Makanan Penyebab Radang Tenggorokan dan Cara Menyembuhkan

Bau Mulut 0 Comments

BANYAK penyebab terjadinya radang tenggorokan. Anda harus segera mengatasinya bila terkena sakit tenggorokan. Jika tidak, Anda akan merasa tersiksa. Salah satu cara mengatasinya adalah menghindari makanan penyebab tenggorokan.

Ada beberapa makanan yang harus Anda jauhi agar sakit tenggorokan bisa cepat sembuh. Sebab, makanan-makanan pantangan itu justru bisa menyebabkan Anda terkena sakit tenggorokan.

Bahkan, sakit tenggorokan bisa makin berat. Terasa gatal, sakit dan sulit untuk mengonsumsi makanan dan minuman.

Radang tenggorokan bisa menular. Maka, Anda perlu hati-hati jika teman atau saudara dekat menderita sakit tenggorokan. Untuk sementara, Anda perlu menjaga jarak dengan penderita biar tidak tertular sakit tenggorokan.

Gejala Penyakit Radang Tenggorokan

Untuk bisa mengatasi penyakit tenggorokan dengan cepat, Anda sebaiknya mengetahui gejala radang tenggorokan. Dengan mengenali gejalanya, Anda bisa mengatasi radang dengan tepat dan cepat.

Makanan Penyebab Radang Tenggorokan

makanan penyebab radang tenggorokan (foto:halodoc.com)

Radang tenggorokan (faringitis streptokokus) merupakan infeksi oleh virus, bakteri atau penyebab lain.
Gejala radang tenggorokan antara lain rasa nyeri di tenggorokan, nyeri atau sakit saat menelan, demam, pembesaran kelenjar getah bening di leher, bercak kemerah-merahan di langit-langit mulut, dan pembesaran amandel.

Jika merasakan adanya gejala sakit tenggorokan, Anda harus segera menyembuhkannya. Jika sakit tenggorokan tidak segera diatasi atau disembuhkan, maka bisa terjadi komplikasi.

Antara lain bisa menyebabkan radang ginjal, infeksi telinga, demam rheumatik, Streptokokus toxic shock syndrome, dan sinusitis.

Makanan Penyebab Radang Tenggorokan

Banyak penyebab radang tenggorokan. Yang paling sering adalah virus dan bakteri. Virus dan bakteri menyebabkan pilek dan influenza (flu). Kondisi itu biasanya membuat seseorang menderita radang tenggorokan.

Penyebab lain adalah alergi, udara, bahan kimia, asam lambung, tumor, dsb. Tetapi ada juga akibat makanan.

Nah, dalam kesempatan ini akan kita ketahui makanan apa yang bisa menyebabkan radang tenggorokan. Terutama jika kondisi kesehatan sedang menurun. Mengonsumsi makanan pantangan bisa memicu terjadinya radang tenggorokan.

1. Makanan Rasa Pedas

Anda termasuk penghobi masakan rasa pedas? Jika ya, mulai hari ini Anda perlu mengurangi konsumsinya. Ya, kurangi bertahap sampai ke tingkat minimal dan tidak terlalu sering.

Sebab, makanan rasa pedas bisa memicu terjadinya radang tenggorokan. Apalagi saat mengonsumsi makanan pedas, kesehatan Anda sedang turun. Makanan pedas juga bisa mendorong terjadinya sakit diabetes.

Makanan yang harus Anda hindari atau dikurangi konsumsinya adalah sambal, bubuk cabai, cengkeh, lada hitam, pala, dan rempah-rempah dengan rasa pedas saat kondisi badan sedang tidak fit.

2. Makanan Rasa Asam

Makanan rasa asam juga termasuk salah satu makanan penyebab radang tenggorokan. Zat asam pada makanan bisa mengakibatkan iritasi pada tenggorokan dan menyebabkan peradangan.

Makanan rasa asam yang harus dihindari adalah aneka jeruk, cuka, asam jawa, atau acar, tape, makanan menggunakan ragi yang lain.

3. Makanan Kering dan Keras

Makanan kering, keras, atau bertekstur kasar, sebaiknya juga Anda hindari. Sebab, makanan ini juga termasuk makanan penyebab sakit tenggorokan. Tenggorokan dalam kondisi kering (kurang ludah) bisa terluka dengan mudah.

Makanan kering dan keras adalah kue kering, biskuit, kacang-kacangan, sereal dan sayuran mentah. Supaya aman, maka makanan-makanan itu harus dikonsumsi seteleh tekturnya melunak.

4. Susu dan Olahannya

Minum susu bisa menyebabkan peningkatan sekitar 6 produksi lendir di dalam tubuh. Kelebihan lendir mampu mengakibatkan peradangan di tenggorokan.

5. Makanan Berminyak

Anda sebaiknya menghindari makanan berminyak karena bisa menyebabkan penyakit tenggorokan. Meskipun aneka makanan gorengan ini gurih dan lezat rasanya. Banyak orang menyukainya.

