12 Makanan Terbaik untuk Penderita Vertigo

Berita, Sakit Kepala 0 Comments

ADAKAH makanan untuk penderita vertigo? Maksudnya, makanan yang bisa membantu mengatasi penyakit vertigo? Atau mengurangi penyakit vertigo sehingga penyakit itu tidak sering kambuh?

Vertigo sesungguhnya bukan penyakit. Tetapi, sebagai gejala dari adanya penyakit tertentu. Baik penyakit itu bersumber dari telinga bagian dalam atau batang otak.

Tetapi, ketika terjadi vertigo, penderita bisa sempoyongan. Yaitu tubuhnya tidak stabil sehingga terasa akan jatuh. Bersamaan dengan itu, kepala terasa pusing yang berat.

Yang repot, vertigo sering terjadi mendadak. Ketika beraktivitas, tiba-tiba kepala terasa pusing yang kian berat dan keadaan sekeliling seperti berputar.

Dalam kondisi seperti itu, penderita harus mencari pegangan atau duduk supaya tidak terjatuh. Vertigo bisa terjadi setiap hari. Berlangsung hanya beberapa detik, tetapi juga bisa juga berjam-jam.

12 Makanan Terbaik untuk Mengatasi Penyakit Vertigo

Pertanyaannya, makanan apa saja yang baik untuk penderita vertigo? Bisakah konsumsi makanan itu menyembuhkan vertigo atau mencegah vertigo kambuh lagi?

Berikut ini 12 makanan untuk penderita vertigo yang bisa Anda pilih dengan harapan penyakit vertigo tidak sering kambuh. Meskipun untukmenyembuhkan verigo secara total tidak mudah.

makanan untuk penderita vertigo

1. Selai Kacang

Kacang olahan seperti selai kacang sangat bagus untuk menyembuhkan penyakit vertigo karena kandungan vitamin B6. Cukup mengonsumsi selai kacang satu sendok makan tiap hari, Anda bisa menurunkan serangan vertigo.

Selai kacang bisa membantu Anda untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan menangkal radikal bebas biar vertigonya tidak makin parah.

2. Bayam

Dengan kandungan vitamin C, sayur bayam juga sangat baik Anda konsumsi untuk mengatasi vertigo. Sama dengan buah atau sayur lain yang mengandung banyak vitamin C, bayam juga bisa dijadikan sebagai salah satu solusi untuk menurunkan sakit vertigo, terutama dengan penyakit Meniere.

3. Ikan air tawar

Ikan tawar juga bagus untuk menurunkan serangan vertigo. Anda bisa mengonsumsi ikan tawar tiap hari sehingga rasa pusing kepala dapat dikurangi. Ikan tawar mengandung banyak protein. Di sisi lain, ikan tawar tidak mengandung banyak garam.

Banyak ikan tawar yang bisa Anda pilih, antara lain ikan lele, ikan gurame, ikan mas, patin, bawal, nila, belut, ikan gabus, dsb.

4. Pisang

Buah pisang mengandung banyak B6, vitamin C, potassium, magnesium, kalium, dan banyak mineral lainnya. Oleh karena itu, buah pisang bisa menjadi makanan untuk penderita vertigo yang sangat baik.

5. Buah Alpukat

Buah alpkuta mengandung banyak vitamin B6 yang merupakan lemak tidak jenuh sehingga mampu mencegah sakit kepala atau vertigo. Selaun itu juga bisa memperlancar metabolisme protein dan sel-sel tubuh.

6. Paprika

Buah paprika juga bagus untuk mengatasi vertigo. Meskipun harga paprika agak mahal, terutama ketika hasil panen menurun. Harga bisa sampai Rp 20.000 lebih per kg. Tetapi, jika Anda punya dana cukup, bisa mengonsumsi paprika untuk mencegah vertigo sering kambuh.

7. Putih telur

Mengandung banyak protein yang sangat baik untuk kesehatan, termasuk untuk mengatasi penyakit vertigo. Putih telur mengandung protein tinggi yang rendah kolesterol dan lemak. Bisa membantu pembentukan otot dan sumber tenaga.

8. Buah mengkudu

Buah mengkudu (pace) mengandung nutrisi yang baik untuk mengatasi penyakit vertigo. Anda tidak perlu membuat ramuan sendiri karena baunya yang menyengat. Harganya juga tidak mahal, Anda tidak perlu repot. Obat herbal lebih higienes dan lebih aman.

9. Buah citrus

Buah citrus, termasuk jeruk, grapefruits, limes, dan lemon, semuanya mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi. Vitamin C sangat efektif untuk mengatasi penyakit vertigo. Jeruk bisa dicampur dengan bahan lain yang juga antioksidan.

10. Jahe

Dari beberapa penelitian atau studi diketahui bahwa jahe sangat baik untuk mengatasi vertigo secara alami. Anda bisa membuat jahe sebagai minuman segar. Siapkan air panas satu gelas, lalu bahan jahe yang sudah dibersihkan dan dipotong kecil-kecil dimasukkan dalam gelas berisi air panas.

11. Bawang putih

Mengonsumsi bawang putih bisa mengatasi infeksi telinga, sumber terjadinya vertigo.

12. Buah sirsak

Seperti beberapa buah yang sudah disebutkan dalam artikel ini, buah sirsak juga kaya vitamin C. Kita memang membutuhkan vitamin C sebanyak 60 mg/hari. Dengan mengonsumsi buah sirsak 300 gram tiap hari, kebutuhan vitamin C sudah tercukupi.

Selain buahnya, daun sirsak juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati vertigo. Tidak lain karena daun sirsak mengandung zat sitotoksok yang bisa menyembuhkan vertigo.

Penutup 

Demikian artikel mengenai makanan untuk penderita vertigo. Maksudnya, makanan terbaik yang perlu Anda konsumsi untuk mengatasi penyakit vertigo biar tidak sering kambuh.

Ini berarti, Anda perlu mengonsumsi makanan untuk penderita vertigo tidak hanya saat vertigo kambuh. Setelah vertigo sembuh, Anda juga perlu mengonsumsinya supaya vertigo tidak kambuh.

Ya, Anda tidak perlu mengonsumsi tiap hari. Tetapi, bisa diatur, misalnya satu minggu sekali. Yang penting penyakit vertigo tidak sering kambuh. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua. Semoga Anda selalu bebas dari penyakit vertigo.

!-- Ads 300x250 -->