15 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi Untuk Bayi

Herbal ratnasilvi 0 Comments

MENGONSUMSI makanan berkalsium tinggi sangat penting untuk pertumbuhan si kecil. Makanan yang mengandung kalsium tinggi akan memperkuat gigi dan tulang. Ini sangat penting karena bayi masih dalam pertumbuhan.

Kalsium adalah zat gizi yang bekerja untuk membentuk tulang yang kuat dan sehat.

Pada masa bayi, gigi dan tulang mereka sedang tumbuh. Apalagi setelah bayi usia 6 bulan, kebutuhan konsumsi kalsium makin tinggi.

Pada usia 0 -6 bulan, kebutuhan kalsium bisa didapatkan dari air susu ibu (ASI).

Tetapi setelah berusia 6 bulan, kebutuhan kalsium tidak cukup dipenuhi oleh asupan ASI. Si kecil perlu memperoleh asupan tambahan berupa makanan yang mengandung kalsium tinggi.

Manfaat lain dari konsumsi kalsium tinggi adalah untuk pembekuan darah, mendukung kinerja sistem saraf serta kontraksi jantung dan otot. Bisa juga untuk mencegah gangguan ginjal.

Nah, penting banget kan konsumsi kalsium untuk si bayi? Maka, Bunda perlu memberi perhatian tentang penyediaan makanan berkalsium tinggi untuk si kecil.

Biar pertumbuhan giginya bagus dan gigi tidak mudah keropos. Selain itu, tulangnya kuat dan tidak mudah kena sakit tulang.

makanan berkalsium tinggi
makanan berkalsium tinggi (foto:review.bukalapak.com)

Berapa Kebutuhan Kalsium Bayi Tiap Harinya?

Pertanyannya, berapa kebutuhan kalsium untuk si bayi tiap harinya? Begitu juga kebutuhan kalsium untuk anak, remaja, orang dewasa dan lanjut usia. Berapa saja kebutuhan mereka?

Fimela.com melansir bahwa kebutuhan bayi akan kalsium adalah:

  • Bayi usia di bawah 6 bulan membutuhkan 200 mg kalsium per hari.
  • Bayi usia 6 -11 bulan membutuhkan 260 mg kalsium per hari.

Kebutuhan kalsium untuk si kecil usia dibawah 6 bulan bisa diperoleh dari ASI. Maka, Bunda juga perlu mengonsumsi banyak makanan yang mengandung kalsium tinggi.

Tujuannya biar ASI yang dihasilkan Bunda mampu memenuhi kebutuhan si bayi. Bayi bisa tumbuh sehat dengan gigi dan tulang yang kuat.

Orang Dewasa dan Lansia Juga Perlu Kalsium

Tetapi, yang membutuhkan asupan kalsium bukan hanya bayi dibawah 1 tahun. Bayi atau anak usia 1 tahun lebih juga memerlukan kalsium. Bahkan kebutuhannya lebih banyak.

Demikian pula untuk remaja, orang dewasa sampai orang tua. Semua membutuhkan konsumsi kalsium biar gigi dan tulangnya tetap kuat.

  • Anak-anak usia 1-3 tahun butuh 700 mg kalsium per hari (2-3 porsi).
  • Anak-anak usia 4-8 tahun butuh 1.000 mg kalsium per hari (2-3 porsi).
  • Anak usia 9-13 tahun butuh 1300 mg kalsium per hari
  • Pada usia 14-18 tahun anak laki-laki butuh 1300 mg kalsium per hari.
  • Untuk usia 18 tahun ke atas, kebutuhan kalsium sedikit berkurang, yaitu sekitar 1000 mg per hari.

Menurut Dr dr Saptawati Bardosono MSc, kebanyakan anak-anak Indonesia belum terpenuhi kebutuhan mereka akan kalsium.

Sebanyak 80% dari anak-anak usia SD (usia 6 – 12 tahun), konsumsi kalsium mereka belum memenuhi kebutuhan. Atau konsumsi kalsium mereka masih rendah.

Tentu saja, fakta ini perlu mendapatkan perhatian orang tua biar mereka bisa memenuhi kebutuhan kalsium anak-anaknya. Sebab, menyediakan makanan yang mengandung kalsium sesungguhnya tidak sulit.