Apalagi makanan digoreng menggunakan minyak yang sudan beberapa kali digunakan menggorong aneka makanan. Kondisi minyak sudah tidak sehat lagi.

Selain menyebabkan sakit tenggorokan, makanan gorengan juga bisa mengakibatkan timbulnya kolesterol tinggi, jerawat, sakit jantung, dan lainnya.

6. Kafein dan Alkohol

Bagi sebagian orang, minum kopi atau alkohol terasa nikmat. Baik di waktu pagi atau malam, mereka selalu mengonsumsi minuman kopi atau alkohol.

Dari konsumsi minuman kopi, Anda bisa terkena sakit tenggorokan akibat kafein yang terkandung dalam minuman kopi. Kian lama bisa menyebabkan rasa gatal dan dalam jangka waktu tertentu berubah menjadi radang tenggorokan.

Demikian pula dengan sering mengonsumsi alkohol. Tenggorokan bisa terasa kering dan kian lama menyebabkan sakit tenggorokan.

Konsumsi Makanan untuk Radang Tenggorokan – Cara Mempercepat Penyembuhan

Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana cara mengatasi radang tenggorokan? Makanan apa yang bisa menyembuhkan sakit tenggorokan?

Ada beberapa cara mengatasi radang tenggorokan secara alami. Tentu saja, Anda bisa mengonsumsi obat kimiawi atau obat herbal untuk mengatasi sakit tenggorokan.

1.Bawang Putih

Makanan untuk radang tenggorokan yang bisa Anda pilih antara lain bawang putih. Bawang putih mengandung antibakteri dan antivirus. Anda bisa mengonsumsinya dalam keadaan mentah. Hanya saja, bau dan rasanya menyengat lidah sehingga terasa getar.

Anda bisa minum kapsul yang dibuat dari bahan bawang putih. Misalnya cakcip kapsul bawang putih obat herbal, Garlic, dsb. Pbat herbal ini juga untuk mengatasi darah tinggi, gula darah tinggi,

2. Jamur

Makanan penyembuh radang tenggorokan lainnya adalah jamur. Dengan sifatnya antibakteri, jamur bisa mengatasi / menghilangkan rasa gatal dan sakit pada tenggorokan.

Jika tidak ingin membuat sendiri, Anda bisa membeli obat herbal jamur lingzhi. Tidak hanya mengatasi radang tenggorokan. Obat herbal ini juga melindungi Anda dari serangan berbagai  penyakit.

3. Jahe, Madu dan Teh

Anda bisa menggunakan jahe, teh dan madu untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Mencampurkan segelas teh dengan jahe dan madu bisa mengatasi rasa sakit pada tenggorokan. Teh berfungsi melawan infeksi, mengatasi peradangan dan rasa sakit di tenggorokan.

4. Sup Ayam

Sup ayam? Semua orang tentu suka menyantapnya. Tetapi, kali ini mengonsumsi sup ayam unuk menyembuhkan rasa sakit tenggorokan. Cara pengobatan kuno tetapi masih berkhasiat. Sup ayam juga memberikan gizi dan kekuatan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

5. Buah Pisang

Anda juga bisa menyembuhkan sakit tenggorokan dengan menginsumsi buah pisang. Dagingnya lembut dan mengandung vitamin yang bisa mengatasi rasa sakit tenggorokan.

6. Pengobatan Alami Lainnya

Cara lain untuk mengatasi radang tenggorokan adalah banyak minum air putih, minum minuman hangat, mengonsumsi makanan lunak seperti bubur, berkumur dengan obat kumur, meningkatkan produksi air liur dengan mengonsumsi permen pelega tenggorokan, hindari minuman terlalu panas dan terlalu dingin, istirahat cukup, jangan banyak bicara, dsb.

Baca – Menghilangkan Bau Mulut Selamanya

7. Obat Herbal Radang Tenggorokan

Anda juga bisa menggunakan obat herbal untuk mengobati radang tenggorokan. Obat herbal banyak dijual di toko-toko online. Misalnya Nutrimax C&C-CNC Syrup Obat Herbal (untuk radang tenggorokan dan banyak penyakit), Ar Rohmah Madu Hitam Pahit Plus Propolis, QNS Jelly Gamat, Habbazafit Softgel Walatra Obat Herbal untuk Radang Tenggorokan, dan masih banyak lagi.

Anda bisa memilih mana yang Anda inginkan. Banyak orang sukses menyembuhkan sakitnya dengan obat herbal jadi.

Penutup

Radang tenggorokan merupakan salah satu penyakit yang mudah terjadi. Tidak hanya dialami oleh orang tua, dewasa, tetapi juga anak-anak. Cara terbaik adalah mencegah terjadinya radang tenggorokan. Jika radang sudah terjadi, yang cepat menyembuhkan.

 

!-- Ads 300x250 -->