15 Makanan Penambah Berat Badan: Selamat Tinggal Badan Kurus

Berita, Produk ratnasilvi 0 Comments
Reading Time: 6 minutes

BANYAK cara menambah berat badan bisa Anda lakukan. Selain dengan minum susu khusus, Anda juga bisa menaikkan berat badan dengan mengonsumsi makanan penambah berat badan.

Punya badan kurus memang tidak nyaman. Anda tidak bisa tampil maksimal dalam berbagai hal. Bahkan, badan kurus juga rentan atau mudah terkena penyakit.

Pasalnya, kekebalan tubuh orang kurus tergolong rendah. Kondisi ini bisa membuat mereka mudah terserang penyakit.

Antara lain penyakit nyeri sendi, nyeri otot. dsb. Bahkan juga bisa kena sakit jantung, kanker, dsb.

Oleh karena itu, Anda yang sekarang berbadan kurus sebaiknya berusaha menaikkan berat badan. Bisa dengan mengonsumsi susu penambah berat badan, mengonsumsi vitamin, atau mengonsumsi makanan penambah berat badan.

Makanan Penambah Berat Badan dan Kandungannya

makanan penambah berat badan

beberapa makanan yang bisa menambah berat badan (foto:grid.id)

Pertanyaannya, makanan apa yang saja yang bisa meningkatkan berat badan Anda?

Berikut ini daftar 15 makanan penambah berat badan. Pilih makanan penggemuk badan yang cocok dengan kondisi tubuh Anda.

1. Makan Nasi 3 Piring Sekaligus

Sering makan nasi dengan porsi besar juga bisa membuat badan kamu gemuk. Tetangga saya, anak usia 13 tahun, berat badannya hampir 1 kuintal.

Kalau makan, tidak cukup satu piring. Terkadang sampai 3 piring nasi dia makan sekaligus. Kata dia, kalau makan nasi hanya sepiring, perut masih merasa lapar.

Kandungan kalori, lemak dan karbohidrat tidak terlalu tinggi. Lebih rendah dibandingkan makanan mi instan.

Tetapi kalau porsi makannya banyak, sebentar-sebentar makan, ditambah lauk yang kaya lemak, ya jadilah Anda cepat gemuk. Anda bisa langsung mengatakan “selamat tinggal badan kurus”.

Baca: 9 Susu Untuk Menambah Berat Badan Orang Dewasa

Nasi satu porsi mengandung kalori cukup tinggi, yakni sekitar 200 kalori. Tetapi makannya 3 porsi sekaligus, berapa kalori yang diasupnya?

2. Cemilan Trail Mix (Kalori Tinggi)

Memilih cemilan panoramix trail mix juga bagus untuk menaikkan berat badan. Cemilan ini terdiri kacang almond, bluberi, kacang mete, kranberi, gojiberi, flaxseeds, kacang hazel, kwaci biji labu, dan walnut.

Umumnya, produsen menambahkan bahan madu, gula, atau bahkan coklat. Ini membuat kandungan kalori tril mix meningkat sehingga membuat badan orang yang mengonsumsinya bisa menjadi gemuk.

3. Mi Instan: Kalori, Lemak & Gula Tinggi

Ada penggemar mi instan? Hati-hati jika badanmu nanti kegemukan. Tetapi jika badan Anda sekarang tergolong kurus, ya Anda perlu sering mengonsumsi mi instan. Kalau perlu tiap hari.

Kandungan kalori, lemak dan gula pada mi instan cukup tinggi. Ini membuat Anda yang sering makan mi instan cepat gemuk. Mi instan termasuk makanan penggemuk badan.

Apalagi, mengonsumsi makanan tinggi kalori tanpa diimbangi aktivitas fisik. Badan kamu akan cepat “meledak” atau gemuk sekali.

Baca: Minum Susu Morinaga BMT, Badan Bayi Cepat Gemuk

Jika nafsu makan kamu rendah, ya tingkatkan nafsu makan biar bisa makan dalam porsi besar.

