8 Makanan Berserat Tinggi untuk Mengatasi Sakit Wasir

Berita, Herbal 0 Comments

ANDA bisa mengonsumsi makanan berserat tinggi untuk wasir. Sesungguhnya banyak cara bisa Anda lakukan untuk mengatasi penyakit wasir atau ambeien. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang berserat tinggi.

Punya penyakit wasir memang tidak nyaman. Apalagi pembuluh vena di sekitar anus sering terasa sakit akibat bengkak. Anda akan merasa tersiksa.

Yang terpikir tentu saja bagaimana bisa menghentikan rasa sakit. Mengonsumsi buah dan sayur yang berserat tinggi bisa meredakan gejala wasir yang sangat mengganggu itu.

Makanan Berserat Tinggi untuk Wasir

Pertanyaannya, makanan apa saja yang berserat tinggi dan bisa menyembuhkan atau mengatasi penyakit wasir atau ambeien? Bagaimana cara mengonsumsinya?

Baca – Bolehkah Penderita Sakit Wasir Mengonsumsi Mi Instan?

Berikut ini daftar beberapa makanan berserat tinggi yang bisa Anda konsumsi untuk meredakan wasir atau ambeien. Bisa pula untuk mencegah terjadinya wasir.

makanan berserat tinggi untuk wasir

1. Makanan Berserat Tinggi untuk Wasir: Brokoli

Brokoli termasuk sayuran yang kaya akan serat. Maka, layak Anda pilih untuk mengatasi penyakit wasir. Harganya pun murah dan banyak tempat menjual brokoli. Di supermarket (swalayan) atau di pasar tradisional.

Biasanya, satu cangkir (76 gram) brokoli mentah mengandung 2 gram serat tidak larut. Selain itu, brokoli juga mengandung glukosinolat, bahan kimia tanaman yang bisa diurai oleh bakteri usus.

2. Seledri – Banyak Air dan Serat Tinggi

Seledri juga termasuk sayuran yang mengandung serat tinggi, selain mengandung banyak air. Maka, daun seledri juga bisa Anda gunakan mencegah atau mengatasi penyakit wasir / ambeien.

Dengan serat yang tinggi, maka seledri bisa melunakkan feses. Anda pun tidak perlu mengejan lagi saat buang air besar yang justru bisa memperparah sakit ambeien.

Satu tangkai besar seledri 28-31 cm mengandung 1% serat dan 95% air. Sayuran ini bisa ditambahkan pada salad dan sup.

Baca – 5 Pantangan Makanan untuk Penderita Wasir

Selain dua sayuran di atas, sayur yang juga mengandung serat tinggi dan baik dikonsumsi untuk mengatasi wasir atau ambeien adalah bayam, sawi, kangkung, selada dan lainnya.

3. Makanan Berserat Tinggi Ketimun dan Melon

Makanan berserat tinggi lainnya yang bisa Anda konsumsi untuk menyembuhkan wasir atau ambeien adalah ketimun dan melon. Kedua makanan itu terasa segar saat dikonsumsi.

Mengonsumsi keduanya sangat baik untuk memasukkan serat ke dalam sistem pencernaan.

Ketika mengonsumsi timun, Anda sebaiknya tidak membuang kulit. Sebab, justru kulit ketimun yang mengandung banyak serat sehingga bisa membantu mengatasi wasir / ambeien.

4. Buah Penyembuh Ambeien Apel, Anggur, dll.

Anda juga bisa memanfaatkan buah apel untuk menyembuhkan wasir. Harga apel relatif terjangkau. Rasanya juga cocok di lidah orang Indonesia.

Bagi Anda yang sekarang menderita wasir, buah apel dapat dijadikan pilihan untuk mengatsi ambeien secara alami, karena mengandung 5% serat.

Baca – 8 Terapi Jus Buah untuk Mengatasi Sakit Wasir

Buah apel juga mengandung pektin. Yakni serat larut, yang mampu melembutkan tekstur feses (tinja). Buah lain yang juga bagus dikonsumsi penderita wasir adalah anggur, stroberi, pisang, kurma, tomat dan ceri.

5. Buah Pepaya – 89% Berisi Air

Pepaya juga sangat bagus untuk Anda konsumsi ketika mengalami sakit wasir. Bahkan, jika biasa mengonsumsi pepaya sejak sebelum menderita sakit wasir, Anda akan bebas dari penyakit yang diakibatkan oleh sulit buang air besar (BAB).

Tak usah tiap hari. Satu minggu sekali juga boleh. Pepaya sangat ampuh untuk mengatasi wasir. Kandungan airnya mencapai 89%.

6. Banyak Minum Ar Putih

Banyak minum air putih juga bisa melancarkan BAB. Tidak percaya? Ketika Anda sulit BAB, coba diatasi dengan banyak minum air putih. Setidaknya Anda minum 7 – 8 gelas per hari. Dalam waktu 1 – 2 hari, Anda bisa BAB dengan lancar. Anda pun merasa lega. Kesulitan BAB bisa diatasi,

Jadi, ketika Anda merasa sulit BAB jangan dipaksa dengan mengejan. Lebih baik BAB dibatalkan, lalu Anda mulai sering minum air putih. Nanti kesulitan BAB akan teratasi tanpa harus mengejan. BAB dengan mengejan bisa menyebabkan And kena sakit wasir.

7. Kacang-kacangan – Makanan Berserat Tinggi untuk Wasir

Kacang-kacangan juga termasuk makanan berserat tinggi yang bagus dikonsumsi oleh penderita wasir atau ambeien. Ada berbagai jenis kacang-kacangan yang dapat Anda konsumsi biar ambeien bisa kembali kempes.

Baca – Hindari Buah Pantangan untuk Penyakit Wasir

Misalnya, kacang almond, kacang polong, kacang hitam, kacang hijau, dan kacang lentil.

8. Biji-bijian Kaya Akan Serat

Makanan dari biji-bijian juga kaya akan serat seperti halnya kacang-kacangan. Contohnya oat, jagung, roti atau biskuit yang terbuat dari tepung gandum.

Makanan olahan hasil biji-bijian, misalnya roti dan biskuit yang dibuat dari tepung gandum. Biji-bijian juga bisa diolah menjadi bubur sebagai halnya kacang-kacangan.

Kesimpulan – Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi

Jika suatu saat Anda mengalami kesulitan BAB, jangan panik. Atasi dengan memperbanyak makanan yang mengandung serat tinggi. Jangan sering mengejan saat BAB sulit. Ana bisa kena sakit wasir.

Makanan dengan Serat Tinggi: apel, jerk, pisang, buah pir, mangga, nangka, persik, sukun, srikaya, beri, buah ara, brokoli, selada, edamame, lobak, wortel mentah, bayam, jamur, labu, asparagus, kentang, kacang panjang, daun kale, kacang merah, kacang almond, oat, beras merah, dsb.

Sekian dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

 

!-- Ads 300x250 -->