8 Makanan yang Baik untuk Penderita Vertigo

Sakit Kepala 0 Comments

MAKANAN yang baik untuk penderita vertigo – Makanan punya peran besar terhadap beberapa penyakit, termasuk vertigo. Beberapa makanan bisa menyebabkan vertigo sering kambuh. Sebaliknya, ada juga makanan yang bisa mengatasi vertigo.

Ini berarti kedua jenis makanan itu harus mendapatkan perhatian serius dari penderita vertigo. Kedua hal itu harus dilakukan bersamaan sehingga vertigo bisa diatasi. Vertigo tidak sering kambuh.

Untuk makanan penyebab vertigo, Anda bisa baca artikel tentang 11 Makanan yang Bisa Menyebabkan Vertigo Kambuh dan Beberapa Contohnya. Hindari semua makanan itu dengan baik sehingga vertigo bisa diatasi. Tidak sering kambuh. Hindari juga penyebab vertigo lainnya di luar makanan.

Kini, giliran makanan apa yang baik untuk penderita vertigo? Maksudnya, makanan apa yang bisa membuat vertigo tidak sering kambuh? Atau makanan apa yang bisa membuat vertigo sembuh?

Mengonsumsi vitamin untuk penderita vertigo juga sangat membantu meredakan sakit Anda.

8 Makanan yang Baik untuk Penderita Vertigo

Berikut ini akan disampaikan beberapa makanan yang baik untuk penderita vertigo. Makanan ini mudah Anda dapatkan. Anda bisa menyiapkan sendiri atau membeli yang sudah jadi.

makanan yangaik untuk penderita vertigo
makanan dan vitamin untuk penderita vertigo (foto:aryanto.id)

1. Buah Pisang

Buah pisang tentu mudah Anda dapatkan. Atau Anda punya tanaman pisang sendiri sehingga tidak perlu membeli. Jika membeli, harganya juga tidak mahal.

Pisang merupakan sumber utama energi bagi kita. Maka, jika Anda habis olahraga atau bekerja yang menguras energi, Anda sebaiknya makan pisang biar energinya segera pulih kembali.

Selain itu, juga bisa mengembalikan sistem imun dalam tubuh. Jadi, buah pisang sangat baik dikonsumsi oleh penderita vertigo. Konsumsilah tiap hari biar vertigo tidak mudah kambuh.

2. Sayur Bayam

Bayam juga sangat bagus untuk dikonsumsi oleh penderita vertigo. Sebab, bayam kaya vitamin B6 yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit kepala pusing, termasuk mengatasi penyakit vertigo.

Penderita kepala pusing memang harus mengonsumsi banyak vitamin B6 yang bisa memberikan suplemen makanan secukupnya. Salah satunya sayur bayam.

Anda sebaiknya masak bayam dengan benar. Sebelum dimasak, bayam direndam dalam air bersih beberapa saat, lalu dibersihkan dengan air mengalir biar kotoran dan kuman bisa dihilangkan.

Sayur bayam juga sangat baik untuk menurunkan darah tinggi dan meninggikan badan secara alami.

3. Selai Kacang

Anda juga bisa mengonsumsi selai kacang karena mengandung vitamin B yang cukup tinggi. Usahakan bisa mengonsumsi selai kacang 1 sendok makan tiap hari.

Selai kacang akan meningkatkan metabolisme tubuh dan menangkal radikal bebas sehingga mampu mengatasi sakit vertigo, kepala pusing yang sangat berat.

4. Ikan Air Tawar

Makanan lain yang baik untuk membuat penderita vertigo lebih sehat adalah ikan tawar. Mengonsumsi ikan tawar bisa sebagai ganti konsumsi daging. Sebab, konsumsi daging bisa menyebabkan vertigo kambuh.

Untuk mengurangi risiko vertigo sering kambuh, Anda bisa mengonsumsi ikan air tawar. Ya, ikan yang dipelihara di air tawar. Misalnya, ikan gurame, ikan lele, mujair, patin, nila, bawal, belut, dsb.

