WARASWIRIS.COM

Beberapa Makanan Bayi 8 Bulan Agar Cepat Gemuk

Reading Time: 5 minutes

SEMUA orang tua pasti menginginkan anak bayinya tumbuh normal dan berat badannya terus meningkat tiap bulan. Tetapi harapan tidak selalu jadi kenyataan. Lantas, makanan bayi 8 bulan agar cepat gemuk apa saja ya?

Selain mendapatkan asupan air susu ibu (ASI), bayi umur 8 bulan tentu sebaiknya juga mendapatkan asupan makanan tambahan berupa makanan padat.

Makanan padat yang dimaksud sering disebut sebagai makanan pendamping air susu ibu atau MPASI. Misal MPASI untuk bayi 6 bulan.

Dalam kenyataannya, banyak anak usia 8 bulan tetapi berat badannya masih tergolong rendah atau belum ideal. Mengapa dan bagaimana cara mengatasinya?

Salah satu cara menaikkan berat badan bayi adalah dengan memberikan MPASI yang kaya nutrisi, segar, memiliki beragam rasa dan tekstur.

Atau siapkan menu makanan bayi 8 bulan secara khusus. Bunda bisa membuat sendiri atau membeli makanan atau bubur bayi jadi.

Misalnya Milna bubur bayi, Promina bubur bayi, Sun bubur bayi, dsb.

Berapa Berat Badan Ideal Bayi Umur 8 Bulan?

Sebelum membicarakan makanan apa saja yang harus disajikan kepada si kecil 8 bulan agar berat badannya terus naik, ada baiknya Anda ketahui dulu berapa berat badan ideal bayi 8 bulan.

nasi tim bayam jagung manis (foto:shopee.com)

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), berat badan bayi anak laki-laki usia 8 bulan adalah 6,9–10,7 kg. Sementara, berat idealnya 8,6 kg.

Untuk berat badan bayi perempuan berusia 8 bulan adalah sekitar 6,3–10 kg. Adapun berat badan idealnya adalah 8 kg.

Nah, sekarang cek berat badan bayi Anda yang berusia 8 bulan. Kalau Bunda punya timbangan sendiri, Bunda bisa cek langsung.

Kalau tidak punya, ya nunggu sampai ada pemeriksaan bayi. Baik di posyandu, klinik anak ataupun rumah sakit.

Jika ternyata berat badan (BB) anak atau bayi masih rendah, kini saatnya Bunda memberikan tambahan makanan yang diperlukan oleh anak / bayi.

Ini adalah cara menambah berat badan bayi dengan cepat dan tepat.

Beberapa Makanan Bayi 8 Bulan: Buah, Sayuran, Produk Susu

Ada beberapa pilihan makanan yang bisa Bunda siapkan untuk si kecil 8 bulan biar berat badannya bisa naik atau bertambah.

Sebelum disajikan, Bunda perlu memasak dulu atau menghaluskannya.

Tetapi ketika membuat MPASI untuk si kecil, hindari tambahan gula, penyedap rasa dan garam.

1. Makanan Kaya Protein 

Bunda perlu memberikan makanan tinggi protein. Sebab, makanan ini bisa meningkatkan energi bayi dan bisa mendukung pertumbuhan tubuh si bayi.

Sajikan makanan ini setelah Bunda masak tanpa tambahan bumbu dapur. Antara lain:

Baca: 5 Makanan Penambah Berat Badan Bayi 9 Bulan

2. Sayuran 

Bunda juga bisa menyajikan sayuran penambah berat badan bayi 8 bulan. Bisa disajikan setelah Bunda masak atau mengukusnya. Antara lain:

3. Buah-buahan Bikin Cepat Gemuk

Berikan buah penambah berat badan bayi dengan tekstur padat. Misalnya:

4. Produk Olahan dari Susu

Bunda juga bisa memberikan asupan produk olahan susu. Misalnya keju dan yoghurt. Tetapi Bunda tidak memberikan pemanis. Baca: 10 Susu Penambah Berat Badan Bayi Usia 6 – 12 Bulan. 

5. Makanan Kaya Zat Besi

Bayi 8 bulan sangat membutuhkan asupan yang kaya zat besi. Antara lain daging atau sereal dan gandum.

Makanan Untuk Bayi 8 Bulan

Beberapa bahan di atas bisa pula dipadukan satu dengan lainnya yang cocok untuk dijadikan sebagai asupan bergizi biar si kecil berbadan gemuk. Berat badannya terus bertambah tiap bulan. Antara lain:

Nasi Tim Ayam Sederhana

Apa saja bahan-bahannya untuk membuat nasi tim ayam sederhana untuk si kecil? Berikut resepnya seperti disajikan oleh diadona.id.

Bagaimana cara membuat nasi tim ayam sederhana? 

Semua bahan Anda masukkan ke dalam wadah tahan panas. Tuangkan air ke dalam wadah hingga semua bahan terendam.

