11 Makanan untuk Penderita Vertigo Bikin Cepat Sembuh

MAKANAN untuk penderita vertigo terbaik apa? Makanan punya peran besar terhadap penyakit, termasuk vertigo. Beberapa makanan bisa menyebabkan vertigo sering kambuh. Sebaliknya, ada juga makanan yang bisa mengatasi vertigo.

Ini berarti kedua jenis makanan itu harus mendapatkan perhatian serius dari penderita vertigo. Kedua hal itu harus dilakukan bersamaan sehingga vertigo bisa diatasi.

Untuk makanan penyebab vertigo, Anda bisa baca artikel tentang 11 Makanan yang Bisa Menyebabkan Vertigo Kambuh dan Beberapa Contohnya.

Hindari semua makanan itu dengan baik sehingga vertigo bisa diatasi. Tidak sering kambuh. Hindari juga penyebab vertigo kambuh di luar makanan.

Kini, giliran makanan untuk vertigo apa saja? Maksudnya, makanan apa yang bisa membuat vertigo tidak sering kambuh? Atau membuat vertigo sembuh?

Mengonsumsi vitamin untuk penderita vertigo juga sangat membantu meredakan sakit Anda.

Tetapi saat vertigo kambuh, menurut dokter spesialis saraf dr. Untung Gunarto Sp.S. MM, Anda sebaiknya langsung ambil posisi yang nyaman. Bersandar, berbaring miring atau tiduran.

beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita vertigo
makanan terbaik untuk penderita vertigo (foto:aryanto.id)

11 Makanan untuk Penderita Vertigo Terbaik Yang Bisa Anda Pilih

Berikut ini akan disampaikan beberapa makanan untuk penderita vertigo yang bisa Anda pilih. Anda bisa menyiapkan sendiri atau membeli makanan untuk orang vertigo yang sudah jadi.

Pilih makanan yang mengandung vitamin C dan kalium tinggi. Bisa menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Vertigo adalah saat Anda menderita kepala pusing, lingkungan seolah berputar. Jika Anda tidak duduk atau berpegangan sesuatu, Anda bisa terjatuh.

1. Buah Pisang

Buah pisang tentu mudah Anda dapatkan. Atau Anda punya tanaman pisang sendiri sehingga tidak perlu membeli. Jika membeli, harganya juga tidak mahal.

Pisang merupakan sumber utama energi. Maka, jika Anda habis olahraga atau bekerja yang menguras energi, Anda sebaiknya makan pisang. Energi Anda segera pulih kembali.

Selain itu, dengan kandungan vitamin C, pisang bisa meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Jadi, buah pisang adalah makanan vertigo yang sangat baik Anda konsumsi.

Kandungan kaliumnya juga cukup tinggi. Pisang ukuran 7 inci mengandung 451 mg. Anda bisa makan pisang tiap hari biar vertigo tidak mudah kambuh. Bisa menghilangkan vertigo selamanya.

2. Sayur Bayam

Bayam juga termasuk makanan untuk vertigo yang sangat bagus Anda konsumsi. Sebab, bayam kaya vitamin B6, Vitamin C dan kalium.

Bisa untuk mengobati penyakit kepala pusing, termasuk mengatasi penyakit vertigo. Bayam 100 gram mengandung kalium 460 mg.

Penderita kepala pusing memang harus mengonsumsi banyak vitamin B6. Salah satunya bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi sayur bayam.

Anda sebaiknya masak bayam dengan benar. Sebelum dimasak, bayam direndam dalam air bersih beberapa saat. Lalu dibersihkan dengan air mengalir biar kotoran dan kuman hilang.

Sayur bayam juga sangat baik untuk menurunkan darah tinggi dan meninggikan badan secara alami.

3. Selai Kacang

penderita vertigo perlu makan selai kacang
selai kacang yang siap dimakan

 

Anda juga bisa mengonsumsi selai kacang. Sebab, makanan ini mengandung kalium dan vitamin B yang cukup tinggi. Selai kacang 100 gr mengandung 649 kalium.

Usahakan bisa mengonsumsi selai kacang 1 sendok makan tiap hari.

Selai kacang akan meningkatkan metabolisme tubuh dan menangkal radikal bebas. Dengan cara itu, selai kacang merupakan makanan untuk vertigo.

Bahkan, kepala pusing yang sangat berat juga bisa sembuh dengan makan selai kacang.

4. Ikan Air Tawar

Makanan untuk vertigo yang juga bisa membuat badan lebih sehat adalah ikan tawar. Ikan tawar bisa menggantikan konsumsi daging. Sebab, daging bisa menyebabkan vertigo kambuh.

Untuk mengurangi risiko vertigo sering kambuh, Anda bisa mengonsumsi ikan air tawar. Ya, ikan yang dipelihara di air tawar. Misalnya, ikan gurame, ikan lele, mujair, patin, nila, bawal, belut, dsb.

Selain tinggi kalium, ikan tawar juga tinggi protein. Anda bisa mengonsumsi ikan air tawar tiap hari.

Harga ikan air tawar tidak mahal. Ikan air tawar juga tidak mengandung banyak garam. Jadi, sangat baik untuk penderita vertigo.

Baca: Kenali Vertigo Perifer dan Penyebabnya

5. Minum Air Putih

Anda sebaiknya selalu memenuhi kebutuhan air minum tiap hari sehingga tidak akan terjadi dehidrasi (kekurangan air minum).

Akibat kekurangan air minum, volume darah dalam tubuh berkurang. Pengaruhnya, pengiriman oksigen ke otak tidak mencukupi kebutuhan.

