9 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi – Anda Perlu Mengosumsi

83 / 100

MENGONSUMSI makanan yang mengandung protein tinggi sangat penting. Kekurangan protein bisa membuat tubuh mudah terserang penyakit dan infeksi. Bahkan juga bisa membuat rambut rontok, tubuh mudah lelah, dsb.

Sebaliknya, mengonsumsi protein yang cukup bisa memperlancar proses metabolisme tubuh, memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak, memproduksi sel-sel baru dan membangun otot yang kuat. 

Selain itu, protein juga berfungsi sebagai sumber energi dan memperkuat kekebalan tubuh. Anda bisa memilih makanan tinggi protein murah. Misalnya telur, susu, oat, dan dada ayam.

Secara umum, kebutuhan protein harian adalah 56-59 gram per hari untuk perempuan dan 62-66 gram per hari untuk pria.

Kebutuhan protein bisa Anda penuhi dengan mengonsumsi makanan berprotein tinggi. Baik dari protein hewani (daging) maupun protein nabati (dari tumbuhan). 

Baca: Whey Protein Bikin Otot Kuat, Berat Badan Turun 

Daftar 9 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi dan Kandungannya

Berikut ini daftar 14 makanan yang mengandung protein tinggi dan bisa Anda konsumsi. Jika tidak bisa menghitung berapa kadar proteinnya dengan tepat, ya kira-kira aja.

makanan yang mengandung protein tinggi

                                makanan yang mengandung protein tinggi (foto:hellosehat.com)

Makanan yang mengandung protein tinggi, antara lain:

1. Telur Mengandung 6 gr Protein

Salah satu makanan yang kandungan proteinnya tinggi adalah telur utuh. Kandungan lain dalam telur adalah vitamin, mineral, lemak baik, dan antioksidan.

Putih telur didominasi oleh protein. Satu telur utuh besar mengandung 6 gram protein dan 78 kalori. Mengonsumsi telur bisa menjaga berat badan dan kesehatan jantung.

2. Brokoli – Menghindari Kanker

Brokoli juga kaya protein nabati. Selain itu juga mengandung banyak vitamin C, vitamin K, serat dan kalium. Dalam 100 gram brokoli terdapat sekitar 2,5 gram protein. 

Dengan nutrisi bioaktif yang tinggi, mengonsumsi brokoli bisa menghindarkan Anda dari risiko kena kanker.

Baca: 19 Makanan Penyembuh Wasir dengan Serat Tinggi

3. Kacang Almond

Mengonsumsi kacang almond dan jenis kacang lain juga bagus untuk mendapatkan protein tinggi. Nutrisi penting lain dari almod adalah serat, vitamin E, mangan dan magnesium.

Almond 1 ons mengandung protein 6 gram dan kalori 161 kalori. Bisa mempertahankan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

4. Dada Ayam Mengandung Protein Tinggi

Anda juga bisa memilih dada ayam untuk mendapatkan asupan protein yang tinggi. Daging dada ayam mudah dimasak dan rasanya lezat. Kandungan lain adalah vitamin B, kolin, dan selenium.

Satu porsi dada ayam panggang tanpa kulit mengandung 53 gram protein dan 284 kalori. Anda sebaiknya memilih dada ayam tanpa kulit. Sebab, kulit mengandung lemak dan kolesterol.

5. Oats Paling Menyehatkan

Mengonsumsi oats juga bagus untuk kecukupan protein. Oats termasuk biji-bijian paling menyehatkan di dunia.

Selain kandungan proteinnya tinggi, oats juga kaya serat, mangan, magnesium, dan vitamin B1. Oats mentah setengah cangkir mengandung 13 gram protein.

Manfaat lain adalah mestabilkan gula darah, menurunkan kolesterol, BAB lancar, dan lama kenyang. Oat makanan tinggi protein murah. 

6. Susu Sumber Protein Berkualitas Tinggi

Susu sangat baik untuk kesehatan. Mengandung protein berkualitas tinggi yang terbaik. Bahkan, susu mengandung hampir semua nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Maka, manfaat minum susu cukup besar untuk kesehatan.

Susu juga tinggi akan kalsium, fosfor dan vitamin B2 atau riboflavin. Satu cangkir susu mengandung 8 gram protein. Susu diperlukan untuk kesehatan bayi sampai orang tua. 

keju cottage

keju cottage

 

7. Keju Cottage

Mengonsumsi keju cottage juga bagus untuk kesehatan. Sebab, keju ini rendah lemak dan kalori. Sebaliknya, keju cottage kaya akan protein.

Kandungan lain adalah kalsium, fosfor, selenium, vitamin B12, vitamin B2 dan beberapa nutirisi lain. Satu cangkir keju cottage mengandung 27 gram protein.

Baca: 10 Makanan Pembakar Lemak Mengempiskan Perut Buncit

8. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga termasuk makanan yang mengandung protein tinggi. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa mengonsumsi kacang-kacangan bisa menurunkan berat badan.

Tentu saja, Anda perlu mengonsumsi kacang-kacangan secukupnya. Jangan berlebihan. Satu ons kacang-kacangan mengandung 7 gr protein.

Kacang-kacangan, antara lain kacang tanah, kacang kedelai, kacang koro, kacang merah, kacang hijau, kacang mete, dan kacang polong.

9. Udang Tinggi Protein Rendah Kalori

Udang juga tinggi protein. Selain itu, udang juga kaya selenium, vitamin B12 dan asam lemak omega 3. Tetapi di sisi lain, udang rendah kalori. Udang 3 ons mengandung 18 gram protein.

Tidak hanya memiliki kandungan kalori yang rendah. Udang juga kaya akan kandungan gizi seperti selenium, vitamin B12 dan asam lemak omega 3.

Sajian 3 ons udang mengandung 18 gram protein dan 84 kalori.

Demikian informasi mengenai makanan yang mengandung protein tinggi. Anda perlu mengonsumsinya rutin sesuai dengan kebutuhan agar tubuh selalu sehat.(update, 10 Desember 2022) 

Tinggalkan komentar