Masukkan wadah tadi ke dalam panci kukus. Biarkan sampai tim matang. Bunda bisa memberikan nasi tim ayam ini kepada si kecil.

Tim Tahu Bayam

Makanan bayi 8 bulan lain yang bisa Bunda siapkan adalah tim tahu bayam. Bahan-bahannya adalah:

Bagaimana cara membuat tim tahu ayam? 

Cara membuat tim tahu bayam untuk si kcil adalah siapkan wadah tahan panas, masukkan wortel, tahu, tepung beras dan air. Lalu panaskan.

Setelah bahan mencapai setengah matang, lalu masukkan bayam dan aduk merata. Setelah semua bahan lunak, angkat dan haluskan dengan menggunakan blender.

Hasilnya, tim tahu bayam siap untuk asupan bayi Bunda usia 8 bulan.

MPASI Jadi Lebih Praktis

Jika ingin praktis dan tidak perlu repot, Bunda bisa mendapatkan makanan bayi 8 bulan agar cepat gemuk dalam bentuk yang sudah jadi.

Bunda bisa mendapatkan makanan bayi 8 bulan itu di toko-toko online. Harganya pun tidak mahal. Beberapa di antaranya adalah:

1. Milna Bubur Bayi

Bubur bayi Milna tersedia untuk si kecil umur 6 – 24 bulan. Jadi, Milna bubur bayi ini juga cocok untuk bayi 8 bulan. Biskuit isi 130 gr.

Kandungan dalam bikuit Milna ini antara lain kalsium, vitamin C dan E, zat besi, 9 vitamin dan 3 mineral. Tersedia 5 rasa, yakni rasa pisang, jeruk, kacang hijau, original, dan beras merah.

Baca: Promina Bubur Bayi Penambah Berat Badan Terbaik

Adapun cara penyajian, siapkan 2 keping biskuit dan tambahkan air hangat atau susu hangat.  Bubur bayi Milna Biskuit siap Bunda sajikan kepada si kecil.

2. Nayz Bubur Beras dengan 6 Menu

Makanan pendamping ASI (MPASI) Nayz ini juga tergolong laris. Tersedia 6 menu. Yakni menu ayam fillet, daging sapi, hati sapi, ikan salmon, kakap dan beras merah, dan ikan tuna.

Bunda bisa memilih menu bubur Nayz yang bisa membuat si kecil berbadan gemuk. Harga Nayz Bubur dalam kaleng isi 150 gr ini adalah Rp 23.300.

3. Sun Sereal Bubur Susu

Dikemas dalam bentuk suchet isi 20 gr. Bubur Sun Sereal ini juga merupakan MPASI untuk bayi umur 6 bulan ke atas, termasuk bubur untuk bayi 8 bulan.

Tersedia dalam berbagai rasa. Yakni rasa beras merah, kacang hijau,  pisang susu, ayam kampung, bayam dan ubi ungu

4. Rices Crackers Yummy Bites

Bubur bayi ini tersaji dalam 4 varian. Yakni, varian pisang, apel, wortel dan sayuran. Bubur dibuat dari beras berkualitas alami.

Produk rices crackers Yummy Bites bebas lemak, mudah dicerna, bebas gluten, dsb. Dengan ini, bubur Yummy Bites aman untuk dikonsumsi oleh bayi penderita alergi gandum, kacang ataupun telur.

Harga biskuit anak ini adalah Rp 18.000

5. Gasol Organik Tepung Ubi

Tepung ubi ini siap Bunda masak. Selain untuk makanan pendamping ASI (MPASI), orang dewasa dan lansia juga bisa mengonsumsi tepung ubi ini.

Bahan tepung ubi ini tanpa bahan pengawet, perasa, pewangi, dan pewarna. Sangat baik untuk pencernaan. Bebas gluten sehingga aman untuk bayi.

Sebelum Bunda sajikan kepada si kecil, bahan perlu Bunda masak dulu. Siapkan 20 gr  atau 2 sendok makan tepung ubi dengan 200 ml air putih. Bunda aduk dan masak dengan api kecil 10-15 menit.

Baca Juga:

Sajikan dengan tambahan susu / buah / protein hewani biar kebutuhan gizi si kecil terpenuhi dengan baik. Harga tepung ubi ini Rp 24.000 untuk tepung ubi 200 gr.

Penutup

Demikian artikel mengenai makanan bayi 8 bulan agar cepat gemuk. Bunda bisa menyiapkan sendiri atau memilih cara praktis dengan membeli produk jadi seperti Milna bubur bayi, Milna bubur bayi, Sun bubur bayi, dsb.

Yang penting kebutuhan si kecil untuk mendapatkan asupan yang bisa membuat badannya lebih gemuk sangat penting. Dengan memiliki berat badan ideal, si kecil bisa tumbuh sehat.

 

Exit mobile version