4. Telur: Bisa Makan 4 – 5 Telur Perhari

Makanan rakyat ini juga bisa Anda pilih untuk meningkatkan berat badan yang tampak kurus. Selain itu, telur merupakan makanan pembentuk otot yang paling sehat.

Telur adalah sumber protein dengan kualitas tinggi dan lemak sehat. Jadi, konsumsi telur sangat baik untuk kesehatan.

Anda sebaiknya makan telur secara utuh. Ya, makan kuningnya dan putihnya semua. Dengan cara itu, Anda bisa mendapatkan asupan nutrisi secara lengkap. Berat badan pun meningkat.

Anda bisa mengonsumsi telur 4 sampai 5 telur per hari. Ya, konsumsi banyak biar cepat gemuk.

5. Sup Banyak Garam

Sup juga bisa membuat Anda mampu meningkatkan berat badan. Tetapi tidak semua sup bisa seperti itu.

Yang bisa membuat badan kamu gemuk adalah sup dengan banyak garam dan bumbu penyedap buatan.

Jika kamu mengonsumsi sup biar badan gemuk, ya tambahkan banyak garam dan penyedap rasa. Sup banyak garam bisa Anda temukan dalam produk sup kaleng. Sangat enak rasanya..!

Sup kaleng banyak dijual di toko-toko online atau swalayah / super market. Harga sup kaleng cukup murah dan banyak pilihan.

6. Saus Tomat + Tinggi Gula & Garam

saus tomat

saus tomat bikin gemuk (foto:cnnindonesia.com)

Anda suka konsumsi saus tomat? Saus tomat juga tergolong sebagai makanan penambah berat badan. Anda bisa mendapatkan saus tomat dengan mudah di banyak toko.

Sebenarnyua saus tomat bebas lemak, rendah kalori, dan kaya vitamin A, C. Tetapi produk saus tomat kemasan umumnya tinggi gula dan garam.

Baca: 7 Susu Untuk Menambah Berat Badan Anak Balita

Jika Anda ingin membuat badan kurus menjadi gemuk, ya sering-seringlah makan pakai saus tomat. Kalau ingin sebaliknya, batasi konsumsi saut tomat.

Satu hari cukup 1 sendok makan saus tomat, badan kamu tidak akan gemuk.

7. Konsumsi Keju

Keju termasuk makanan kaya protein dan kalsium. Selain itu juga kaya kalori dan lemak. Anda tak perlu memilih keju rendah lemak karena sepotong kecil keju berlemak lebih mengenyangkan dan juga lezat.

Yang terpenting adalah batasi konsumsinya jika kamu tidak ingin gemuk. Atau pilihlah keju dari susu kambing yang lebih kaya asam lemaknya.

8. Daging Merah (Steak)

Pernah makan steak? Makanan yang sangat merangsang selera sekaligus sebagai makanan penambah berat badan agar gemuk. Orang kurus perlu sering makan steak.

Steak merupakan sajian daging merah yang dipanggang. Saat memanggang ada penambahan saus lezat. Dengan tambahan kentang goreng dan sayur, mengonsumsi steak jadi nikmat.

Steak daging cukup untuk meningkatkan banyak kalori sehingga berat badan bisa meningkat. Anda juga bisa mengonsumsi daging berlemak untuk menaikkan berat badan.

Selain mengandung tinggi kalori, daging juga kaya protein dan asam amino leusin. Manfaat leusin antara lain merangsang sintesis protein otot dan menambah jaringan otot baru.

9. Kacang ( Kalorinya Tinggi)

Cemilan kacang adalah sumber protein nabati yang tinggi. Selain itu, kacang juga mengandung asam lemak omega-3, vitamin E, dan serat.

Kandungan kalorinya juga cukup tinggi. Kacang almond, misalnya dalam 100 gram mengandung protein 21 gram, lemak 49 gram, dan 575 kalori.

Kacang bisa Anda olah jadi cemilan lezat menarik sekaligus mampu menaikkan berat badan.

10. Yoghurt dengan Lemak Penuh

Produk yoghurt juga bisa Anda pilih untuk menambah berat badan biar jadi gemuk. Tetapi, Anda sebaiknya memilih yogurt dengan lemak penuh.

