, daging ayam kaya niacin, magnesium, fosfor, vitamin B10 dan B12.

Olahan daging ayam memang bisa Bunda berikan kepada si kecil jika sudah berumur 10 bulan.

Baca: 5 Makanan Untuk Menambah Berat Badan Bayi 9 Bulan

Bunda bisa memberikan masakan daging ayam dalam bentuk kaldu ayam. Si kecil pasti suka dengan sajian daging ayam.

7. Telur Ayam

Selain daging ayam, telur ayam juga sangat baik Bunda sajikan sebagai makanan bayi 10 bulan yang sehat kepada si kecil.

Disamping bisa membuat badan bayi selalu sehat, konsumsi telur juga bisa menambah berat badan buah hati Bunda.

Telur mengandung protein yang tinggi. Kandungan lain dari telur adalah mineral, vitamin A dan vitamin B12.

Tetapi, Bunda sebaiknya hanya memberikan kuning telur saja. Untuk putih telur, sebaiknya diberikan setelah si kecil berusia 1 tahun.

8. Brokoli Kukus

Bunda juga bisa menyajikan brokoli kukus kepada si kecil agar badannya tumbuh jadi gemuk.
Brokoli memang kaya serat. Jadi sangat baik untuk bayi.

Kandungan lain adalah kalsium dan folat. Mendapatkan brokoli juga sama mudahnya dengan mendapatkan kacang-kacangan atau bahan makanan lainnya.

Bagaimana cara menyajikan makanan bayi dari brokoli? Siapkan brokoli segar, cuci bersih, potong kecil-kecil lalu Bunda kukus sampai matang, lembut.

Jadilah makanan pendamping ASI yang lezat menyehatkan untuk si kecil.

9. Wortel Campur dengan Bubur

Wortel juga bagus untuk Bunda jadikan makanan pendamping ASI. Selain rasanya manis dan warnanya cerah dan menarik, wortel juga mengandung beta karoten yang baik untuk perkembangan tubuh dan mata bayi.

Baca: Minum Susu Morinaga BMT Platinum, Bayi Cepat Gemuk

Jadi, Bunda bisa coba. Toh, di dapur banyak tersedia wortel. Cara penyajiannya juga mudah.
Misalnya, kukus wortel sampai matang. Lalu, haluskan dan campur dengan bubur bayi.

10. Keju

Bunda juga bisa memilih keju untuk makanan bayi 10 bulan agar gemuk. Sebab, keju adalah makanan kaya gizi yang dibutuhkan si kecil. Antara lain kalori, protein, dan kalsium.

Rasa keju juga enak. Bisa diolah menjadi beragam makanan lezat untuk si kecil sehingga si kecil sangat suka untuk menikmatinya.

Maka, sangat baik jika Bunda menyiapkan MPASI untuk si kecil dari bahan keju. Selain sebagai sumber energi, konsumsi keju juga membantu pembentukan tulang dan gigi, lemak baik untuk badan, dan sebagai antioksidan.

Bunda bisa membuat keju jadi cemilan. Bisa pula dicampur dengan bahan makanan lain sehingga menjadi cemilan enak dan menarik. Bayi pun jadi gemuk.

Harga keju juga murah. Tergantung merk dan beratnya. Harga keju terendah Rp 4.900 isi 35 gr. Ada harga keju cheddar, harga keju kraft, mozarella, dsb.

11. Oatmeal

Pilihan lain untuk membuat makanan bayi 10 bulan agar cepat gemuk adalah oatmeal. Butiran gandumnya kaya akan nutrisi penting. Misalnya vitamin, serat, dan protein.

Sejak umur 6 bulan, bayi sudah bisa diberi asupan oatmeal. Selain untuk menambah berat badan si kecil, konsumsi oatmeal juga bisa mencegah susah buang air besar (BAB), menaikkan daya tahan tubuh, dsb. Konsumsi ASI juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Harga oatmeal juga murah. Dari harga oatmeal terendah Rp 45.000 untuk 800 gr.

Penutup

Itulah beberapa makanan bayi 10 bulan agar cepat gemuk yang bisa Bunda sajikan kepada si kecil. Bunda bisa memilih resep makanan bayi 10 bulan mana yang cocok dengan si kecil dan berat badannya bisa terus meningkat sesuai dengan umurnya.

Porsi makanan bayi 10 bulan yang bisa Bunda sajikan sesuai dengan perkembangan umur bayi.

Exit mobile version