11 Makanan Yang Mengandung Kalsium Untuk Ibu Hamil

Herbal , ratnasilvi 0 Comments

MAKANAN yang mengandung kalsium untuk ibu hamil sangat penting. Bunda perlu mengonsumsi makanan ini supaya bayi yang dikandungnya tumbuh maksimal, sehat, termasuk tulang dan giginya. Selain itu juga kecerdasan otaknya.

Saya yakin, Bunda pasti ingin punya anak yang sehat, kuat, dan cerdas. Ada beberapa makanan yang bisa dipilih untuk konsumsi setiap hari. Makanan ini tidak mahal. Bahkan ada yang harganya sangat murah, dibawah Rp 10.000.

Pengadaannya juga mudah. Bahkan bisa tanam sendiri jika punya lahan untuk menanamnya. Jika tidak bisa tanam sendiri, bisa beli di toko-toko online, swalayan, supermarket atau pasar tradisional.

Menurut dr Allert Benedicto Ieuan Noya, mengonsumsi kalsium untuk Ibu hamil sangat penting.

Kalsium berperan untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Selain itu membantu jantung, saraf dan otot janin berkembang dengan baik.

Bagi Ibu hamil, mengonsumsi kalsium bisa mencegah Bunda terkena hipertensi (darah tinggi) dan preeklamsia.

11 Makanan Yang Mengandung Kalsium Untuk Ibu Hamil Dan Harganya

makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil

yoghurt (foto:gaya.tempo.co)

Makanan apa saja yang mengandung kalsium tinggi dan perlu dikonsumsi oleh ibu hamil? Berapa kalsium yang dibutuhkan oleh ibu hamil?

Ada 11 makanan yang mengandung kalsium tinggi dan Bunda perlu mengonsumsinya. Yaitu:

1. Makanan Olahan Susu: Yoghurt dan Keju

Susu jelas merupakan salah satu minuman yang mengandung kalsium tinggi. Tetapi Bunda juga bisa mengonsumsi makanan olahan dengan bahan susu untuk kesehatan si calon bayi dalam kandungan.

Makanan olahan susu, misalnya yoghurt dan keju. Keduanya mengandung protein dan kalsium yang bisa membuat gigi dan tulang bayi kuat.

Manfaat lain dari mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium adalah membuat Bunda bisa terhindar dari risiko terkena darah tinggi (preeklampsia), diabetes gestasional, infeksi vagina serta alergi.

2. Kacang-kacangan: Lentil, Polong, dsb.

Bunda yang lagi hamil juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan untuk mendapatkan asupan kalsium. Konsumsi kalsium sangat penting untuk pertumbuhan calon bayi.

Kacang-kacangan yang mengandung kalsium antara lain kacang lentil, kacang polong, kedelai dan kacang tanah. Makanan kacang-kacangan ini mengandung tinggi serat, protein, zat besi, folat dan kalsium.

Berbagai kandungan itu bisa mencegah terjadinya calon bayi cacat tabung saraf dan bayi lahir dengan berat badan rendah.

Bunda perlu mengonsumsi kacang-kacangan setiap hari. Pilih jenis kacang-kacangan yang Bunda suka.

Harganya tentu beragam. Bunda bisa milih harga berapa yang diinginkan. Ada juga kacangan-kacangan yang diproduksi dalam bentuk susu atau makanan.

3. Ubi Jalar Bisa Mengontrol Gula Darah

Bunda suka ubi jalar?

Mengonsumsi ubi jalar juga sangat baik untuk ibu hamil. Ubi jalar mengandung kalsium yang tinggi dan dibutuhkan untuk perkembangan si calon bayi.

Selain itu, ubi jalar juga merupakan salah satu makanan yang mengandung beta karoten dan vitamin A, B3, C, folat, dsb. Bisa mengontrol gula darah di dalam tubuh biar tetap stabil.

Membuat pencernaan bekerja dengan baik dan Bunda cepat merasa kenyang saat makan. Ubi jalar juga anti kanker dan anti radang. Harganya pun sangat murah.

Bunda bisa memilih ubi jalar yang disukai. Ada ubi jalar warna ungu, kuning, putih, merah, dsb. Paling murah harga Rp 6.000 / kg.

4. Jeruk: Kaya Vitamin C dan Kalsium

Mendapatkan buah jeruk tentu tidak sulit. Kini banyak tempat penjualan buah di pinggir jalan, selain di swalayan dan supermarket. Konsumsi jeruk sangat penting bagi ibu hamil.

Selain mengandung vitamin C yang tinggi, jeruk juga mengandung kalsium untuk si calon bayi.

Buah jeruk apa saja, semua dikenal sebagai buah dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Ini bisa membuat Bunda tidak mudah kena penyakit karena kekebalan (daya tahan) tubuh yang bagus.

Buah jeruk juga bermanfaat untuk mengurangi mual atau morning sickness di trimester pertama kehamilan.

Harga jeruk tentu sangat beragam. Selain sesuai dengan berat jeruk, juga jenis jeruk.

Ada yang murah, sedang, agak mahal. Anda bisa memilih jenis jeruk apa saja yang disukai.

5. Buah Ara Bermanfaat Untuk Ibu & Calon Bayi

Buah ara mirip dengan buah delima. Selain mengandung serat yang tinggi, buah ara (figs) kering mengandung kalsium dan serat tinggi.

Oleh karena itu, buah rasa asam / manis ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Efeknya bisa memperkuat tulang dan gigi si kecil nantinya.

Sementara, kandungan serat dari buah ara mampu membantu Bunda yang mengalami sembelit atau sulit BAB.

Juga mengandung asam amino essensial untuk kesehatan.

Harga buah ara terendah Rp 38.000 untuk 1 pak isi 100 gr. Bisa dikonsumsi langsung, bisa dimasak dulu. Cemilan terbaik bagi ibu hamil.

