Makanan untuk Penderita Wasir – Yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari

Berita 0 Comments

MAKANAN untuk penderita wasir. Mengatur pola makan sangat penting bagi penderita penyakit wasir atau ambeien. Pola makan yang buruk bisa menyebabkan Anda terkena ambeien.

Jika Anda telah terkena penyakit ambeien atau wasir, maka perhatikan menu makanan yang terbaik untuk Anda. Yakni, makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita wasir biar wasir atau ambeien tidak suka kambuh.

Sebaliknya, Anda juga harus menghindari pantangan makanan yang bisa menyebabkan Anda kena penyakit wasir / ambeien atau wasir sering kambuh.

Pertanyaannya, makanan apa saja itu? Baik makanan yang harus dikonsumsi atau makanan yang harus dihindari.

Sangat Penting: Makanan untuk Penderita Wasir Harus Kaya Serat 

Hal penting yang harus diperhatikan oleh penderita sakit wasir adalah perlunya selalu mengonsumsi makanan kaya serat.

 

makanan untuk penderita wasir

kacang-kacangan untuk penderita wasir (foto:jagapati.com)

Ada dua jenis serat. Yaitu serat larut dan serat tidak larut. Kedua jenis serat itu sama pentingnya untuk kesehatan tubuh.

Manfaat serat larut adalah melunakkan feses (tinja) sehingga mudah melewati anus. Oleh karena itu, sangat penting mengonsumsi makanan yang kaya serat larut bagi Anda supaya buang air besar (BAB) berjalan lancar. Anda bisa terhindar dari sembelit dan wasir.

Serat tidak larut tentu saja kebalikan dari serat larut. Mengonsumsi makanan dengan serat tidak larut penting agar ada keseimbangan dalam pencernaan. Yaitu, menyeimbangkan zat kimia dalam usus.

Tetapi, Anda tidak perlu bingung membedakan makanan yang kaya serat larut dan serat tidak larut. Makanan yang kaya serat biasanya mengandung kedua jenis serat itu. Anda tidak perlu repot untuk memikirkan konsumsi keduanya.

Hanya saja, mengonsumsi makanan berserat jangan berlebihan. Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Anda akan sering buang gas jika mengonsumsi makanan kaya serat karena perut terasa penuh.
Untuk mengatasi hal ini, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi banyak cairan.

Baca Juga:

Dalam kondisi normal, tubuh orang dewasa (usia 18 tahun – 50 tahun) memerlukan 37 sampai 38 gram serat per hari.

Makanan untuk Penderita Wasir yang Perlu Anda Konsumsi

Makanan untuk penderita wasir. Makanan apa saja yang perlu dikonsumsi oleh penderita wasir sehingga penyakit wasir tidak kambuh?

Berikut ini daftarnya dan Anda bisa mengonsumsi dengan teratur sampai penyakit wasir sembuh. Dalam arti penyakit yang menjengkelkan itu tidak muncul lagi.

1. Kacang-kacangan

Mendapatkan kacang-kacangan tentu tidak sulit. Anda bisa mendapatkannya di pasar tradisional atau swalayan. Ada berbagai jenis kacang-kacangan yang bisa Anda konsumsi ketika ambeien terjadi. Contohnya kacang almond, kacang hitam, kacang polong, kacang hijau, kacang merah, dan kacang lentil.

2. Biji-bijian

Anda juga bisa memilih makanan untuk penderita wasir berupa biji-bijian yang kaya serat tidak larut. Makanan dari biji-bijian yang tinggi seratnya adalah oat, jagung, roti atau biskuit yang terbuat dari dari tepung gandum.

3. Sayur dan Buah

Hampir semua orang tahu bahwa sayur dan buah sangat baik untuk kesehatan. Beberapa sayuran kaya flavonoid dan kaya serat. Ditandai dengan warna daunnya yang hijau gelap.

Brokoli, bayam, kubis, dan kangkung adalah makanan kaya serat dan flavonoid yang perlu Anda konsumsi untuk mencegah ata menyembuhkan penyakit wasir.

Buah yang kaya serat dan penting dikonsumsi oleh penderita wasir adalah buah anggur, apel, stroberi, pisang, kurma, tomat, atau ceri.

4. Makanan banyak air

Makanan yang mengandung banyak air juga perlu Anda konsumsi biar bebas dari penyakit ambeien. Contohnya mentimun (timun), seledri, semangka, dan lain-lain. Atau memperbanyak minum air putih.

Makanan yang Harus Dihindari oleh Penderita Wasir

Selain makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit wasir sehingga sakitnya tidak mudah kambuh, Anda juga perlu menghindari makanan larangan yang membuat wasir suka kambuh. Makanan apa saja itu?

1. Makanan rasa pedas. Yakni, makanan yang menggunakan banyak cabai atau lada. Rasa pedas bisa mengganggu kesehatan pencernaan. Perut terasa sakit.

2.  Makanan berlemak. Harus dihindari karena makanan berlemak tidak mudah dicerna oleh tubuh. Pencernaan harus bekerja keras untuk mencernanya. Risikonya bisa terjadi sembelit dan wasir (ambeien).

Contoh makanan berlemak adalah daging, daging olahan, hati, daging ayam, ikan, telur, atau makanan yang digoreng dengan minyak atau mentega.

3. Makanan rendah serat. Contohnya adalah kentang, tepung selain gandum, nasi putih, roti putih, produk olahan susu, makanan beku dan makanan cepat saji.

4. Makanan terlalu asin. Misalnya makanan yang mengandung banyak garam. Ini membuat tubuh kurang cairan, terjadi pembengkakan di pembuluh darah, termasuk pembuluh darah di rektum. .

Penutup

Memilih makanan yang sehat sangat penting. Kebanyan orang saat akan makan memilih makanan yang lezat, enak. Bukan makanan sehat. Kalau akhirnya pola makan seperti itu dan membuat Anda kena wasir, aduuhhh…

!-- Ads 300x250 -->