Banyak makanan di sekitar kita yang mengandung kalsium tinggi seperti akan dibeberkan di bawah ini

Daftar Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Pertanyannya, makanan apa saja yang mengandung kalsium tinggi dan perlu dikonsumsi si kecil?

Berikut ini 15 daftar makanan berkalsium tinggi. Bunda bisa memilih makanan yang tinggi kalsium buat si kecil senang untuk mengonsumsinya.

1. Susu dan produk turunannya. Susu dengan kalsium tinggi, misalnya keju, mentega (butter, bukan margarin), dan yoghurt. Susu 1 gelas (200 ml) mengandung 220 gram kalsium.

Mengonsumsi yoghurt bisa memenuhi 42% dari kebutuhan kalsium tiap harinya. Demikian pula mengonsumsi keju, juga tinggi kalsium. Bunda bia menambahkan keju pada sarapan anak.

2. Sayuran hijau. Sayuran dengan daun warna hijau mengandung kalsium tinggi. Misalnya sawi hijau, bayam, brokoli, dan kol.

4. Biji-bijian. Misalnya biji wijen dan biji chia. Satu sendok biji wijen bisa memenuhi 9% kebutuhan akan kalsium.

5. Kacang-kacangan. Kacang kedelai 1 mangkuk mengandung 55 gram kalsium. Kacang almond tinggi kalsium tetapi rendah lemak. Demikian pula kacang hijau. Selain mengandung protein tinggi, juga kalsium tinggi, asam folat, zat besi, dsb.

6. Brokoli. Sajikan dalam bentuk jus atau ditumis bersama sayur lainnya biar si kecil suka mengonsumsi brokoli.

7.Buncis. Buncis 11 gram mengandung 37 kalsium.

8 Tahu. Ukuran sedang mengandung 124 gram kalsium

9. Ikan teri (1 ons) mengandung 1200 gram kalsium

10. Ikan sarden. Dari 100 gram ikan sarden mengandung 383 gram kalsium.

11. Sawi hijau. Dari 100 gram sawi hijau terdapat kandungan kalsium 105 gram.

12. Telur: kaya kalsium, protein, dan vitamin D. Juga bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak.

Baca- Ciri Ciri Bayi Yang Tidak Cocok Mengonsumsi Susu Formula

Selain kalsium, zat nutrisi lain yang juga penting untuk bayi adalah makronutrien. Mencakup karbohidrat, protein, dan lemak. Mikronutrien meliputi vitamin dan mineral.

13. Almon. Sepertiga cangkir almon mengandung 110 kalsium.

14. Buah jeruk. Selain mengandung kalsium cukup tinggi, jeruk juga mengandung antioksidan dan vitamin C. Sebaiknya buah jeruk dikonsumsi dalam bentuk buah segar, bukan dalam bentuk jus.

15. Sereal. Bunda juga bisa memberikan makanan dengan bahan sereal karena tinggi kalsium.

Itulah beberapa makanan yang mengandung kalsium tinggi untuk pertumbuhan si kecil. Bunda bisa memilih mana yang cocok untuk bayi atau anak Bunda.

Penutup

Kebutuhan kalsium untuk kesehatan dan pertumbuhan bayi sangat penting. Terutama untuk pertumbuhan gigi biar kuat dan tidak mudah rusak. Demikian pula untuk pertumbuhan tulang, konsumsi kalsium sangat penting.

Kebutuhan konsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi tidak bisa dianggap sepele. Pengaruhnya besar untuk kesehatan gigi dan tulang selain untuk kesehatan organ lain seperti jantung dan ginjal.

Tetapi kebutuhan konsumsi kalsium bukan hanya untuk anak. Remaja, orang dewasa sampai lanjut usia, semua memerlukan konsumsi kalsium yang cukup. Tidak lain biar gigi dan tulang selalu sehat da kuat. Tidak mudah keropos.

Semoga artikel tentang makanan yang mengandung kalsium tinggi untuk kesehatan bayi ini bermanfaat untuk Anda semua.

Baca Juga:

  • 11 Susu Formula Bayi dengan Kualitas Tinggi, Mendekati ASI