Anda bisa mengonsumsi ikan air tawar tiap hari. Harga ikan air tawar tidak mahal. Ikan air tawar juga tidak mengandung banyak garam. Jadi, sangat baik untuk penderita vertigo.

5. Minum Air Putih

Anda sebaiknya selalu memenuhi kebutuhan air minum tiap hari sehingga tidak akan terjadi dehidrasi (kekurangan air minum). Akibat kekurangan air minum, volume darah dalam tubuh berkurang sehingga pengiriman oksigen ke otak tidak mencukupi kebutuhan.

Ini bisa menyebabkan terjadinya ketidak-seimbangan dalam tubuh yang akhirnya menyebabkan sakit vertigo atau kepala pusing. Tercukupinya konsumsi air putih bisa mengatasi vertigo.

Anda sebaiknya mengonsumsi 2,2 liter – 3 liter air putih per hari. Apalagi Anda sering berolahraga, senam, dsb. Kebutuhan konsumsi air putih lebih tinggi.

6. Minum Ramuan Jahe

Ramuan jahe juga sangat baik Anda konsumsi untuk mengatasi penyakit vertigo. Minuman jahe dengan rasa sedikit pedas membuat badan terasa segar. Apalagi jahe dibuat minuman dengan air hangat.

Diminum malam hari setelah selesai beraktivitas sangat menyegarkan. Enak tenan, kata seorang pelawak dalam lawakannya.

Selain itu, minuman jahe juga bisa membantu memperlancar sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar bisa menghindari terjadinya vertigo. Jahe juga mengandung zat yang bisa mengontrol inflamasi sehingga bisa mencegah mual dan vertigo.

Tetapi, Anda juga bisa mengonsumsi jahe langsung. Jahe dikupas, dicuci bersih, lalu dimakan. Satu rimpang per hari cukup.

Bisa juga mengonsumsi obat herbal yang dibuat dari jahe sehingga tidak perlu repot membuat sendiri. Misalnya, Jahe merah instan dari Gholiban, Teh jahe, Jahe merah krimer, dsb.

7. Makanan yang Baik untuk Vertigo: Kacang Almon

Anda juga bisa mengonsumsi kacang almon untuk mengatasi penyakit vertigo. Kacang almon kaya dengan vitamin A, B dan E. Cukup mengonsumsi 5 biji kacang almon tiap hari. Bisa dimakan langsung, ditumbuk dulu, diparut atau dicampur dengan makanan lain. Semua bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan penyakit vertigo.

Kandungan vitamin D dan E dalam kacang almon bisa melawan radikal bebas pemicu vertigo. Sebelum dikonsumsi, kacang almon sebaiknya direndam dalam air selama 1 jam.

8. Vitamin yang Baik untuk Penderita Vertigo: Vitamin B Complex

Anda juga bisa mengonsumsi vitamin B complex, yakni vitamin untuk penderita vertigo. Seorang penderita vertigo menuturkan pengalamannya sejak awal dia kena vertigo sampai dia mendapatkan terapi yang membuat vertigonya jarang kambuh.

Dari periksa beberapa dokter, tidak ada yang bisa membuat vertigonya reda. Saran terakhir dari dokter yang dia jalani adalah selalu membawa obat dan tiap vertigo kambuh, segera minum obat.

Tetapi, dari kenalannya yang jualan obat, dia disarankan untuk tiap hari minum vitamin B complex. Dengan vitamin untuk penderita vertigo ini, penyakitnya kini jarang kambuh. Tentu saja, dia merasa senang dengan perkembangan penyakitnya itu.

Penutup

Sesunguhnya masih ada beberapa makanan yang baik untuk penderita vertigo. Tetapi, dengan contoh di atas, Anda bisa memilih makanan mana yang ingin Anda konsumsi untuk membuat penyakit vertigo tidak sering kambuh. Mengonsumsi obat herbal juga bisa membantu meredakan penyakit vertigo tanpa efek samping. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang sering kena penyakit vertigo kambuh.

Bagikan artikel ini kepada teman dan kenalan biar mereka juga bisa sehat dari vertigo. 

!-- Ads 300x250 -->