11 Makanan Penyebab Vertigo Kambuh

Sakit Kepala 0 Comments

BANYAK penyebab terjadinya vertigo. Antara lain berasal dari makanan yang Anda konsumsi. Lantas apa saja makanan penyebab vertigo kambuh? Dengan kata lain, apa makanan pantangan vertigo?

Penyakit vertigo adalah sakit kepala (kepala pusing) mendadak yang berat disertai lingkungan tampak seperti berputar. Dalam kondisi seperti itu, tubuh Anda menjadi tidak stabil dan bisa terjatuh jika tidak segera mendapat pegangan atau duduk.

Tetapi, vertigo sesungguhnya hanya gejala, bukan penyakit. Sumber penyakitnya adalah di telinga tengah dan dalam atau di otak. Banyak jenis gangguan di telinga dalam dan batang otak yang bisa menyebabkan vertigo.

Tetapi, jika vertigo sering kambuh dan tidak disembuhkan dengan baik, vertigo bisa berisiko tinggi. Bisa menyebabkan stroke, misalnya.

Makanan Penyebab Vertigo Kambuh dan Contohnya

Mengonsumsi makanan sehat sangat penting untuk mencegah terjadinya penyakit vertigo, terutama bagi Anda yang pernah menderita vertigo. Sebaliknya, Anda harus menghindari makanan penyebab vertigo dengan harapan kepala pusing berputar ini tidak kambuh lagi.

makanan penyebab vertigo kambuh

Berikut ini 11 makanan pantangan vertigo yang harus Anda hindari. Kalau Anda masih mengonsumsi, jangan banyak-banyak dan jangan setiap hari.

1. Makanan Tinggi Kolesterol

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi bisa membuat Anda terkena vertigo. Misalnya aneka gorengan, jeroan hewan, kuning telur, telur ikan, mentega cair, kerang, lobster, kepiting, udang, lemak sapi dan kambing, ikan belut, dsb. Jadi, hati-hati mengonsumsi makanan penyebab vertigo.

2. Makanan Tinggi Natrium (Sodium) atau Tinggi Garam (Asin)

Contoh makanan tinggi natrium adalah keripik singkong, keripik kentang, ubi jalar, talas, dsb. Makanan dalam kaleng juga mengandung banyak garam dan bahan pengawet. Contohnya makanan beku, daging olahan (sosis, bakso, kornet), dan keju. Bisa menjadi penyebab vertigo.

3. Makanan Tinggi Gula atau Terlalu Manis

Makanan tinggi gula, misalnya, sereal bergula, donat, cokelat, permen, selai, aneka biskuit, kue pastry, pai, bolu, dan martabak. Juga minuman sirup, minuman bersoda, dsb. Minuman ini juga tinggi gula yang bisa menyebabkan vertigo.

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Misalnya kacang tanah, kemiri, kenari, biji labu, dan biji wijen. Jika Anda terlalu sering mengonsumsi makanan kacang-kacangan dalam jumlah banyak akan membuat peredaran darah dalam otak tidak lancar. Efek berikutnya bisa terjadi sakit vertigo.

5. Makanan Ringan atau Camilan

Terlalu banyak makan camilan juga bisa menyebabkan sakit vertigo. Sebab, pembuatan makanan ringan umumnya juga menggunakan obat pengawet yang dibuat dengan banyak garam dan penyedap rasa.

6. Mengonsumsi Daging Merah


Sering mengonsumsi daging merah juga kurang baik untuk kesehatan. Bisa kena vertigo atau darah tinggi. Konsumsi daging merah bisa membuat peredaran darah ke otak terganggu akibat banyak flak di dinding arteri yang membuat aliran darah pembawa oksigen terhambat.

7. Makanan Siap Saji (Fast food)

Anda penggemar makanan cepat saji? Coba atur lagi gaya mengonsumsi makanan cepat saji sehingga Anda bisa terhindar dari vertigo dan penyakit lain. Makanan cepat saji antara lain kacang goreng, hotdog, donat, bakon, keripik kentang, es krim, stick keju, nugget, dsb.

8. Masakan Banyak Santan

Banyak makanan menggunakan santan kelapa. Jika Anda penderita sakit vertigo, coba atur lagi pola makan Anda. Mengonsumsi makanan mengandung santan kelapa jangan banyak-banyak dan jangan setiap hari. Kandungan lemaknya tinggi. Bisa menyebabkan vertigo dan tensi darah naik tinggi.

9. Buah Nangka dan Durian

Ada juga buah yang sebaiknya Anda hindari biar bebas dari vertigo. Yakni, buah durian dan nangka. Kedua buah itu mengandung banyak gula dan gas yang bisa mengganggu kondisi lambung Anda.

10. Minum Kopi

Jika Anda pencinta minuman kopi, ya hati-hati. Batasi waktu minum kopi. Jangan tiap hari, dan jangan banyak-banyak. Terutama bagi Anda yang sudah pernah menderita sakit vertigo. Buar vertigo Anda tidak mudah kambuh.

Kata dr Irvandi, kafein dalam minuman kopi bisa membuat pembuluh darah pada otak menjadi sempit. Aliran darah ke otak kurang lancar. Kondisi ini bisa memicu terjadi vertigo.

11. Minum Alkohol dan Merokok

Sering minum alkohol dan merokok juga bisa menjadi penyebab vertigo atau vertigo kambuh. Kandungan kimia dalam alkohol dan rokok bisa membuat seseorang terkena vertigo. Bahkan tidak hanya bisa menyebabkan vertigo. Mengonsumsi alkohol dan merokok juga bisa berisiko kena banyak penyakit paru, jantung, stroke, dsb.

Penutup

Demikian artikel mengenai 11 Makanan Penyebab Vertigo Kambuh. Jika Anda pernah kena vertigo, coba atasi dengan menghindari makanan pantangan. Tidak sulit. Yang penting kemauan untuk selalu sehat. Semoga artikel ini bermanfaat.

!-- Ads 300x250 -->