Makanan dengan Asam Amino Tinggi – Penting Untuk Kesehatan

Herbal, Produk ratnasilvi 0 Comments

TIAP orang pasti membutuhkan asam amino. Sebab, asam amino merupakan sumber kehidupan. Asam amino tidak bisa diproduksi oleh tubuh, melainkan harus dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam amino.

Apakah asam amino itu?

Kata dr. Allert Benedicto Ieuan Noya, dari alodokter.com, asam amino adalah senyawa organik yang bergabung menjadi protein.

Saat kamu mengonsumsi makanan yang mengandung protein, maka protein di dalam makanan akan mengalami proses penguraian atau metabolisme.

Dari hasil penguraian itu diperoleh asam amino yang memiliki banyak fungsi atau manfaat.

Manfaat asam amino antara lain memperbaiki jaringan tubuh, membantu pertumbuhan tubuh dengan normal, menguraikan makanan, dan sebagai sumber energi tubuh.

Selain itu, asam amino juga melawan peradangan, meningkatkan pertumbuhan otot, mengurangi kelelahan, atau bahkan meningkatkan sistem imun (daya tahan tubuh).

makanan yang mengandung asam amino

beberapa makanan yang mengandung asam amino (foto:reps-id.com)

Jenis Esensial Paling Banyak Dibutuhkan

Ada tiga jenis asam amino. Yakni, asam amino kondisional, asam amino non-esensial, dan asam amino esensial.

Tetapi yang sangat kamu perlukan adalah asam amino esensial. Sayangnya, tubuh tidak bisa memproduksi sendiri asam amino.

Kamu dan kita semua hanya bisa memperoleh asam amino melalui konsumsi makanan yang mengandung asam amino esensial.

Asam amino esensial terdiri dari valin, histidin, triptofan, isoleusin, lisin, leusin, metionin, treonin, dan fenilalanin.

Makanan Yang Mengandung Asam Amino, Mana Yang Paling Tinggi?

Pertanyaannya, makanan apa saja yang harus kamu konsumsi?

Adapun makanan dengan asam amino esensial dan perlu kamu konsumsi supaya tubuh tetap sehat dan mampu melakukan berbagai aktivitas adalah:

1. Isoleusin

Makanan dengan asam amino jenis isoleusin adalah putih telur, domba, kalkun, kepiting, ayam, tuna, ikan kod, dan kedelai.

Pilih makanan yang cocok sehingga tubuh kamu tidak akan kekurangan asam amino esensial jenis isoleusin. Makanan-makanan ini rendah lemak.

2. Histidin

Makanan yang juga sangat baik kamu konsumsi karena mengandung asam amino jenis histidin adalah ikan tuna, kod, daging ayam, kalkun, dan kacang merah.

3. Lisin

Kamu juga bisa mendapatkan asam amino jenis lisin dari konsumsi dada ayam, ikan tuna, daging kalkun, selada air, rumput laut, dan daun peterseli.

Sebagian dari makanan-makanan itu mengandung asam amino jenis lisin yang tinggi.

4. Valin

Beberapa makanan yang mengandung asam amino jenis valin yang cukup tinggi adalah telur, rumput laut, selada air, kalkun, dan bayam.

5. Leusin

Selain mengandung valin, rumput laut juga mengandung asam amino jenis leusin. Makanan lain yang juga mengandung leusin adalah ikan, kedelai, putih telur, dan ayam.

6. Treonin

Adapun asam amino jenis treonin bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi bayam, selada, air mentah, ikan nila, putih telur, kalkun, dan kedelai.

7. Metionin

Yang tergolong makanan dengan kandungan metionin, misalnnya ayam, kalkun, kepiting, lobster, putih telur dan tuna.

Tetapi yang tertinggi kandungan metioninnya adalah putih telur. Tidak ada yang menyamai.

Suplemen Produk Asam Amino

Jika Anda ingin praktis dalam mengonsumsi asam amino, maka Anda bisa membeli produk asam amino di toko-toko online atau offline.

Produk sudah jadi dengan kandungan asam amino tinggi dan berbagai vitamin. Dengan mengonsumsi produk asam amno ini, Anda tidak perlu repot.

Produk asam amino antara lain:

1.BCAA Express:

Satu takaran saji isi 5 gram BCAA, mampu memperkuat otot. Meskipun Anda sedang diet, tidak akan terjadi muscle breakdown.

2. Alpha Amino BCAA:

Produk asam amino Alpha Amino BCAA ini cocok untuk Anda yang suka olahraga berat. Jika kehabisan tenaga akibat olahraga, produk ini bisa mengatasinya. Anda tidak akan kehilangan cairan dalam tubuh.

3 BCAA Trainer: 

Pelatih olahraga atau pekerja berat penting mengonsumsi produk asam amino ini. Stamina tubuh akan selalu terjadi. Jadilah Anda sehat dan kuat.

4. Stacked Plant Protein:

Ini adalah produk BCAA yang pas untuk Anda konsumsi. Memiliki Stacked Plant Protein yang menggunakan bahan dasar nabati sepenuhnya.

Tetapi di sisi lain, produk kesehatan ini kaya dengan serat. Tersedia dua varian rasa untuk suplemen ini. Yakni vanilla dan cokelat.