9 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi – Anda Perlu Mengosumsi

Berita, Herbal 0 Comments

Jika memungkinkan, Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Hal itu sangat penting untuk kesehatan Anda. Baik untuk kesehatan organ, kulit, otot, hormon, atau yang lain.

Dengan mengonsumsi makanan berprotein cukup, maka kualitas kesehatan Anda akan meningkat. Berat badan ideal, tidak kelebihan lemak, tekanan darah dan gula darah normal, massa otot meningkat, dsb.

Secara umum, standar angka kebutuhan protein harian adalah 56-59 gram per hari untuk perempuan dan 62-66 gram per hari untuk pria.

Pertanyaannya, makanan apa saja yang mengandung protein tinggi dan perlu kita konsumsi tiap hari?

Daftar 9 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi dan Kandungannya

Berikut ini daftar 9 makanan yang mengandung protein tinggi dan perlu Anda konsumsi. Jika tidak bisa menghitung berapa kadar proteinnya dengan tepat, ya kira-kira aja.

makanan yang mengandung protein tinggi
(foto:hellosehat.com)

Jika protein yang Anda konsumsi berlebih, ya tidak apa-apa. Yang penting kelebihannya tidak terlalu banyak dan tidak tiap hari.

Makanan yang mengandung protein tinggi antara lain:

1.Telur Mengandung 6 gr Protein

Salah satu makanan yang kandungan proteinnya tinggi adalah telur utuh. Kandungan lain dalam telur adalah vitamin, mineral, lemak baik, antioksidan.

Putih telur didominasi oleh protein. Satu telur utuh besar mengandung 6 gram protein dan 78 kalori.

2.Brokoli – Menghindari Kanker

Brokoli juga kaya protein. Selain itu juga mengandung banyak vitamin C, vitamin K, serat dan kalium. Dengan nutrisi bioaktif yang tinggi, mengonsumsi brokoli bisa menghindarkan Anda dari risiko kena kanker.

Baca – Harga Pemasangan Behel Gigi di Jakarta Berapa

Kandungan protein pada brokoli sangat tinggi. Satu cangkir brokoli yang sudah dipotong mengandung 3 gram protein.

3. Kacang Almond

Mengonsumsi kacang almond juga bagus untuk mendapatkan protein tinggi. Nutrisi penting lain dari almod adalah serat, vitamin E, mangan dan magnesium. Almond 1 ons mengandung protein 6 gram dan kalori 161 kalori.

4. Dada Ayam Mengandung Protein Tinggi

Anda juga bisa memilih dada ayam untuk mendapatkan asupan protein yang tinggi. Daging dada ayam mudah dimasak dan rasanya lezat. Satu porsi dada ayam panggang tanpa kulit mengandung 53 gram protein dan 284 kalori.

5. Oats Paling Menyehatkan

Mengonsumsi oats juga bagus untuk kecukupan protein. Oats termasuk biji-bijian paling menyehatkan di dunia.

Selain kandungan proteinnya tinggi, oats juga kaya serat, mangan, magnesium, dan vitamin B1. Oats mentah setengah cangkir mengandung 13 gram protein.

6. Susu Sumber Protein Berkualitas Tinggi

Susu sangat baik untuk kesehatan. Mengandung protein berkualitas tinggi yang terbaik. Bahkan, susu mengandung hampir semua nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Maka, manfaat minum susu cukup besar untuk kesehatan.

Susu juga tinggi akan kalsium, fosfor dan vitamin B2 atau riboflavin. Satu cangkir susu mengandung 8 gram protein.

7. Keju Cottage

Mengonsumsi keju cottage juga bagus untuk kesehatan. Sebab, keju ini rendah lemak dan kalori. Sebaliknya, keju cottage kaya akan protein.

Kandungan lain adalah kalsium, fosfor, selenium, vitamin B12, vitamin B2 dan beberapa nutirisi lain. Satu cangkir keju cottage mengandung 27 gram protein.

8. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga termasuk makanan yang mengandung protein tinggi. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa mengonsumsi kacang-kacangan bisa menurunkan berat badan.

Tentu saja, Anda perlu mengonsumsi kacang-kacangan secukupnya. Jangan berlebihan. Satu ons kacang-kacangan mengandung 7 gr protein.

Kacang-kacangan, antara lain kacang tanah, kacang kedelai, kacang koro, kacang merah, kacang hijau, kacang mete, dan kacang polong.

9. Udang Tinggi Protein Rendah Kalori

Udang juga termasuk makanan yang kaya protein, selenium, vitamin B12 dan asam lemak omega 3. Tetapi di sisi lain, udang tergolong rendah kalori. Udang 3 ons mengandung 18 gram protein.

Tidak hanya memiliki kandungan kalori yang rendah tetapi juga kaya akan kandungan gizi seperti selenium, vitamin B12 dan asam lemak omega 3. Sajian 3 ons udang mengandung 18 gram protein dan 84 kalori.

Demikian informasi mengenai makanan yang mengandung protein tinggi. Anda perlu mengonsumsinya rutin sesuai dengan kebutuhan agar tubuh selalu sehat.

!-- Ads 300x250 -->