Ini bisa menyebabkan ketidak-seimbangan dalam tubuh yang akhirnya menyebabkan sakit vertigo atau kepala pusing. Tercukupinya konsumsi air putih bisa mengatasi vertigo.

Anda sebaiknya mengonsumsi 2,2 liter – 3 liter air putih per hari. Apalagi Anda sering berolahraga, senam, dsb. Kebutuhan konsumsi air putih lebih tinggi.

Air putih juga tinggi kalium. Manfaatnya bisa mengaktifkan elektrolit pada otak sehingga bisa konsentrasi. Terhindar dari vertigo.

6. Minum Ramuan Jahe

khasiat jahe merah untuk vertigo
wedang jahe merah dan produk jahe merah

Ramuan jahe juga termasuk makanan untuk vertigo yang sangat baik Anda konsumsi. Minuman jahe atau minuman jahe merah dengan rasa sedikit pedas membuat badan terasa segar. Apalagi jahe dibuat minuman dengan air hangat.

Diminum malam hari setelah selesai beraktivitas sangat menyegarkan. Enak tenan, kata seorang pelawak dalam lawakannya.

Selain itu, minuman jahe juga bisa membantu memperlancar sirkulasi darah. Sirkulasi darah bisa menghindari terjadinya vertigo.

Jahe atau jahe merah juga mengandung zat yang bisa mengontrol inflamasi sehingga bisa mencegah mual dan vertigo.

Tetapi, Anda juga bisa mengonsumsi jahe langsung. Jahe dikupas, dicuci bersih, lalu dimakan. Satu rimpang per hari cukup.

Bisa juga mengonsumsi obat herbal yang dibuat dari jahe sehingga tidak perlu repot membuat sendiri. Misalnya, Jahe merah instan dari Gholiban, Teh jahe, Jahe merah krimer, dsb.

7. Kacang Almond

Makanan untuk vertigo yang juga bagus Anda konsumsi adalah kacang almond. Kacang ini kaya vitamin A, B dan E. Cukup mengonsumsi 5 biji kacang almond tiap hari.

Bisa dimakan langsung, ditumbuk dulu, diparut atau dicampur dengan makanan lain. Semua bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan penyakit vertigo.

Kandungan vitamin D dan E dalam kacang almond bisa melawan radikal bebas pemicu vertigo. Sebelum dikonsumsi, kacang almond sebaiknya direndam dalam air selama 1 jam.

8. Ikan Tuna

Suka ikan tuna? Ikan ini juga termasuk makanan untuk penderita vertigo terbaik. Ikan tuna kaya akan protein. Selain itu mengandung vitamin B6. Sangat baik dikonsumsi oleh penderita vertigo.

Ikan tuna bisa meredakan gejala sakit vertigo. Tetapi ikan tuna harus dimasak sampai matang sebelum Anda konsumsi. Jangan dimakan jika ikan dimasak setengah matang.

Selain itu Anda tidak boleh makan berlebihan. Cukup 2 – 3 porsi dalam satu minggu. Ikan tuna mengandung vitamin B6 yang efektif mengatasi vertigo.

Selain pada ikan tuna, vitamin B6 juga terdapat pada ikan salmon, daging sapi tanpa lemak, wortel, buah kiwi dan ubi jalar.

9. Makanan yang Mengandung Vitamin B12

Makanan yang mengandung vitamin B12 juga bisa Anda pilih untuk menyembuhkan vertigo. Misalnya telur, hati sapi, hati kambing, kerang, susu dan produk olahannya,

Kekurangan konsumsi vitamin B12 bisa menyebabkan sakit vertigo, gangguan sistem saraf, menderita darah rendah, aliran darah ke otak terganggu, dsb.

10. Makanan yang Mengandung Vitamin D

Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D untuk mencegah vertigo sering kambuh. Dari beberapa penelitian diketahui kekurangan vitamin D bisa memicu terjadinya vertigo.

Makanan yang mengandung vitamin D yang bisa Anda konsumsi antara lain susu kedelai, sereal, kuning telur, oatmeal, jamur miatake, oatmeal, ikan sarden, tuna kalengan, dan keju.

11. Vitamin B Complex

vitamin b complex

Anda juga bisa mengonsumsi vitamin B complex. Yakni vitamin untuk penderita vertigo. Pilih Vitamin B Complex yang bagus.

Seorang penderita menuturkan pengalamannya menderita vertigo sampai dia terapi yang membuat vertigonya jarang kambuh.

Dari periksa beberapa dokter, tidak ada yang bisa menyembuhkan vertigo yang dia derita. Dari kenalannya yang jualan obat, dia disarankan tiap hari minum vitamin B complex.

Dengan konsumsi vitamin B Kompleks, penyakitnya kini jarang kambuh. Tentu saja, dia merasa senang dengan hal itu. Dia pun berharap vitamin B Complex tablet bisa menghilangkan vertigo selamanya.

Baca: Penyebab Penyakit Vertigo Akibat Salah Posisi Tidur?

Penutup

Sesungguhnya masih banyak makanan untuk vertigo. Tetapi, dengan contoh di atas, Anda bisa memilih makanan yang ingin Anda konsumsi biar vertigo tidak sering kambuh. Syukur bisa menghilangkan vertigo selamanya

Semoga artikel tentang makanan untuk penderita vertigo ini bermanfaat untuk Anda yang sering kena penyakit vertigo kambuh.

kacang almond
kacang almond, makanan untuk penderita vertigo (foto:aido.id)

 

Semoga artikel mengenai makanan untuk penderita vertigo ini bermanfaat untuk Anda semua.

Bagikan artikel ini kepada teman dan kenalan biar mereka juga bisa sehat dari vertigo. (update 23 Mei 2024).

Tinggalkan komentar