Ingin Selalu Sehat? Konsumsi 8 Makanan Tinggi Serat

Herbal ratnasilvi 0 Comments

ANDA ingin selalu sehat? Tentu saja ya. Maka, konsumsilah makanan tinggi serat tiap hari. Ini cara mudah dan murah untuk hidup sehat.

Yang perlu mendapatkan perhatian dari Anda adalah kemauan untuk selalu mengonsumsi makanan tinggi serat tiap hari. Bukan sekadar ingin hidup sehat. Tetapi, prakteknya justru banyak mengonsumsi makanan yang yang tidak sehat. Makanan rendah serat.

Manfaat dari mengonsumsi makanan berserat tinggi adalah bisa memperlancar pencernaan, menurunkan kolesterol, mengontrol kadar gula darah, dan menyetabilkan berat badan.

Jadi, mengonsumsi makanan bukan hanya karena lezatnya. Atau karena bisa mengenyangkan. Tetapi, makanan itu juga harus menyehatkan. Ini sangat penting.

Baca – 16 Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang

Pertanyaannya, makanan apa saja yang tinggi serat dan harus kita konsumsi?

makanan tinggi serat
buah alpukat (foro:merdeka.com)

Daftar 8 Makanan Tinggi Serat yang Sangat Baik Anda Konsumsi

Berikut ini adalah daftar 8 makanan tinggi serat dan berbagai kandungannya. Anda bisa memilih makanan mana yang Anda suka sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

1.Buah Alpukat – Bisa Diolah Jadi Topping Roti

Pernah mengosumsi buah alpukat? Kandungan serat dalam alpukat cukup tinggi, yaitu 6.7 gram per ons.

Bagaimana dengan kandungan lemaknya? Ya, alpukat memang mengandung lemak. Tetapi bukan lemak jahat. Sebaliknya, lemak yang dikandungnya adalah lemak sehat.

Oleh karena itu, mengonsumsi alpukat tidak akan menaikkan berat badan atau membuat tubuh gemuk. Alpukat juga mengandung zat-zat gizi lain seperti vitamin C, potassium, magnesium, vitamin E, dan vitamin B kompleks.

Baca – 7 Cara Menghilangkan Bau Mulut untuk Selamanya

Kini, mengonsumsi alpukat tidak hanya berbentuk jus atau mengonsumsi langsung. Tetapi, alpukat dibuat sebagai topping roti bakar, bagian dari sushi, atau dicampur dengan ikan salmon menjadi poke bowl lho. Ya, ini adalah olahan kekinian dari alpukat.

2. Strawberry Tinggi Serat Rendah Lemak

Stroberry termasuk buah yang mengandug serat cukup lumayan tinggi, yakni 2 gram per ons. Sebaliknya, strawberry rendah kalori dan rendah lemak. Maka, Anda yang mengalami kegemukan atau berat badan tinggi bisa mengonsumsi buah strawberry.

Kandungan lain dari strawberry adalah vitamin C, mangan, potasium, dan antioksidan.

3. Buah Apel Membuat Gigi Lebih Sehat

Buah apel juga bagus dikonsumsi untuk membuat gigi selalu sehat. Selain itu bisa mencegah penyakit alzheimer’s (pikun) atau penyakit yang menyerang otak. Penderita jadi mudah lupa.

Manfaat lain dari konsumsi buah apel adalah mendetoks hati dan membuat sistem kekebalan tubuh lebih sehat.

4. Pisang – Kulitnya untuk Memutihkan Gigi

Anda juga bisa menjaga kesehatan dengan mengonsumsi buah pisang. Selain berserat tinggi, pisang juga merupakan sumber potasium untuk kesehatan tubuh.

Baca – Cara Merapikan Gigi Gingsul Tanpa Behel

Kandungan lain berupa vitamin B6 dan C yang berguna untuk membuat tubuh Anda bisa selalu sehat. Jika saat berolahraga tiba-tiba menderita kram, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi buah pisang.

Kulit pisang bisa bermanfaat untuk memutihkan gigi. Cara penggunaannya, kulit bagian dalam digosok-gosokkan pada gigi.

5. Bit – Saat Berolahraga Tak Mudah Lelah

Sayur warna merah keunguan ini mengandung banyak serat zat-zat bernutrisi tinggi. Kandungan buah bit antara lain asam folat, zat besi, dan potasium.

Bagi Anda yang suka berolahraga, mengonsumsi buah bit bisa membuat Anda tidak mudah lelah. Anda mampu bertahan lama dalam berolahraga. Selain itu, juga bisa meredakan pembengkakan ketika alergi atau sakit.

Selain dimakan dengan cara direbus, ada beberapa makanan dan minuman yang mengandung bit. Selain itu, bit dapat Anda temukan di beberapa poke bowl, smoothie bowl, atau dalam jus.

6. Brokoli – Meningkatkan Kecerdasan Otak

Anda tidak suka mengonsumsi sayuran brokoli? Jika ya, coba pikir ulang. Sebab, brokoli adalah sayuran dengan kandungan nutrisi paling banyak.

Selain mengandung 5.4 gram serat per cangkir, brokoli juga mengandung banyak zat-zat bergizi lain. Misalnya vitamin C, vitamin K, vitamin B kompleks, asam folat, potasium, zat besi, antioksidan dan protein.

Manfaat lain, mengonsumsi brokoli bisa meningkatkan kecerdasan otak, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan gigi dan tulang, bahkan bisa melindungi kulit dari sinar UV.

Agar kandungan serat yang tinggi tidak membuat perut terasa selalu kenyang, sebaiknya brokoli dkonsumsi sesudah direbus.

7. Kacang Kedelai – Kandungan Nutrisinya Tinggi

Kacang kedelai (kacang edamame) juga tinggi serat. Sebelum buah kedelai tua dan batang kedelai kering, kacang kedelai bisa direbus untuk dinikmati buahnya.

Baca – Cara Mengobati Gusi Bengkak Akibat Gigi Berlubang

Biasanya, kacang kedelai diambil bersama batangnya. Lalu, daunnya dibuang dan batang kedelai dengan buahnya direbus. Setelah rebusan kedelai masak, Anda bisa mengonsumsinya dengan tangan kiri memegang batangnya, dan tangan kanan mengambil buah kedelai yang masih terbungkus kulit.

Ini memang cara unik menikmati rebusan kedelai. Anda akan merasa lebih nikmat dan asyik daripada mengonsumsi kacang kedelai yang sudah tua usia dan dipisahkan dari batangnya.

Selain nutrisinya tinggi, kacang kedelai tinggi serat, tinggi protein, mengandung vitamin K, thiamine, dan riboflavin. Selain itu, mengonsumsi kacang kedelai juga bisa mencegah tulang keropos (osteoporosis) dan kanker.

8. Santan Kelapa – Bisa Memenuhi 16% Kebutuhan Serat

Santan kelapa termasuk makanan berserat tinggi. Sepotong kelapa kecil mampu memenuhi 16% kebutuhan serat tiap harinya. Santan kelapa juga bisa memperkuat daya tahan tubuh, tidak mudah sakit, membuat sehat rambut, membuat ginjal selalu sehat, dan sumber energi.

Bagi Anda yang punya penyakit seperti darah tinggi (hipertensi) dan mengonsumsi santan kelapa bisa membuat sakit, ya jangan.

Sekian artikel mengenai Makanan Tinggi Serat. Semoga artikel ini bermanfaat.