Sebelum mengonsomsinya, Anda dapat menambahkan buah-buahan, madu, kacang, dan granola dalam segelas yogurt untuk sarapan pagi.

Dengan cara ini, Anda bisa mengonsumsi banyak kalori yang dampaknya bisa meningkatkan berat badan.

Baca: 10 Susu Formula Penambah Berat Badan Bayi 6 12 Bulan

Yoghurt yang mendapatkan tambahan rasa buah juga bagus untuk menaikkan berat badan Anda. Satu cup kecil saja mengandung 150 kalori dan 26 gr gula.

Padahal, yoghurt tawar dengan berat yang sama hanya mengandung 100 kalori.

11. Tahu Goreng: Kalorinya Naik Berlipat

tahu goreng

tahu goreng (foto:sajiansedap.grid.com)

Makan tahu goreng bisa membuat gemuk? Ya, betul. Tahu goreng harga murah, namun khasiatnya tinggi untuk membuat badan kurus jadi badan gemuk.

Kandungan tahu antara lain kalsium, zat besi dan protein. Berapa kandungan kalorinya?

Setengah cangkir tahu mentah hanya mengandung 94 kalori. Tapi begitu Anda goreng, kalorinya langsung naik beberapa kali.

Tentu saja, supaya bisa menambah berat badan, makan tahu goreng tidak bisa hanya sekali dua kali. Tetapi rutin sampai berat badan Anda berubah tinggi dan badan tidak kurus lagi.

12. Salad Tambah Parutan Keju + Kacang

Anda juga bisa meningkatkan berat badan biar tidak kurus lagi dengan mengonsumsi salad. Tetapi, yang dimaksud dengan makanan salad tidak seperti salad umumnya.

Supaya salad bisa menambah berat badan, Anda harus menambahkan isian salad dengan parutan keju, kacang atau mayones.

Cara yang sangat mudah, tetapi hasilnya bisa mengubah masa depan Anda.

13. Burger Sayuran + Keju, Saud & Mayones

Anda juga bisa menyulap burger sayuran yang kandungan kolesterol dan lemaknya rendah menjadi burger yang bisa menambah berat badan.

Caranya? Tambahkan keju, saus, dan mayones. Maka, kandungan kalorinya langsung naik menjadi 1.000 kalori lebih. Anda pun bisa memiliki badan yang gemuk.

14. Donat dan Kue

Umumnya produk kue dan donat mengandung kadar gula yang tinggi. Hal yang sama juga ada pada tepung karbohidrat olahan dan lemak tambahannya.

Oleh karena itu, kue dan donat termasuk makanan penambah berat badan. Tidak lain karena kandungan kalorinya cukup tinggi.

Jika Anda tidak ingin menambah berat badan, ya makan donat dan kue jangan tiap hari. Nanti badan bisa bertambah gemuk. Badan gemuk berlebihan mudah terkena penyakit.

15. Kentang Goreng: Tinggi Lemak & Garam

Pernah makan di restoran cepat saji? Wah, kentang gorengnya sangat gurih. Siapa pun pasti suka. Bahkan nambah.

Ini cocok dengan Anda yang badannya kurus dan ingin menambah berat badan. Kentang memang mengandung kalori tinggi sehingga termasuk makanan penambah berat badan yang bisa membikin badan gemuk.

Baca: 7 Susu Untuk Menambah Berat Badan Janin

Kalau bukan orang berbadan kurus, ya makan kentang goreng jangan banyak-banyak dan tidak tiap hari. Kecuali Anda menggoreng sendiri tanpa tambahan bahan yang bisa membuat badan kamu gemuk.

Kentang goreng siap saji juga tinggi lemak dan garam.

Penutup

Banyak cara untuk mengatasi badan kurus. Lebih-lebih di zaman serba maju sekarang. Yang diperlukan adalah melakukan cara menambah berat badan.

Salah satunya dengan sering mengonsumsi makanan penambah berat badan sehingga badan kurus bisa teratasi. Kecuali akibat sakit berat atau keturunan.