6. Sayuran Pakcoy / Sawi

Sayuran berdaun hijau seperti sawi ini merupakan anggota keluarga dari tanaman kubis. Bisa didapatkan di toko-toko online atau swalayan.

Bagi Bunda yang hamil dan sering mengalami morning sickness atau intoleran laktosa terhadap susu sapi, bisa menggantinya dengan mengonsumsi sayuran pakcoy.

Rasanya sedikit manis dan renyah. Mengandung protein, kalsium tinggi, mangan, asam amino triptofan dan serat pangan.

Harga per ikat beragam. Banyak yang berharga dibawah Rp 10.000.

7. Oatmeal: Bisa Untuk Sarapan Sehat Bagi Ibu Hamil

Oatmeal juga makanan yang mengandung kalsium tinggi dan diperlukan oleh ibu hamil.

Selain kalsium, oatmeal juga mengandung riboflavin, karbohidrat, asam folat dan kalium.

Oatmeal mampu membuat perut kamu merasa kenyang dalam waktu lama. Sangat cocok untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan atau ingin badan tetap langsing.

Kandungan lain yang juga cukup tinggi adalah serat. Oleh karena itu, konsumsi oatmeal bisa melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit, menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko kena sakit jantung.

Anda bisa mengonsumsi oatmeal ketika sarapan pagi.

Harga oatmeal tentu saja beragam. Dari yang murah di bawah Rp 30.000 perkilogram. Bisa dibeli di toko online atau toko lain.

8. Tahu mengandung kalsium dan protein yang tinggi

Siapa yang tidak suka tahu?

Tahu yang diproduksi dari bahan kedelai atau kacang kedelai ini sangat disukai banyak orang. Bisa dimasak dalam berbagai varian / sajian.

Misalnya ada tahu susu, kerang tahu, kembang tahu, sayur tahu cina, kulit kembang tahu, tahu kuning, tahu pong, tahu manalagi non-pengawet, tahu putih kotak, dsb.

Yang jelas, tahu mengandung kalsium dan protein yang tinggi. Sangat baik dikonsumsi oleh Bunda yang sedang hamil.

Selain kalsium tinggi, tahu juga mengandung magnesium, protein dan zat besi. Bunda boleh mengonsumsi tahu setiap hari untuk memenuhi kebutuhan protein harian.

Harga tentu saja bervariasi dan sangat murah.

9. Ikan Salmon: Pilih Yang Tidak Terkontaminasi Bakteri

Bunda juga bisa mengonsumsi ikan salmon untuk mendapatkan kalsium yang tinggi.

Meskipun harganya agak mahal. Tetapi manfaatnya besar untuk kesehatan Bunda dan calon bayi yang dikandungnya.

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 esensial dan kalsium untuk ibu hamil. Asam lemak omega-3 bermanfaat untuk pembentukan otak dan mata bayi di dalam janin.

Ikan salmon merupakan jenis hewan laut yang sangat baik untuk ibu hamil.

Tetapi, pilih ikan salmon yang tidak terkontaminasi bakteri salomela dan merkuri. Jika terkontaminasi, mengonsumsi ikan samon justru membahayakan kesehatan janin.

Harga ikan salmon norwey segar adalah Rp 230.000 – Rp 320.00 per kilogram. Tetapi Anda bisa membeli dengan ukuran lebih kecil sehingga lebih murah.

Ikan salmon filet 100 gr, misalnya, harganya Rp 27.800. Ikan salmon tasmania 250 gr harga Rp 53.900, dsb. Bisa dibeli di toko online.

10. Telur – Jangan Konsumsi Berlebihan, Bisa Kolesterol

Berapa harga telur sekarang? Ya, macam-macam. Harga Rp 21.000 – Rp 25.000 per kg.

Tetapi, ada yang jual putih telur saja atau kuning telur saja. Terserah Anda pilih yang mana.

Telur tidak hanya memiliki kasium untuk ibu hamil. Telur juga mengandung kolin yang bisa menghindari risiko terjadinya bayi cacat tabung saraf.

Protein di dalam telur juga tergolong tinggi, sehingga aman untuk kamu konsumsi.

Tetapi jangan mengonsumsi telur berlebihan. Sebab, telur mengandung kalori cukup tinggi. Mengonsumsi telur berlebihan bisa membuat kamu rentan atau mudah terkena kolesterol tinggi.

11. Buah Pisang: Banyak Jenisnya

Pilihan lain untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi adalah buah pisang.

Sama dengan makanan lain yang disebutkan di atas, buah pisang juga mudah ditemukan dan harganya tidak memberati isi kantong.

Anda bisa mengonsumsi pisang kapan saja. Pagi, siang, malam, semua oke. Selain itu, buah pisang bisa dimasak dalam aneka ragam cemilan. Orang tidak bosan mengonsumsi buah pisang.

Apalagi harganya terjangkau. Anda hanya perlu memilih pisang yang Anda inginkan sesuai keperluan Anda. Oleh karena itu, sangat baik ibu hamil mengonsumsi buah pisang.

Banyak dijual pisang lokal seperti pisang ambon, pisang raja, pisang emas, pisang uli, pisang barangan, pisang kepok, dsb.

Penutup

Konsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi sangat penting bagi ibu hamil. Terutama untuk kesehatan janin yang dikandungnya biar nantinya punya gigi dan tulang yang kuat.

Ini sangat penting karena kalsium bisa diperoleh hanya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi. Kalsium tidak bisa diperoleh dari dalam tubuh.

Untungnya, banyak makanan yang mengandung kalsium tinggi dan bisa Bunda konsumsi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Bunda yang hamil khususnya, dan kita semua umumnya.

Baca Juga: