WARASWIRIS.COM

7 Makanan Pantangan Asam Lambung Biar Tidak Kambuh

PERNAH menderita asam lambung atau sakit maag? Jika penyakit asam lambung Anda sering kambuh, maka hindari 6 makanan berikut ini. Yakni: makanan pantangan asam lambung.

Penyakit asam lambung atau maag memang sering kambuh. Begitu Anda mengonsumsi makanan atau minuman pantangan / larangan, maka tidak lama kemudian sakit asam lambung atau maag Anda akan kambuh.

Penyakit asam lambung atau maag (gastroesophageal reflux disease, GERD) adalah penyakit yang muncul dengan rasa terbakar di dada.

Ini terjadi akibat asam lambung yang naik ke kerongkongan. Bahkan terkadang sampai ke mulut.

Kalau penyakit asam lambung kambuh, aduhh.. rasanya sangat tersiksa.

Nah, apa gejala asam lambung dan makanan apa saja yang harus dijauhi atau jadi makanan pantangan asam labung?

Gejala Asam Lambung Kambuh

Ada beberapa gejala atau tanda asam lambung Anda kambuh, antara lain:

1. Asam lambung naik dari perut bisa naik ke kerongkongan dan terasa panas seperti terbakar.

2. Saat asam lambung naik sampai ke mulut, maka Anda akan merasakan anya rasa asam dan pahit.

3. Anda juga akan merasakan adanya cairan atau makanan yang bergerak ke atas kerongkongan. Sebab, sebagian orang muntah-muntah mendapati kondisi itu.

4. Perut terasa mual, sakit, mulas, kembung, begah, bersendawa, dan muntah.

5. Terjadi radang tenggorokan, suara serak, dan sensasi benjolan di tenggorokan.

Jika Anda merasakan adanya tanda atau gejala asam lambung seperti disebutkan di atas, Anda sebaiknya segera mengatasinya. Tujuannya supaya sakit asam lambung / maag tidak makin parah.

Tetapi bisa reda ataupun sembuh.

Penyebab Asam Lambung Sering Kambuh

Supaya Anda tidak sering menderita asam lambung atau penyakit maag, maka Anda harus menghindari penyebab asam lambung/maag.

Tanpa menghindari penyebabnya, tidak mungkin asam lambung bisa reda, apalagi sembuh total.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin penyakit asam lambungnya tidak kambuh, maka hindari penyebab asam lambung.

Pertanyaannya, apa saja penyebab asam lambung / maag?

Penyakit lambung kambuh bisa terjadi, adakalanya akibat dari konsumsi makanan, buah atau sayuran tertentu. Atau gabungan dari ketiga penyebab penyakit maag itu.

Penyebab asam lambung/penyakit maag antara lain:

Makanan Pantangan Asam Lambung

Anda yang menderita asam lambung atau maag sebaiknya menghindari makanan pantangan asam lambung. Ini sangat penting Anda lakukan karena konsumsi makanan pantangan bisa menyebabkan asam lambung kambuh.

Bagi Anda yang masih sehat pun perlu membatasi konsumsi makanan pantangan asam lambung. Tujuannya untuk mencegah terjadinya penyakit asam lambung / maag.

Makanan pantangan asam lambung apa saja yang harus Anda hindari? Tentu saja, seberapa besar pantangan harus Anda lakukan, ya tergantung pada derajat sakit asam lambung Anda.

Maksudnya, kondisi penyakit asam lambung Anda tergolong ringan, sedang atau berat / kronis.

Tentu saja, cara menghindari makanan pantangan agak beda dengan mereka yang asam lambungnya ringan.

Berikut makanan yang harus Anda hindari biar penyakit maag Anda tidak kambuh (lagi).

1. Makanan dengan Kandungan Lemak yang Tinggi

Salah satu makanan pantangan asam lambung adalah makanan dengan lemak tinggi. Misalnya:

2. Makanan Rasa Pedas

Anda yang menderita asam lambung / maag sebaiknya menghindari makanan rasa pedas. Baik akibat makanan menggunakan bahan cabai atau merica.

Selain mengandung zat capsaicin yang membuat cabai rasa pedas, cabai juga mengandung memperlambat sistem kerja pencernaan.

Padahal di sisi lain, bagi penderita asam lambung  maag, makanan yang Anda konsumsi tidak boleh terlalu lama di pencernaan. Jika terlalu lama, maka asam lambung bisa kembuh.

3. Makanan dengan Rasa Asam

Mengonsumsi makanan rasa asam juga bisa membuat asam lambung / maag kambuh. Makanan rasa asm umumnya bisa Anda temukan pada buah seperti jeruk, nanas, lemon, cermai, tapai ketela atau ketan, dsb.

Diperkirakan rasa asam bisa melemahkan otot esofagus yang bisa membuat asam lambung mudah naik ke kerongkongan.

4. Makanan Terlalu Asin

Makanan yang mengandung banyak garam juga bisa memicu terjadi asam lambung. Sebab, rasa asin bisa menyebabkan terjadinya refluks asam.

Supaca pencernaan kita tetap sehat, jika Anda ingin mengonsumsi makanan dengan rasa asin, ya tambahan garamnya atau bahan lain yang menambah rasa asin tidak terlalu banyak.

Berapa ukurannya, semua tergantung seberapa berat sakit maag / asam lambung Anda. Kalau mengonsumsi sedikit garam sudah membuat penyakit kambuh, ya hindari sementara sambil menyembuhkan sakit Anda.

5. Mengonsumsi Tomat

Meskipun terasa segar, rasa tomat hakikatnya asam. Walaupun berbeda dengan asamnya buah jeruk. Oleh karena itu, penderita asam lambung atau maag juga harus menghindari konsumsi tomat.

Termasuk mengonsumsi saus tomat. Juga bisa menyebabkan sakit asam lambung / maag kambuh. Tomat mengandung zat asam sitrat dan asam malat yang menghasilkan rasa asam.

6. Minuman Yang Mengandung Kafein

Biar asam lambung atau maag tidak sering kambuh, Anda perlu menghindari atau membatasi konsumsi makanan pantangan asam lambung yang mengandung kafein.

Pantangan asam lambung naik , misalnya minuman kopi, teh, coklat, minuman berenergi atau minuman bersoda. Minuman-minuman ini bisa melemahkan otot esofagus yang membuat asam lambung mudah naik ke kerongkongan.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya menghindari makanan minuman yang mengandung kafein tinggi.

7. Minuman Beralkohol

Penderita sakit asam lambung / maag sebaiknya menghindari minuman alkohol, termasuk minuman bir dan anggur. Sebab minuman beralkohol bisa menyebabkan terjadinya iritasi lapisan perut.

Efeknya, lapisan perut mudah terkena asam lambung / maag. Bahkan, kedua minuman itu bisa meningkatkan produksi asam lambung. Ini membuat Anda rentan kena sakit asam lambung / maag.

Cara Mengatasi Penyakit Asam Lambung

Bersamaan dengan menghindari makanan pantangan asam lambung, Anda juga bisa mengatasi penyakit asam lambung. Antara lain dengan mengonsumsi cemilan khusus untuk asam lambung.

Ada beberapa cemilan makanan dan buah yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi dan mencegah penyakit asam lambung kambuh. Apa saja? Baca: 7 cemilan untuk penderita asam lambung.

Bisa pula dengan minum susu Ensure. Tetapi menurut dr Suci Dwi Putri, sebelum minum susu Ensure, Anda sebaiknya minum air putih dulu.

Selain itu, jangan minum susu saat asam lambung atau maag kambuh. Bisa pula Anda minum yakult untuk mengatasi sakit maag. 

Penutup

Jika Anda punya sakit asam lambung atau maag, sebaiknya Anda segera berusaha mengatasinya. Karena mengatasi ini sering tidak mudah dan memakan waktu, maka kesabaran Anda sangat diperlukan.

Anda harus selu menerapkan pola hidup dan pola makan yang bisa menghindari penyakit asam lambung atau maag kambuh.

Semoga artkel ini bermanfaat untuk Anda semua.

 

Exit mobile version